SOLOPOS.COM - Harian Umum Solopos edisi Rabu (29/1/2020).

Solopos.com, SOLO — Merebaknya virus corona mengganggu dunia pariwisata Indonesia. Ratusan turis asal Tiongkok dipulangkan, sebagian dipantau ketat. Sebanyak 127 turis dari Negeri Tirai Bambu dipulangkan melalui Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Selasa (28/1/2020).

Sehari sebelumnya, Senin (27/1/2020), 145 orang juga dipulangkan. Ada kekhawatiran penularan virus corona yang muncul kali pertama di Kota Wuhan, Tiongkok. Virus itu menyebabkan puluhan warga meninggal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar pemulangan turis Tiongkok dari Indonesia itu menjadi sorotan utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (29/1/2020). Berita tersebut bisa disimak selengkapnya di E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga menyajikan kabar mengenai pencopotan Dirjen Imigrasi terkait kekeliruan data perlintasan tersangka kasus suap Harun Masiku.

Ekspedisi Mudik 2024

Ronny Korban, Yasonna Melenggang

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Franky Sompie, dicopot gara-gara informasi keliru data perlintasan tersangka kasus suap Harun Masiku. Pegiat antikorupsi menuding yang bertanggung jawab seharusnya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly.

Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Presiden Joko Widodo mencopot Yasonna. Alasannya, baik Yasonna dan Ronny diduga menjadi dalang yang menghambat penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Simak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada ulasan mengenai terobosan pemdes di Karanganyar yang membuat peta digital. Ada pula kabar terbaru dari pemindahan pohon terkait pembangunan flyover Purwosari.

Desa Malangjiwan Bikin Peta Digital

Pemerintah Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten membikin peta digital agar dapat mendiseminasi informasi terkini dan detail kepada warga desa itu. Selain sebagai data acuan utama, peta digital yang dibikin dalam tiga bulan terakhir itu merupakan gebrakan pemerintah desa guna melibatkan generasi milenial dalam proses pembangunan desa.

Sekretaris Desa Malangjiwan sekaligus Ketua Tim Pembuatan Peta Digital Desa Malangjiwan, Hamid Kusnanto, mengatakan pembuatan peta digital merupakan salah satu program utama Pemerintah Desa Malangjiwan di bawah kepemimpinan Kepala Desa Suprianto.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Pohon-Pohon yang Dipindah Mulai Trubus

Ratusan batang pohon peneduh jalan yang dipindah karena proyek pembangunan jalan lintas atas Purwosari, Laweyan, Solo mulai trubus atau bersemi. Sebagian pohon-pohon itu masih disimpan di Kebun Bibit Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo.

Penanaman kembali pohon-pohon itu diperkirakan baru bisa dilakukan tiga bulan hingga empat bulan ke depan. Demikian penjelasan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, Gatot Sutanto, saat diwawancarai Espos, melalui telepon, Selasa (28/1/2020).

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya