SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Jumat Pon, 18 Juli 2014

Solopos.com, SOLO – Harian Umum Solopos hari ini, Jumat (18/7/2014) memberitakan tragedy penembakan Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH-17. Dalam insiden ini 295 orang tewas.

Kabar lain yang tak kalah heboh, datang dari operasi tangkap tangan KPK. Simak rangkuman beritanya di Harian Umum Solopos edisi Jumat Pon, 18 Juli 2014;

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

MUSIBAH PENERBANGAN: Pesawat Malaysia Dirudal, 295 Tewas

Pesawat Malaysia Airlines diduga dirudal oleh milisi pro Rusia di sebelah timur Ukraina dalam penerbangan dari Amsterdam Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (17/7).

Pejabat di Kementerian Dalam Negeri Ukraina, seluruh 295 penumpang, terdiri atas 280 penumpang dan 15 awak pesawat, dinyatakan tewas. Menurut keterangan pejabat Ukraina, teroris menggunakan rudal darat ke udara untuk menembak jatuh pesawat dengan nomor penerbangan MH-17 itu. Sedangkan Perdana Menteri Ukraina, Areseny Yaseniuk, menyebut peristiwa ini sebagai bencana yang mengerikan.

Setidaknya sudah ada 100 jenazah yang ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat.

Seorang koresponden Kantor Berita Reuters melihat puing-puing pesawat dan serpihan tubuh di Desa Grabovo, sekitar 40 km dari perbatasan Rusia yang merupakan wilayah kekuasaan pemberontak pro Rusia.

Pemberontak itu pula yang mengklaim merudal Malaysia Airlines. Petugas pertolongan darurat setempat menyebutkan sejauh ini setidaknya sudah ada 100 jenazah yang ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat yang berdekatan dengan Desa Grabovo.

Malaysia Airlines melalui akun Twitternya mengaku kehilangan kontak dengan pesawat saat terbang dari Amsterdam.

Reruntuhan pesawat tersebar di wilayah berdiameter sekitar 15 km. Pada reruntuhan sayap pesawat yang terbakar dan berasap itu terlihat pola warna biru dan merah, mirip dengan warna dan logo pesawat maskapai Malaysia Airlines.

(Baca Juga: Putin Bahas Jatuhnya Pesawat MH-17 dengan Obama, Ditembak Rudal di Ukrania, 295 Penumpang MAS MH17 Diduga Tewas, Pemberontak Pro-Rusia Klaim Pesawat Malaysia Ditembak Jet Ukraina)

PEMUNGUTAN SUARA ULANG: Suara Prabowo Bertambah, Jokowi Berkurang

Pemungutan suara ulang Pilpres 2014 akhirnya digelar di Desa Dukuh, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Kamis (17/7). Jalannya coblosan ulang dilaporkan wartawan Solopos, Ibda Fikrina Abda.

Keramaian sudah tampak di persimpangan jalan Desa Dukuh, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, sejak pukul 07.00 WIB. Sejumlah polisi, petugas linmas, dan warga setempat sudah berkumpul di salah satu rumah warga yang dijadikan tempat pemungutan suara (TPS) 1 di wilayah tersebut.

Pagi itu, warga Dukuh harus melakukan pemilihan suara ulang (PSU) Pilpres 2014.

(Baca Juga: Coblosan di Mojolaban Diulang, Suara Prabowo Bertambah)

ANGGARAN WAKIL RAKYAT: 5 Bulan, Fasilitas Legislator Habiskan Rp15 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengalokasikan dana sekitar Rp15 miliar untuk fasilitas anggota DPRD periode 2014-2019.

Fasilitas bagi anggota DPRD baru tersebut di antaranya pakaian dinas, asuransi kesehatan, mobil dinas, kunjungan ke luar daerah hingga ke luar negeri, dan lainnya. Dana tersebut belum termasuk gaji maupun tunjangan bulanan yang diterima anggota DPRD.

Sekretaris DPRD Solo, Tri Puguh Priyadi, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, menerangkan anggota DPRD baru akan mendapatkan lima setel pakaian dinas, yakni satu setel pakaian sipil lengkap (PSL), satu setel pakaian dinas harian (PDH), satu setel pakaian sipil resmi (PSR), dan dua setel pakaian sipil harian.

(Baca Juga: Wow, Anggota DPRD Solo akan Dapat Pakaian Dinas Hingga Perjalanan ke Luar Negeri)

OPERASI TANGKAP TANGAN: KPK Bongkar Suap Diduga Terkait Pilpres

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Wilayah Karawang, Jawa Barat, Kamis (17/7) malam.

Namun sampai berita ini diturunkan, belum diketahui dugaan tindak pidana korupsi pelaku yang diringkus KPK. Pihak KPK mengimbau untuk tetap bersabar. Pasalnya, operasi sampai saat ini masih dilakukan oleh tim penyidik KPK. “Masih operasi,” tutur Juru Bicara KPK, Johan Budi, saat dimintai konfi rmasi wartawan.



Beredar kabar, operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK diduga kuat berhubungan dengan kepala daerah yang menjadi tim sukses dalam Pilpres 2014. “Terkait pemilihan presiden,” ujarnya lagi.

Berdasarkan pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Gedung KPK, semua pewarta masih menunggu kedatangan tim penyidik KPK yang melakukan OTT di wilayah Karawang Jawa Barat. Beberapa keamanan internal KPK juga telah disiapkan untuk mengamankan pelaku yang diringkus oleh KPK.

HIKMAH RAMADAN: Usaha dan Ujian

Usaha dan ujian merupakan dua hal yang selalu melekat pada manusia. Manusia yang beriman akan menyikapi kedua hal tersebut secara bijaksana yaitu dengan rasa syukur dan sabar.

Menteri BUMN Dahlan Iskan pernah menyatakan usaha dan kerja keras adalah wujud rasa syukur kita dalam hidup yang singkat ini. Tentu tidak mudah menjalani proses hidup itu.

Keteguhan, ketulusan, dan keikhlasan hati kita bakal diuji. Allah SWT berkenan menguji keimanan (rasa syukur dan kesabaran seseorang) melalui nikmat dan ujian. Allah berfi rman,”Dan sungguh akan Kami berikan cobaankepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya