Tutup Iklan

SOLOPOS HARI INI: Soloraya Hari Ini: Tiap Tahun, 100.000 Ha Sawah Hilang

SOLOPOS HARI INI: Soloraya Hari Ini: Tiap Tahun, 100.000 Ha Sawah Hilang

SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Senin, 2 Oktober 2017

Solopos hari ini memberitakan kabar-kabar terkini di Soloraya.

Solopos.com, SOLO – Jalan tol Solo-Ngawi bakal dioperasikan pada Januari 2018 mendatang dan pembayaran tarifnya sepenuhnya menggunakan uang elektronik alias transaksi nontunai.

Kabar ini menjadi headline halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin, 2 Oktober 2017. Kabar lain, sebanyak 100.000 hektare (ha) sawah di Indonesia hilang setiap tahun akibat alih fungsi menjadi gedung, jalan, dan jembatan.

Berikut cuplikan berita utama halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Senin (2/10/2017);

TOL SOLO-NGAWI: Beroperasi Januari, Pakai Uang Elektronik

Jalan tol Solo-Ngawi bakal dioperasikan pada Januari 2018 mendatang dan pembayaran tarifnya sepenuhnya menggunakan uang elektronik alias transaksi nontunai.

PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku pemegang konsesi jalan tol Solo-Ngawi melalui direktur utamanya, David Wijayanto, penerapan pembayaran nontunai untuk ongkos melintas jalan tol sesuai dengan Permen PUPR No. 16/PRT/M/2017 tentang penggunaan transaksi tol nontunai di jalan tol yang berlaku secara penuh mulai 31 Oktober dengan menggunakan uang elektronik.

Terdapat empat gerbang tol yang siap beroperasi setelah peresmian yakni di Ngasem dan Klodran, Colomadu, Karanganyar; Kebakkramat, Karanganyar; dan Ngawi. Dia menambahkan untuk mendukung pembayaran nontunai tersebut, pihaknya juga akan menyediakan lajur khusus untuk mengisi saldo uang elektronik di sejumlah gerbang tol.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

HUT IHKA SOLORAYA: Adu Keren Menata Ranjang di Tengah Jalan

Ada aktivitas yang tak biasa yang dilakukan para petugas bagian rumah tangga alias housekeepers sejumlah hotel di Soloraya di area car free day tepatnya di depan Be Hati Skin Care Clinic, Care and Esthetic, Jalan Slamet Riyadi no. 390, Minggu (1/10) pagi WIB. Mereka adu keterampilan making bedatau menata ranjang di jalan raya.

Demi memperkenalkan peran serta tugas housekeepersekaligus mempraktikkannya, ranjang-ranjang ukuran singledari hotel pun diangkut ke area car free day ini.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

LAHAN PERTANIAN: Tiap Tahun, 100.000 Ha Sawah Hilang

Sebanyak 100.000 hektare (ha) sawah di Indonesia hilang setiap tahun akibat alih fungsi menjadi gedung, jalan, dan jembatan. Alih fungsi lahan sawah itu terjadi seiring dengan berkurangnya sumber daya manusia (SDM) petani.

Kemampuan pemerintah mencetak sawah maksimal hanya 40.000 hektare per tahun dengan biaya mencapai Rp1,6 triliun per tahun. Data tersebut disampaikan pakar pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Prof. Toto Agung, saat ditemui wartawan di sela-sela panen raya padi varietas padi gogo di Dukuh Tanjung, Desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Minggu (1/10).

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Berita Terkait

Berita Terkini

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.

Klaten Zona Merah, Anak Balita Dan Kelompok Rentan Dilarang Ke Pusat Perbelanjaan

Instruksi Bupati Klaten melarang anak balita, warga lansia, ibu hamil, dan kelompok rentan lainnya masuk ke pusat perbelanjaan.