Solopos Hari Ini: Tarik Menarik Mesin Sukarelawan, Menyayangkan Dinginnya Sikap Presiden

Dukungan JoMan kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, untuk maju menjadi capres 2024 menjadi ulasan utama Koran Solopos hari ini.

 Koran Solopos hari ini, Jumat (17/9/2021). (dok)

SOLOPOS.COM - Koran Solopos hari ini, Jumat (17/9/2021). (dok)

Solopos.com, SOLO — Dukungan Jokowi Mania (JoMan) untuk Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menghadapi pilpres 2024 menarik perhatian publik. Berita ini dirangkum menjadi ulasan utama di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (17/9/2021).

Selain, itu ada sejumlah berita lain yang tak kalah menarik. Seperti berita tentang reaksi Presiden Jokowi yang dingin terhadap pemecatan 56 pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan hingga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang kesal dengan guru yang tak sering melepas masker.

Berikut cuplikan beritanya:

Tarik-Menarik Mesin Sukarelawan

JAKARTA-Kelompok sukarelawan pendukung Joko Widodo (Jokowi) mulai terlibat tarik-menarik dukungan. Sukarelawan Jokowi Mania (JoMan) mendeklarasikan dukungan bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di pemilu presiden (pilpres) 2024.

JoMan menilai Ganjar Pranowo memiliki potensi besar menjadi presiden berikutnya. “Akar rumput memang menghendaki Ganjar jadi The Next Jokowi. GP [Ganjar Pranowo] punya potensi besar untuk jadi presiden,” kata Ketua Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer, dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Ya Tuhan, Jenazah Nakes Korban KKB Papua Belum Bisa Dievakuasi

Pria yang akrab dipanggil Noel ini menyatakan kelompoknya akan mendukung Ganjar maju sebagai capres pada 2024. Menurutnya, selain berprestasi dan berpengalaman, Ganjar dinilai mirip dengan Jokowi yang dekat dengan akar rumput.

“Surveinya juga sangat bagus. Kita bisa lihat berbagai survei yang menjagokan dia, Ganjar selalu masuk 2 besar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Noel memastikan kelompok tersebut akan menggelar berbagai aktivitas untuk menaikkan popularitas Ganjar Pranowo.

Menyayangkan Dinginnya Sikap Presiden

Dukungan mengalir bagi 56 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) dari masyarakat sipil. Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersikap dingin dan enggan mengurusi.

KPK resmi memberhentikan 56 pegawai yang tidak lolos TWK itu per 30 September 2021. Pemecatan Novel Baswedan CS ini menjadi puncak dari kisruh alih status kepegawaian di tubuh lembaga antikorupsi.

Baca Juga: 4 Guru Besar Desak Jokowi Tegas kepada KPK

Pemecatan merupakan imbas dari keputusan yang dihasilkan dalam Rapat Koordinasi antara Menkumham, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan lima pimpinan KPK pada 13 September 2021.

Di sisi lain, Presiden Jokowi saat bertemu dengan sejumlah pimpinan media menjelaskan sikap istana terkait polemik kepegawaian KPK. Kepala negara menyerahkan polemik pemecatan Novel Baswedan dan pegawai KPK lainnya kepada lembaga antikorupsi tersebut.

“Jangan semuanya diserahkan ke presiden, Itu kewenangan pejabat pembina,” kata Jokowi, Rabu (15/9/2021).

Sikap Jokowi itu jauh dari harapan para pegawai KPK yang diberhentikan.

Baca Juga: DPR Apresiasi Kapolri Larang Polisi Main Tangkap Pendemo Jokowi

Gibran Kesal Beberapa Guru Tak Pakai Masker

SOLO-Sejumlah guru di beberapa sekolah kedapatan tak memakai masker saat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dalam dua pekan ini.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut tindakan itu bisa mengancam pelaksanaan PTM di sekolah tersebut. Dia meminta Dinas Pendidikan (Disdik) memberi peringatan agar perbuatan itu tak dicontoh para siswa. “Kalau gurunya enggak pakai masker, ya, anaknya [siswaj ikut-ikutan enggak pakai masker,” kata dia, Selasa (14/9/2021).

