Kategori: Nasional

Solopos Hari Ini: Tangani Covid-19 dari Hulu


Solopos.com/Tim Solopos

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari ini edisi Selasa (19/1/2021) mengulas tentang tangani Covid-19 dari hulu.

Pelayanan kesehatan masyarakat kian kritis tanpa pengendalian kasus yang efektif. Pasien harus menunggu di instalasi gawat darurat (IGD) karena penuhnya ruang isolasi sehingga kian banyak yang tak segera tertangani.

Di Soloraya, hal ini terlihat nyata berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Solo di 19 rumah sakit (RS) di Kota Solo yang khusus menampung pasien Covid-19 sebanyak 888 ruang. Dari jumlah tersebut sebanyak 775 tempat tidur (87,27%) di antaranyanya sudah terpakai. Artinya tempat tidur yang tersisa tinggal 113 tempat tidur.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Tergantung Vaksinasi dan Kemampuan Gibran

Ada dua hal krusial yang menjadi kunci pemulihan ekonomi Soloraya tahun ini. Kunci pertama adalah penanganan pandemi Covid-19 dan yang kedua adalah kemampuan Wali Kota Solo membangun kerja sama regional Soloraya.

Kerja sama yang baik antardaerah menjadi krusial karena pertumbuhan ekonomi di Kota Solo sangat dipengaruhi kawasan di sekitarnya.

Hal itu disampaikan pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Mulyanto, dalam focus discussion group (FGD) virtual bertajuk Outlook Ekonomi Solo 2021: Saatnya Bangkit, Senin (18/1/2021).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Main Skateboard di Bawah Flyover

Area kosong di bawah Flyover Purwosari tepatnya di sisi barat perlintasan sebidang bakal dibangun arena bermain skateboard. Area seluas 40 meter x 14 meter itu nantinya juga bisa digunakan untuk sepeda BMX. Saat ini konsep pembangunan masih terus dimatangkan. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jateng Alik Mustakim, mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta komunitas skateboard untuk membahas hal tersebut.

Pengerjaan sekurangnya memakan waktu satu bulan. “Proyek arena skateboard ini menjadi tanggung jawab kami untuk mengakomodasi permintaan Pemkot. Untuk desain dan finalisasi anggaran masih terus dimatangkan. Pengerjaan dari pelaksana proyek dari flyover. Konsepnya pembangunan playground area untuk skateboard, bisa juga digunakan untuk sepeda BMX,” kata dia, kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

PMI Butuh Lima Kali Lipat Donor Plasma Antibodi

PMI membutuhkan lebih banyak pendonor plasma antibodi untuk menyelamatkan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen menjadi asa untuk mencukupi kebutuhan plasma.

Wakil Ketua Pengurus Organisasi PMI Kota Solo, Farid Sunarto, menjelaskan PMI Kota Solo telah menjaring 152 pendonor dengan jumlah plasma sebanyak 284 kolf untuk 144 pasien. Namun, jumlah antrean permintaan atau kebutuhan plasma konvalesen di PMI Solo masih tinggi yaitu mencapai 51 orang hingga kemarin sore.

“Sesuai imbauan Wakil Presiden yang mencanangkan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen. PMI akan berkoordinasi lagi dengan Dinas Kesehatan, Rumah sakit [RS], dan penyintas Covid-19 untuk gotong-royong mendorong kegiatan donor diperbanyak,” kata dia seusai mengikuti pencanangan yang dilakukan secara virtual oleh PMI Pusat, Senin (18/1/2021).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati