SOLOPOS.COM - Soloraya Hari Ini edisi Senin 11 September 2017

Halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini membahas tentang rencana pembangunan Museum Peradaban di Klaten.

Solopos.com, SOLO – Hasil penemuan sejumlah benda yang diperkirakan sebagai benda purbakala mengawali inisiasi pendirian museum. Pemerintah Desa (Pemdes) Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Klaten berencana mengembangkan potensi wisata dengan membangun museum peradaban.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Ada 67 batuan yang diduga benda purbakala. Batuan-batuan itu berupa struktur candi, yoni, lumpang, dan lesung.

Berita mengenai wacana pembangunan museum di Solodiran, Klaten itu menjadi headline halaman Soloraya Harian Umum Solopos, Senin (11/9/2017). Selain berita tersebut ada berita tentang Pemkot Solo yang akan meliburkan Sunday Market Minggu (17/9) dan berita tentang lomba lukis payung ramaikan Festival Payung Indonesia 2017.

Berikut ini cuplikan berita halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Senin 11 September 2017;

DESA WISATA: Solodiran bangun Museum Peradaban

Pemerintah Desa (Pemdes) Solodiran, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, berencana mengembangkan potensi wisata dengan membangun museum peradaban.

Pendirian museum itu berawal dari hasil temuan sejumlah benda yang diperkirakan sebagai benda purbakala. Sejumlah benda yang diduga merupakan peninggalan purbalaka ditemukan saat normalisasi Sungai Karangasem guna mendukung pengembangan wisata desa setempat.

Pengerukan menggunakan ekskavator di alur sungai sepanjang 700 meter sejak awal Agustus lalu itu menemukan benda terkubur di dalam tanah sedalam 1 meter.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com

AKTIVITAS PEDAGANG: Lagi, Pemkot Liburkan Sunday Market

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo bakal meliburkan lagi kegiatan Sunday Marketkarena kompleks Stadion Manahan digunakan untuk acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) III Majelis Tafsir Alquran (MTA), Minggu (17/9). Dispora sudah menyampaikan surat pemberitahuan hal tersebut kepada para pedagang.

Dalam surat yang ditandatangani langsung Kepala Dispora Solo, Joni Hari Sumantri, tersebut dijelaskan alasan Dispora meliburkan kegiatan Sunday Marketkarena kompleks Stadion Manahan akan dipakai untuk Silatnas III MTA. Ketua Serikat Pedagang Minggu Pagi Manahan (SPMPM), Joko Santoso alias Yuli de Santos, sudah menerima surat pemberitahuan dari Dispora terkait agenda kegiatan itu. ”Dalam surat diterangkan kegiatan Sunday Market diliburkan sehari pada Minggu depan,” kata Yuli saat diwawancarai Esposdi kompleks Stadion Manahan, Minggu (10/9) pagi.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com

FESTIVAL SENI: Kreasi Lukis Sepayung Indonesia

Riuh suara anak-anak terdengar saling bersahutan di halaman depan Gedung Pertunjukan Taman Balekambang, Solo, Minggu (10/9) pagi. Senyum merekah terlihat dari wajah ratusan anak seusia sekolah dasar (SD) yang sedang asyik mewarnai payung kain berdiameter 50 cm sejak, pukul 09.00 WIB. Belum ada setengah jam, dasar payung yang tadinya bersih, menjadi penuh dengan gambar dan garis-garis tak beraturan yang mereka buat dari cat air.

Berbagai kreasi payung dengan tema Budaya dibuat sendiri oleh ratusan anak yang mewakili 51 kelurahan di Solo ini. Beberapa keluar dari tema dengan membuat motif setangkai bunga, jenis ikan, dan garis-garis tak beraturan. Mereka berkreasi sesukanya dalam serangkaian pra event Festival Payung Indonesia (FPI) bertajuk Sepayung Indonesia ini.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya