Solopos Hari Ini: UMK Tak Jauh dari UMP

Di Solo, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akhirnya menandatangani UMK 2022 yang hanya naik sekitar Rp21.000 dari tahun sebelumnya.

 Harian Solopos edisi Rabu (1/12/2021).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Rabu (1/12/2021).

Solopos.com, SOLO – Sejumlah daerah telah memberikan sinyal penetapan UMK tak jauh dari kenaikan UMP. Di Solo, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akhirnya menandatangani UMK 2022 yang hanya naik sekitar Rp21.000 dari tahun sebelumnya, Selasa.

PromosiRp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Harian Solopos edisi Rabu (1/12/2021) menyajikan headline terkait penetapan UMK 2022.

UMK Tak Jauh dari UMP

SEMARANG-Upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 di sebagian daerah di Jawa Tengah telah dipastikan meskipun belum ada pengumuman resmi dari Gubernur Ganjar Pranowo hingga Selasa (30/11/2021) malam.

Angka upah minimum tersebut dinilai menguntungkan pengusaha. Karenanya, kalangan serikat buruh mengancam akan menggelar aksi demonstrasi lanjutan, bahkan ke Istana Kepresidenan Jakarta. Aksi dilakukan jika kenaikan upah minimum ditetapkan terlalu rendah.

Sejumlah daerah telah memberikan sinyal penetapan UMK tak jauh dari kenaikan UMP. Di Solo, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akhirnya menandatangani UMK 2022 yang hanya naik sekitar Rp21.000 dari tahun sebelumnya, Selasa.

Baca Juga: Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Dia menyebut nilai UMK tersebut menunggu pengesahan dan Gubernur Jawa Tengah. Persentase kenaikan UMK itu lebih tinggi dibandingkan UMP yang hanya 0,78%. Apabila kenaikannya Rp21.000, maka nilai UMK 2022 Kota Solo menjadi Rp2.034.000 atau naik sekitar 1%.

Padahal, UMK 2021 senilai Rp2.013.810 naik 2,94% dari UMK 2020 yakni senilai Rp1.956.200. “Naik Rp21.000, tinggal menunggu [pengesahan] gubernur. Kenaikan ini merupakan hasil konsultasi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia [Apindo], buruh, dan lainnya. Coba bandingkan dengan kota lain, kami cukup okelah. Lihat keadaan,” kata dia, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa siang.

Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan berita terkait unjuk rasa anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama di Kota Solo.

Ratusan Miliar Rupiah Tertahan, Negara Diminta Hadir

SOLO—Sejumlah anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama Regional Solo mempertanyakan simpanan mereka senilai total miliaran rupiah yang tak kunjung dicairkan. Negara diminta hadir mengatasi berulangnya kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam.

Sejak 16 April 2020, sekitar 6.700 anggota KSP Sejahtera Bersama Solo kesulitan mengambil simpanan yang totalnya mencapai Rp270 miliar. Pencairan tahap I sebesar 4% dari total simpanan pun hingga kini belum diterima mayoritas nasabah.

Baca Juga: KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Padahal, skema dalam penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) mensyaratkan pembayaran tahap I dilaksanakan pada Juli 2021. Hingga akhir November 2021, baru ada sekitar 200 nasabah KSP yang menerima pencairan dengan total simpanan kurang dan Rp500 juta. Artinya masih ada sekitar 6.500 anggota KSP yang pencairan tahap pertamanya belum jelas.

Kondisi itu membuat belasan anggota KSP menggelar audiensi dan aksi damai di Kantor KSP Sejahtera Bersama di Manahan, Selasa (30/11/2021). Dalam aksinya, mereka membawa poster bertuliskan “KSB Ingkar Janji, Anggota Sengsara”, “Janji Juli Dibayar, Faktanya November Belum Dibayar!” hingga “Bayar 4% Saja Mundur, Kayak Undur-Undur”.

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan berita terkait masa libur sekolah yang dipersingkat karena bertepatan dengan momen Nataru.

Libur Sekolah Dipersingkat

SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal mempersingkat masa liburan sekolah pada akhir tahun ini. Libur akhir semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 yang sedianya berlangsung akhir tahun hingga awal tahun itu diperpendek guna mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang terbit pada Selasa (30/11/2021). “Kami segera mengumumkan keputusan itu. Kami penginnya mempersingkat liburan sekolah, juga untuk aparatur sipil negara [ASN] agar mereka tak pulang kampung. Regulasi ini juga dimuat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri, kami tinggal melaksanakan. Draf SE juga sudah disusun, tinggal saya tanda tangani,” kata dia kepada wartawan, Senin (29/11/2021) siang.

Baca Juga: Libur Sekolah & ASN Solo Dipersingkat, Gibran: Biar Tak Pulang Kampung

SE tersebut mengatur soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dan Level 3 selama libur Natal dan Tahun Baru. “Ini sudah tertuang di SE baru nanti, baik untuk SE PPKM Level 2 maupun SE PPKM Level 3 di akhir bulannya. Kami tinggal melaksanakan. Intinya kami tidak pengen ada lonjakan kasus pasca-Natal dan Tahun Baru,” ucap Gibran.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Zaini Mustofa Buka Posko Pengaduan Investasi Yusuf Mansur

Rencana pembentukan posko pengaduan itu dipicu banyaknya orang yang menghubungi dirinya dan mengaku menjadi peserta investasi Yusuf Mansur.

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

KPK Klarifikasi Laporan tentang Gibran dan Kaesang, Apa Hasilnya?

Ali menjelaskan setiap laporan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh KPK dengan melakukan klarifikasi dan verifikasi terlebih dahulu.

Bluelink Bikin Hyundai Creta Lebih Cerdas

Creta mempersembahkan beragam fitur yang memanjakan pengemudi dan penumpang salah satunya Bluelink.

Ketua PCNU Sidoarjo dan Jember Minta Maaf Terlibat Politik Praktis

Pemanggilan PCNU Sidoarjo dilandasi adanya laporan kegiatan yang diinisiasi DPC PKB Sidoarjo dan melibatkan seluruh MWCNU se-Kabupaten Sidoarjo.

Ibu Kota Baru Negara Ini Dijuluki Kota Hantu, Kok Bisa?

Salah satu ibu kota baru di negara Asia Tenggara ini dijuluki kota hantu.

Ridwan Kamil: Jakarta Dulu Tak Dipersiapkan Jadi Ibu Kota

Berkaca pada sejarah ada tiga lokasi yang sempat disurvei untuk dijadikan ibu kota yakni Bandung, Malang dan Surabaya.

Sinkronisasi Data Haji Diharapkan Cukup dengan NIK

Zudan berharap Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag bisa menyusul Ditjen Pajak Kemenkeu yang menggantikan NPWP dengan NIK

Datangi Ogan Ilir, Yusuf Mansur Wisuda 715 Santri Penghafal Alquran

Ustaz Yusuf Mansur menghadiri acara Wisuda Akbar Ke-2 Ogan Ilir Menghafal di Gedung Serbaguna Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatra Selatan

Palsukan Surat, Pegawai Kemenkeu Ikut Bancakan Aset BLBI

Pegawai Kemenkeu yang terlibat dalam pemalsuan surat BLBI bukan 11 orang melainkan hanya satu orang.

Kastil Drakula di Rumania, Simpan Misteri Mahkluk Pengisap Darah

Terlepas dari kepercayaan ada tidaknya sosok drakula itu, nama drakula ternyata identik dengan salah satu kastil era abad pertengahan yang masih berdiri tegak di Rumania. K

+ PLUS Mengapa Penangkapan Pengguna Narkotika Tak Mengurangi Kasus

Glorifikasi penangkapan pengguna narkoba, terutama para artis atau figur publik, hanya memperkuat stigma pengguna narkoba adalah penjahat. Kondisi demikian tak mendukung upaya rehabilitasi pengguna atau korban narkoba.

Segini Total Harta Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang?

Jumlah harta warisan Oei Tiong Ham, pengusaha terkaya asal Semarang, Jawa Tengah, yang dijuluki sebagai Raja Gula Asia, yang sangat banyak sempat menjadi sengketa.

Pengumuman! Mataram Siapkan 4.730 Kamar Hotel Sambut MotoGP Mandalika

Pemkot Mataram menyediakan 4.730 kamar hotel untuk penonton dan wisatawan selama penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Kerja Sama RI-Singapura, Kapolri: Pengusutan Kejahatan Lebih Mudah

Perjanjian ekstradisi akan meningkatkan peran kepolisian dalam penegakan hukum di kasus tindak pidana korupsi, pencucian uang, suap, perbankan, narkotika, hingga terorisme

Menteri Luhut, Kapan 8 Buronan BLBI Diekstradisi dari Singapura?

Salah satu perjanjian kerja sama yang disepakati pemimpin RI dan Singapura adalah pembaruan perjanjian ekstradisi koruptor.