SOLOPOS HARI INI : UU MD3 yang Dianggap Antidemokrasi hingga Sengketa Tanah Sriwedari

SOLOPOS HARI INI : UU MD3 yang Dianggap Antidemokrasi hingga Sengketa Tanah Sriwedari

SOLOPOS.COM - Solopos Hari Ini edisi Selasa 13 Februari 2018.

Harian Umum Soloposhari ini membahas tentang revisi UU MD3 yang dinilai kontroversial.

Solopos.com, SOLO – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan revisi UU Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3), Senin (12/2) petang. Tiga tambahan kuasa di UU MD3 dinilai menjadikan DPR sebagai lembaga antidemokrasi. Tiga kuasa tambahan tersebut masing-masing pemanggilan paksa dalam rapat DPR, hak imunitas DPR, dan antikritik. Berdasarkan UU MD3 yang baru disahkan kemarin, pengritik lembaga legislatif terancam dijerat pidana.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menjelaskan, ada tiga pasal tambahan yang sangat kontroversial. Pasal 73 menyebut mengenai mekanisme pemanggilan paksa dengan bantuan polisi, Pasal 122 mengenai langkah hukum Mahkamah Kehormatan DPR kepada siapa pun yang dianggap merendahkan DPR dan anggota DPR.

Berita tentang revisi UU MD3 menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Selasa (13/2/2018). Selain itu ada berita lainnya seperti di bawah ini:

PILKADA 2018: Pesta Demokrasi Dimulai

Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen Zubair resmi bertarung melawan Sudirman Said-Ida Fauziyah pada Pemilihan Gubernur Jateng 2018. KPU Jateng menetapkan kedua pasangan tersebut sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jateng di Kantor KPU Jateng di Semarang, Senin (12/2).

Pengundian nomor urut akan dilakukan Selasa (13/2) pukul 19.00 WIB ini di Hotel Patra Jasa, Semarang. Kedua pasangan calon (paslon) wajib hadir saat pengundian. Ganjar Pranowo-Taj Yasin diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat. Sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziah diusung Partai Gerindra, PKB, PPP, dan PAN.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Di Halaman Soloraya ada berita tentang klaim kepemilikan Sriwedari. Ahli waris R.M.T Wiryodiningrat mengklaim kepemilikan lahan Sriwedari. Namun, dalam versi buku Nawa Windu, tanah tersebut milik Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwana (PB) X. R.M.T Wiryodiningrat  hanya berlaku sebagai perantara dalam jual beli tanah dengan orang Belanda.

Berita tentang sengketa tanah Sriwedari itu menjadi headline Halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini. Selain itu ada berita menarik lainnya seperti di bawha ini:

KERUSAKAN JALAN: Longsor, Jalan Wonogiri-Magetan Nyaris Terputus

Jalan alternatif penghubung Wonogiri, Jawa Tengah-Ponorogo dan Magetan, Jawa Timur di ruas Bulurejo, Bulukerto, Wonogiri, longsor hampir separuh badan jalan, Senin (12/2) pagi. Polisi merekayasa arus lalu lintas dengan menerapkan sistem buka tutup agar kendaraan tetap dapat melintas.

Informasi yang dihimpun Esposdari berbagai sumber, Senin, peristiwa diketahui pukul 05.00 WIB. Sebelumnya hujan cukup deras. Jalan longsor karena talut di sisi jalan setinggi lebih kurang 8 meter ambrol.

Akibatnya struktur tanah yang ditopang talut ikut longsor. Tanah yang longsor sepanjang 10 meter dengan lebar 5 meter. Jalan tersebut jalur utama penghubung Kecamatan Slogohimo-Bulukerto-Puhpelem. Selain itu bisa menjadi jalur alternatif Wonogiri-Ponorogo dan Mageten. Jalan yang rusak berjarak 60 meter dari Mapolsek Bulukerto.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Berita Terkait

Berita Terkini

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.

Resep Opor Ayam Khas Solo Sedap untuk Lebaran

Berikut resep opor ayam spesial khas Solo yang dapat disajikan saat Lebaran tiba untuk menjamu keluarga tercinta.

Cari Bandar Pil Koplo di Lapas Probolinggo, Polisi Pulang dengan Tangan Hampa

Berbekal informasi dari pengedar pil koplo yang mereka tangkap, Satnarkoba Polres Tulungagung Kota merazia Lapas Tulungagung. Namun mereka tak menemukan bandar maupun barang bukti dalam razia tersebut.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.

Berkah Bulan Puasa, Penjualan Eceran Maret 2021 Melejit dari Posisi Minus

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada Maret 2021.

320 Bidang Tanah Telah Dibebaskan untuk JLT, 6 Pemilik Lahan Menolak

Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan milik masyarakat dilaksanakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo, Senin (10/5/2021).

OTT Bupati Nganjuk, Diehard Orang Terbaik KPK

"Udah masuk list 75, tapi masih OTT smiling face with smiling eyes."

8 Desa di Karanganyar Ini Harus Bersiap Hadapi Kekeringan

Dilakukan pengeboran sumur dalam di beberapa lokasi di Karanganyar agar kebutuhan air bersih warga di wilayah kekeringan terpenuhi.