SOLOPOS.COM - Solopos Hari Ini Sabtu (29/10/2016)

Solopos hari ini mengabarkan varietas baru tanaman pangan bisa manjadi solusi untuk menghadapi perubahan iklim.

Solopos.com, SOLO — Varietas baru sejumlah tanaman pangan menjadi solusi menghadapi perubahan iklim. Ketahanan pangan berpotensi terganggu dengan perubahan iklim.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian (Kementan) Muhammad Syakir saat pembukaan Peringatan ke-36 Hari Pangan Sedunia (HPS) di kompleks Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jumat (28/10/2016).

HPS tahun ini mengusung tema Membangun Kedaulatan Pangan Berkelanjutan di Era Perubahan Iklim. ”HPS memperkenalkan varietas baru sejumlah komoditas pangan strategis berikut teknologi budi daya yang sesuai dengan era perubahan iklim.

Kabar ini menjadi headline Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu (29/10/2016). Selain itu, Solopos hari ini juga mengabarkan patung Ir Sukarno di Soloraya, penipuan anggota DPR, dan peringatan Sumpah Pemuda.

Simak cuplikan kabar Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu, 29 Oktober 2016:

PATUNG SOEKARNO : Membaca di Manahan hingga Menunjuk di Tiga Daerah

Patung Soekarno di Plaza Manahan menambah ”koleksi” patung Proklamator itu di Soloraya. Suara sirene meraung-raung di Plaza Manahan Solo, Jumat (28/10/2016) pukul 00.00 WIB, setelah Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menekan sebuah tombol merah.

Selubung warna emas tersibak hingga patung Presiden pertama Soekarno terlihat. Patung itu menggambarkan pose Soekarno duduk di kursi menghadap ke selatan. Kedua tangannya memangku sebuah buku yang terbuka. Pandangannya serong ke kanan menghadap arah barat daya.

Patung itu karya pematung asal Jogja, Gunadi, 55. Dia mengatakan patung Soekarno berpose sedang membaca merupakan yang pertama di Indonesia. Ia membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan patung itu. Patung senilai Rp1,5 miliar itu terbuat dari perunggu yang merupakan campuran antara seng, tembaga, dan kuningan.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

TINDAK KEJAHATAN : Penipuan Rp96 Miliar, Anggota DPR Ditahan

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDIP Indra P. Simatupang ditahan atas dugaan penipuan investasi minyak sawit fiktif Rp96 miliar. Ada dugaan hasil penipuan itu digunakan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR.

”Masalah uang digunakan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR atau untuk yang lainnya, itu masih kami dalami,” jelas Kanit V Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Budi Towoliu, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Budi mengatakan uang Rp96 miliar dari dua pengusaha pengusaha Louis Gunawan Khoe dan Yacub Tanoyo masuk ke rekening Indra. Untuk menelusuri aliran dana itu, polisi akan bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

PERINGATAN SUMPAH PEMUDA : Ajakan Mencintai Merapi Lewat Pentas Seni

Awan hitam menggantung di langit Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten ketika ratusan orang berjajar di tebing-tebing tepi Kali Woro, Jumat (28/10/2016) siang.

Di ketinggian sekitar 10 meter, pandangan mereka tertuju pada sekumpulan orang berkerumun di dasar kali yang berhulu di puncak Gunung Merapi. Siang itu, puncak Gunung Merapi tak terlihat lantaran tertutup kabut.

Kawasan Sabo Dam 1 Karangbutan, Kali Woro, salah satu lokasi penambangan pasir dan batu berubah menjadi panggung atraksi. Di sekitar sabo dam yang berfungsi sebagai penahan aliran lahar hujan itu digelar acara bertajuk Gora Swara Nusantara.

Acara menjadi magnet bagi warga sekitar dengan menonton mulai dari dasar hingga tebing kali yang membelah Desa Sidorejo dan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya