Solopos Hari Ini: Tantangan Meramaikan Pasar Legi

Ketua DPR Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan bangunan baru Pasar Legi Solo.

 Harian Solopos edisi Jumat (21/1/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (21/1/2022).

Solopos.com, SOLO — Pasar Legi Solo diresmikan Ketua DPR Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (20/1/2022) pagi. Harian Solopos edisi Jumat (21/1/2022) mengusung headline terkait pemanfaatan Pasar Legi.

Tantangan Meramaikan Pasar Legi

SOLO-Ketua DPR Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan bangunan baru Pasar Legi Solo, Kamis (20/1/2022) pagi. Walaupun megah, masih ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) bagi Pemkot Solo untuk meramaikan pasar maupun memperbaiki sejumlah kekurangan.

PromosiSupaya Pelajaran Sejarah Menarik, Komikkan Saja!

Dalam peresmian itu, Puan dan Basuki didampingi oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan beberapa kepala daerah di Soloraya. Ada Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Jekek), Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Baca Juga: Foto-Foto Ketua DPR Puan Maharani Resmikan Pasar Legi Solo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak hadir dalam kesempatan itu. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Jumat (21/1/2022). Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan komentar Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto terkait survei calon presiden 2024.

Bambang Sindir Survei Menangkan Ganjar

SOLO — Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul kembali mengeluarkan sindiran. Sindiran tersebut terkait Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang jadi jawara dalam berbagai survei calon presiden.

Seperti survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyebut Ganjar mendapat dukungan publik paling besar sebagai capres 2024. Sejumlah lembaga survei lain juga merilis hasil yang hampir sama, di mana Ganjar selalu berada di peringkat tiga besar.

Baca Juga: Puan Maharani ke Solo, Ketua DPC PDIP Rudy: Tidak Ada Komunikasi

Bambang Pacul buka suara terkait hasil survei tersebut. Menurutnya, hasil survei adalah potret dan persepsi orang. Namun, ia meminta agar pemilihan pemimpin didasarkan pada rekam jejak. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Jumat (21/1/2022).

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan headline terkait peningkatan pengangguran di Kota Solo.

Pengangguran Naik Tajam

SOLO-Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kota Solo naik tajam selama pandemi yang berlangsung hampir dua tahun ini. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), TPT pada 2019 berkisar 4,1% yang naik menjadi 7,92% pada 2020.

Angka itu lantas sedikit turun pada 2021 sebesar 7,85%. Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Solo, Bambang Nugraha, mengakui tingginya penambahan jumlah pengangguran akibat pandemi Covid-19 yang hampir dua kali lipat.

“Pada 2020, banyak pelaku usaha dan berbagai sektor yang menutup usaha mereka, seperti pariwisata, perhotelan, perdagangan, dan transportasi. Dampaknya, mereka merumahkan atau memutus hubungan kerja karyawan.

Baca Juga: Waduh! Jumlah Pengangguran Terbuka di Kota Solo Naik Tajam

Dari situ, jumlah pengangguran meningkat, sementara penduduk usia kerja dari tahun ke tahun juga meningkat. Akhirnya TPT melonjak tinggi,” kata dia saat dihubungi Espos, Rabu (19/1/2022).

TPT juga disumbang sektor informal akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bambang melanjutkan pada 2021, TPT sedikit menurun yang menunjukkan adanya pemulihan ekonomi meski tak signifikan. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Jumat (21/1/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kisah Bandar Candu Opium Raksasa dari Solo yang Memasok Seluruh Jawa

+ PLUS Kisah Bandar Candu Opium Raksasa dari Solo yang Memasok Seluruh Jawa

Surakarta atau Solo sempat menjadi tempat tinggal bandar candu atau opium raksasa yang sanggup memasok dan menguasai hampir perdagangan candu di seluruh Pulau Jawa, sekitar 1860-an, dimana kala itu, menghisap candu menjadi hal wajar dan legal.

Berita Terkini

Akun Medsos Pejabat Singapura Diserbu Pendukung UAS

Hal itu merupakan buntut dari deportasi yang dilakukan Singapura terhadap UAS pada Senin (16/5/2022) lalu.

Fahri Hamzah: Pejabat Singapura Idap Islamphobia

Fahri Hamzah menilai pejabat Singapura mengidap  islamophobia lantaran menolak Ustaz Abdul Somad (UAS) masuk ke negara tersebut, beberapa hari lalu.

Kejagung Segera Tangkap Semua Tersangka Mafia Minyak Goreng

Febrie menyebutkan tersangka Lin Che Wei sempat membagikan uang hasil kejahatan mafia minyak goreng ke sejumlah pihak.

Dicap Halu, Yusuf Mansur: Saya Sedang Mengajari Bangsa Ini Bermimpi

Yusuf Mansur mengatakan, dirinya sedang mengajari bangsa Indonesia bermimpi agar mencapai taraf kehidupan yang lebih baik. 

Tampil di Youtube Anak, Yusuf Mansur Sebut Dirinya Asal Ngomong

Yusuf Mansur mengaku dirinya bukan orang yang pandai, karenanya ia tidak banyak berpikir tapi banyak bertindak.

Menteri Muhadjir Sarankan UAS Jaga Lisan Agar Tak Diusir Singapura

Muhadjir Effendy menyarankan UAS untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain.

Terduga Pembunuh Perempuan Muda di Kebumen Ternyata Sang Kekasih

R diketahui tinggal di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, yang tidak lain merupakan kekasih korban.

Polisi Pengedar Narkoba Coba Bunuh Diri di Sel

Kepala Badan Nasional Narkotika Provinsi Kalimantan Barat, Budi Wibowo, membenarkan informasi adanya polisi yang mencoba bunuh diri.

Pendukung ISIS di Poso Serahkan Diri ke Polisi

Mrw, warga Desa Bega, Kecamatan Poso Pesisir menyerahkan diri di Desa Bahoea Reko, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali.

PPDB SD Online di DKI Jakarta Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Calon Peserta Didik Baru (CPDB) diwajibkan melakukan pengajuan akun dan melewati tahapan PPDB secara online.

IDI dan 4 Dokter Radiologi Digugat Rp50 Miliar

Perkumpulan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) menggugat IDI dan empat dokter spesialis radiologi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Stok Melimpah, Jokowi Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng

Menurut Jokowi, dirinya kembali membuka ekspor minyak goreng karena pasokan di pasar melimpah pada bulan ini.

Fajar Kebangkitan Industri Penerbangan Makin Terang

Pemulihan industri penerbangan telah mulai di sejumlah negara. Mudik Lebaran 2022 menjadi laksana fajar merekah pertanda pemulihan industri penerbangan domestik Indonesia.

Sosok Lin Che Wei, Pembongkar Kasus Lippo yang Terjerat Kasus Migor

Analisis Lin Che Wei sempat menuai kontroversial karena membongkar skandal di Bank Lippo pada 2003.

Dea Onlyfans Hamil dan Minta Tak Ditahan, Ini Aturan Hukumnya

Dea OnlyFans meminta polisi tidak menahannya karena dirinya sedang berbadan dua.

Keren! Pemilik Miyago Naknan Dapat Suntikan Dana dari Menteri Investasi

Bukan hanya pemilik Miyago Naknan, terdapat tiga mahasiswa lainnya yang juga memperoleh suntikan dana segar dari Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.