SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Selasa, 18 Agustus 2015

Solopos hari ini memberitakan tragedi Trigana Air hingga Persis ditahan imbang.

Solopos.com, SOLO – Kegiatan 17 Agustus di Kali Anyar hingga tragedi kecelakaan Trigana Air menjadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Selasa (18/8/2015).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Diberitakan Solopos hari ini, Pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 257 yang membawa 54 orang jatuh di hutan belantara di sekitar Distrik Okbape, Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (16/8/2015) sore.

Kabar lain, hasil mengecewakan dialami Persis Solo saat mengawali petualangannya di Piala Kemerdekaan 2015.

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa, 18 Agustus 2015, berikut;

KEGIATAN 17 AGUSTUS: Memaknai Arti Merdeka di Tengah Kali Anyar

Setiap 17 Agustus masyarakat Indonesia menggelar upacara untuk memperingati Hari Kemerdekaan. Namun, bagaimana jadinya apabila upacara diselenggarakan di tengah sungai. Simak laporan wartawan Solopos, Mahardini Nur Afifah, di Harian Umum Solopos hari ini.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Bendera Mlintir Saat Upacara Pemkab Sukoharjo, Ups! PNS Pemkot Solo Tertangkap Kamera Duduk-Duduk Saat Upacara, Ada Pocong, Kuntilanak dan Tuyul saat Upacara HUT RI di Pasuruan, Bupati Karanganyar Bacakan Pidato, Puluhan Peserta Upacara Pingsan)

KECELAKAAN PESAWAT: Trigana Berkeping-Keping

Pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 257 yang membawa 54 orang jatuh di hutan belantara di sekitar Distrik Okbape, Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (16/8) sore.

Setelah beberapa kali menabrak pohon, pesawat itu jatuh dan hancur. Belum diketahui nasib 49 penumpang dan lima awak. Kru pesawat itu adalah Kapten Hasanudin; Ariadin (FO atau kopilot); Ika (pramugari); Ditta (pramugari), dan Mario (mekanik). Pesawat itu jatuh dalam perjalanan dari Bandara Sentani, Jayapura ke Bandara Oksibil. Pesawat itu menabrak pohon berkali-kali sebelum akhirnya jatuh di hutan belantara.

Pada Senin (17/8), lokasi jatuhnya pesawat telah diketahui namun petugas kesulitan mengakses lokasi itu. Basarnas memastikan 98 persen titik lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air di belantara hutan di sekitar Distrik Okbape, Pengunungan Bintang, Papua. Titik koordinat 04 derajat 49 menit 289 LS, 140 derajat 29 menit 953 BT di ketinggian 8.500 feet dan jarak 7 nautical miles dari landasan Oksibil.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Penuh Bukit dan Jurang, Begini Sulitnya Menembus Medan Jatuhnya Pesawat, Pesawat Diperkirakan Hancur dan Terbakar, Serpihan Pintu Ditemukan, Korban Trigana Termasuk 5 Pejabat Pegunungan Bintang yang akan Upacara)

PSIR VS PERSIS: Skor Seri Bisa Bikin Persis Gigit Jari

Hasil mengecewakan dialami Persis Solo saat mengawali petualangannya di Piala Kemerdekaan 2015.

Kini, Laskar Sambernyawa, julukan Persis, harus menebus kesalahan itu saat melakoni laga lanjutan penyisihan Grup C kontra PSIR Rembang di Stadion Manahan, Solo, Selasa (18/8).

Dalam laga pembuka, Sabtu (15/8), Persis secara mengejutkan takluk dari PPSM Magelang 2-3 di Stadion Manahan. Ironisnya, kekalahan itu diderita Persis setelah sempat 2-0 hingga menit ke-72.

Berkat kekalahan itu kans Persis melaju ke babak selanjutnya sangat berat. Skuat Laskar Sambernyawa kini tercecer di urutan keempat di bawah Persinga Ngawi, Persiba Bantul dan PPSM.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Tragis, Persis Takluk di Kandang oleh PPSM Magelan, Persis Abaikan Status Unggulan)

DETIK-DETIK PROKLAMASI: Ribuan Rakyat Berpesta di Istana

Untuk kali pertama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka HUT ke-70 kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8).



Peserta upacara mayoritas warga, mulai anak panti asuhan, petani, nelayan, pedagang kaki lima, hingga aktivis. ”Kami mengundang warga, nelayan, petani dan nelayan termasuk anakanak panti asuhan, ada 1.000 undangan yang kami tambahkan, mayoritas masyarakat, 30 persen pejabat,” kata Mensesneg Pratikno.

Salah satu kelompok masyarakat yang ikut upacara di Istana Merdeka adalah Suku Badui Dalam. Untuk kali pertama dalam sejarah republic ini, warga suku tersebut memasuki Istana Merdeka.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Inilah Detik-Detik Saat Presiden Jokowi Memimpin Upacara, Presiden Undang Pedagang hingga PKL Ikut Upacara di Istana, Jokowi Tunggui Geladi Bersih Upacara Peringatan Proklamasi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya