Solopos Hari Ini: Stok Vaksin Menipis

Koran Solopos hari ini menyajikan laporan utama mengenai keterbatasan stok vaksin Covid-19.

 Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (5/8/2021). (dok)

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (5/8/2021). (dok)

Solopos.com, SOLOKoran Solopos edisi hari ini, Kamis (5/8/2021), mengulas tentang percepatan program vaksinasi Covid-19 yang mengalami hambatan dalam berita utama berjudul Stok Vaksin Menipis.

Hambatan ini bukan karena kinerja pemerintah daerah atau respons masyarakat, melainkan stok di daerah yang kian menipis.

Kendala stok itu juga bermunculan di daerah-daerah di Jawa Tengah (Jateng). Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui laman resmi hingga Rabu (4/8/2021) pukul 18.00 WIB, persentase realisasi vaksinasi dosis Jateng menjadi nomor 2 terendah di Jawa.

Realisasi vaksinasi dosis di Jateng baru mencapai 18,24% dari target atau di bawah realisasi nasional 23,23%. Angka ini jauh di bawah DKI Jakarta (94,32 %), Bali (90,35%), Kepulauan Riau (65,59%), dan Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY (41,46%). Sedangkan realisasi vaksinasi dosis II di Jateng baru 10,2%. Sangat timpang dengan DKI Jakarta yang sudah mencapai 35,55%.

Baca Juga: Penyuka Sesama Jenis, Anggota TNI Dipecat

Berikut cuplikan berita lain di Koran Solopos hari ini:

Wacana Pemotongan Tukin untuk Publik

SOLO-Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mewacanakan kebijakan memotong tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan tetap (TPP) aparatur sipil negara (ASN). Hal itu dilakukan guna menutup defisit anggaran senilai Rp92 miliar.

TPP tersebut rencananya dipotong 30% dan nilainya berbeda-beda, menyesuaikan kinerja, fungsi, maupun golongan ASN. Kebijakan tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna 1 Raperda tentang Perubahan APBD Solo 2021 pada Selasa (27/7/2021).

Dijumpai Senin (2/8/2021), Gibran menyebut alasan pemotongan adalah banyaknya anggaran yang digunakan untuk penanganan Covid 19. “Ini kan masa darurat, saya harus mengalokasikan dana untuk penanganan Covid-19. Jadi, penanganan untuk masa masa darurat,” ucapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengatakan tukin atau TPP adalah insentif yang nilainya menyesuaikan kemampuan daerah. “Angkanya belum pasti, masih dibicarakan. Bisa saja dipotong, bisa juga tidak. Karena kami akan menghitung kan. Kalau refocusing anggaran, kemudian dipotong, ya enggak masalah. Itu kan masuk belanja pegawai, belanja honor ya, bukan belanja gaji, karena insentif dan dialihkan untuk kepentingan publik. Masyarakat membutuhkan, ya kenapa itu jadi masalah,” kata Ahyani, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Kepala Daerah Tidak Boleh Baper Ketika Dikritik di Media Sosial

Layanan Gratis Derek Mobil dari Dishub Solo

SOLO-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memiliki dua mobil derek dengan spesifikasi berbeda. Selain pelayanan derek gratis, dua mobil Dishub juga sering digunakan untuk fungsi lain.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perparkiran Dishub Solo, Henry Satya Nagara, kepada wartawan, Rabu (4/8/2021). Henry mengatakan layanan gratis derek membuat antusiasme warga sangat tinggi dalam memanfaatkan pelayanan itu. Mobil derek tidak hanya digunakan untuk menderek mobil macet, tetapi juga berfungsi dalam penindakan perparkiran.

“Biasanya ikut operasi parkir, kalau ada mobil parkir di rel Jl. Slamet Riyadi kan tidak memungkinkan untuk digembok. Jadi harus diderek agar kereta api dapat melintas,” papar dia.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa Anda simak diĀ Espos Premium.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Sambut Mahasiswa Baru, ITNY Gelar PPTMB 2021

Sebelum PPTMB ITNY digelar, ITNY telah mempersiapkan mahasiswa memasuki kehidupan di kampus dengan menggelar serangkaian webinar pengembangan diri bagi mahasiswa baru.

Mangkir dari Panggilan KPK, Benarkah Azis Syamsuddin Isoman?

Surat permohonan penundaan atas namanya, Azis meminta agar pemeriksaan terhadapnya dilaksanakan pada 4 Oktober 2021.

Dukun Penemu Ramuan Anticorona Sri Lanka Meninggal Akibat Varian Delta

Dia sebelumnya mempromosikan sirup buatan dukun White yang diklaim ampuh melawan virus seumur hidup.

Mengaku Lagi Isoman, Azis Syamsuddin Mangkir Panggilan KPK

Azis Syamsuddin tak memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa hari ini dengan alasan sedang isolasi mandiri. Ia meminta pemeriksaan diundur pada 4 Oktober 2021.

Anggota TNI yang Ditemukan Tewas, Ditusuk Saat Mencoba Melerai Perkelahian

Sertu Yorhan Lopo dari Menzikon Puziad TNI AD akhirnya tewas setelah berlari 50 meter akibat ditusuk Ivan Victor Dethan karena mencoba melerai perkelahian.

Anggota TNI Jadi Korban Pembunuhan, Mayat Ditemukan di Lahan Kosong

Seorang anggota TNI ditemukan tewas terbunuh, sementara seorang lainnya mengalami luka tusuk dalam peristiwa yang terjadi di Depok.

Divonis 4,5 Bulan Penjara atas Kepemilikan Senjata Api, Kivlan Zen Banding

Kivlan Zen bersikeras menyatakan tidak bersalah atas kasus kepemilikan senjata api dan peluru tajam ilegal sehingga mengajukan banding atas vonis majelis hakim PN Jakarta Pusat.

Wah, 54 Raja dari Seluruh Indonesia Bakal Berkumpul di Sumedang

Presiden Jokowi direncanakan membuka Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) di Keraton Sumedang Larang.

Dipanggil KPK Hari Ini, Azis Syamsuddin Bakal Ditangkap di Jumat Keramat?

KPK memanggil Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, diduga terkait kasus suap AKP Stepanus Robin Pattuju.

Kuliah Perdana ITNY : Generasi Z Harus Bisa Berkompetisi dalam Perkembangan Teknologi

Menjelang dimulainya Tahun Akademik 2021/2022, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan kuliah perdana.

10 Berita Terpopuler : Tips Cegah Pendarahan Otak - Pria Cabuli Bocah Pakai Selang

Informasi terkait sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah pendarahan otak hingga pencabulan Karanganyar masuk daftar berita terpopuler pagi ini.

Kota Semarang Nomor 1 Kasus Kematian Covid-19 Terbanyak

Kota Semarang menjadi daerah dengan kasus kematian Covid-19 terbanyak se-Indonesia menurut laporcovid19.

Round Up Luhut vs Haris Azhar: Buka Keterlibatan Jenderal Lain, Bakal Berbuntut Panjang

Kubu Haris Azhar mengancam akan membongkar semua kebobrokan Luhut Binsar Pandjaitan di pusaran mafia tambang papua.

Solopos Hari Ini: PTM Jalan Terus, Dalang Mengamen Menjemput Rezeki

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, memastikan PTM jalan terus meski muncul ribuan klaster baru Covid-19 dari kalangan siswa dan guru.

Tim Haris Azhar: Luhut Kami Ajak Ketemu Tapi Tidak Datang

pihak Luhut tetap pada pendirian mereka, yang meminta Haris Azhar meminta maaf serta menghapus video.

Dukung Luhut, Direktur CISA: Lapor Ke Polisi Langkah Tepat

Herry mengatakan seharusnya jika seseorang memiliki bukti keterlibatan Luhut dalam bisnis tambang di Papua melaporkan kepada kepolisian.