Gibran menyampaikan setelah PTM resmi yang dimulai pada awal September, ia selalu menyempatkan inspeksi mendadak sebelum berkantor di Balai Kota. Dalam inspeksi itu ditemukan beberapa guru yang nekat melepas masker, begitu pula siswa-siswanya.

“Hampir setiap hari sebelum ke Balai Kota, saya mampir ke sekolah meninjau PTM. Saya datang mendadak tanpa pemberitahuan dulu karena saya ingin benar-benar mengecek gurunya pakai masker atau tidak. Saya mendapati ada guru melepas maskernya saat kegiatan belajar-mengajar,” ucap Gibran.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa Anda simak di Espos Premium.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tragis! Pemuda Ini Tewas Saat Cari Keong Sawah

Kisah tragis dialami seorang pemuda di Tangerang yang meninggal tenggelam saat mencari keong sawah.

Waduh! Polantas yang Pacaran Pakai Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengakui anggota polantas, Bripda Arjuna Bagas, yang diperiksa Propam gara-gara menggunakan mobil dinas PJR untuk pacaran adalah adik iparnya.

Adik Ipar Ahok Pacaran Pakai Mobil Patroli Polisi Terancam Dicopot

Adik ipar Ahok, Bripda Arjuna Bagas terancam dicopot dari satuannya karena diduga menggunakan mobil dinas patroli jalan raya (PJR) untuk pacaran.

RUPTL Terbaru Masih Memberi Ruang Luas bagi Energi Kotor

Pemerintah akan membuka peran perusahaan listrik swasta atau independent power producer (IPP) untuk pengembangan pembangkit berbasis energi baru terbarukan.

Pakar Komunikasi UNS Solo: Ganjar Calon Kuat Capres 2024, Malu-Malu Mau

Pakar komunikasi politik UNS Solo menilai Ganjar Pranowo adalah kandidat kuat sebagai capres di Pilpres 2024, tapi masih malu-malu.

10 Berita Terpopuler: Masih Dicari 1000 Pelaku Usaha hingga Video Viral

Kabar ACT Group dan Wong Solo Group menandatangani MoU pengembangan UMKM Soloraya, Rabu (20/10/2021), dan dua video viral menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (22/10/2021).

Solopos Hari Ini: PTM Jalan Terus, Warga Ditagih Pinjol Meski Tak Utang

Klaster penularan Covid-19 di sekolah di Solo meluas. Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyatakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah tetap berjalan.

Maling Ponsel Wartawan Saat Siaran Langsung, Pencuri Ini Malah Dipuji

Seorang pencuri ponsel milik wartawan yang tengah melakukan siaran langsung malah mendapat pujian dari netizen atas aksinya.

Serangan Siber Berpola Kecil Meningkat 233% pada 2021

Serangan DDoS kecil-kecilan (penolakan layanan terdistribusi) melonjak sebesar 233% pada paruh pertama 2021

Daftar 106 Pinjol Resmi Terdaftar OJK 2021, Jangan Sampai Salah Pilih!

Ini dia 106 daftar pinjaman online atau pinjol resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan alias OJK pada 6 Oktober 2021.

Peringati Hari Pangan, FP UNS Bahas Eksistensi Petani Milenial

FP UNS ingin menumbuhkembangkan eksistensi petani milenial dengan menggelar berbagai pelatihan dan inovasi teknologi digital berkonsep smart farming.

Partai Gerindra: Indonesia Stabil jika Prabowo Presiden

Jika Prabowo menjadi presiden berikutnya, maka pembangunan infrastruktur di masa Presiden Jokowi akan dilanjutkan.

Fahri Hamzah dan Fadli Zon Berseberangan Gegara Jl. Kemal Ataturk

Wacana penamaan jalanan di kawasan Menteng, Jakarta, menjadi Jalan Mustafa Kemal Ataturk, itu memunculkan perdebatan antara Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Duh, Kades Diduga Korupsi Dana Desa demi Nikahi Istri Muda

Selain digunakan untuk biaya menikah, tersangka juga menggunakan uang negara untuk bermain penggandaan uang secara gaib.

Sejarah Hari Ini : 22 Oktober 1943, Inggris Serang Kota Kassel Jerman

Penyerangan Kota Kassel di Jerman merupakan salah satu peristiwa dari sekian banyak kejadian penting yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 22 Oktober.