SOLOPOS HARI INI : Soloraya Hari Ini: PPDB Online SMA Mulai 17 Juni hingga Polisi Sisir Pasar Legi

SOLOPOS HARI INI : Soloraya Hari Ini: PPDB Online SMA Mulai 17 Juni hingga Polisi Sisir Pasar Legi

SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Kamis, 28 Mei 2015

Solopos hari ini memberitakan kabar-kabar terkini di Soloraya.

Solopos.com, SOLO – Halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini, Kamis (28/5/2015), memberitakan PPDB online SMA dimulai 17 Juni 2015 hingga kemeriahan HUT Kabupaten Sragen.

Kabar lain, Sejumlah warga di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, khawatir pemekaran wilayah berdampak timbul banyak biaya karena harus mengganti kartu identitas dan administrasi lainnya. Warga juga harus siap mengurus administrasi untuk penyesuaian identitas baru.

Simak rangkuman berita Soloraya Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis, 28 Mei 2015, berikut;

PENERIMAAN SISWA BARU: PPDB Online SMA Mulai 17 Juni

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Solo 2015 memajukan jadwal PPDB online untuk jenjang SMA. PPDB online semula dijadwalkan 29 Juni-1 Juli, kini menjadi 17-19 Juni bersamaan dengan PPDB offline.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Aryo Widyandoko, menuturkan perubahan jadwal PPDB online itu dengan mempertimbangkan agar jeda antara waktu pelaksanaan PPDB dengan pengumuman kelulusan siswa tidak terlalu lama.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Jadwal PPDB Online SMA di Solo Maju, Mulai 17 Juni)

HUT KABUPATEN SRAGEN: Ayo Bangun Sragen dengan Cinta

Bening embun masih menghiasi hamparan rumput di Alun-alun Sasono Langen Putro saat warga mulai berdatangan, Rabu (27/5). Kemarin, Pemkab Sragen bersolek. Janur kuning dan daun beringin menghiasi ratusan galah bambu yang dipasang di Alunalun Sasono Langen Putro.

Deretan kukusan dari anyaman bambu menggantung dari pucuk galah. Pada bagian tengah alun-alun terdapat panggung limasan berundak-undak.

Tak lama kemudian, rombangan kirab tumpeng ageng di bawah pimpinan Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, berangkat menuju Alun-alun Sasono Langen Putro. Rombongan berangkat dari Rumah Dinas Bupati Sragen, menyusuri jalan raya dengan berjalan kaki menuju Alunalun Sasono Langen Putro. Bagian depan rombongan diisi cucuk lampah lengkap dengan pasangan pengantin Loro Blonyo.

Rombongan pagar ayu dengan balutan kemban khas Jawa berjalan beriringan. Mereka mengiringi 10 pemuda yang bertugas memikul tumpeng ageng berukuran paling besar. Tumpeng itu dihiasi berbagai lauk-pauk berupa sayuran dan ingkung atau daging ayam utuh. Pada bagian depan tumpeng itu terpampang tulisan HUT ke-269 Kabupaten Sragen.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Tri Utami dan Syaharani Nyanyi Bareng Sinden, Hari Ini Seluruh Elemen Masyarakat Berpesta)

PEMEKARAN KELURAHAN: Warga Harus Siap Ganti Identitas & Administrasi

Sejumlah warga di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, khawatir pemekaran wilayah berdampak timbul banyak biaya karena harus mengganti kartu identitas dan administrasi lainnya. Warga juga harus siap mengurus administrasi untuk penyesuaian identitas baru.

Lurah Semanggi, Didik Wahyudi A., mengatakan sebagian warga cemas dengan realisasi pemekaran Kelurahan Semanggi menjadi dua kelurahan. Menurut dia, warga khawatir terbebani kewajiban mengurus berbagai keperluan surat administrasi kependudukan yang mungkin bakal menguras waktu dan biaya.

“Konsekuensi dari pemekaran kelurahan warga harus mengganti alamat yang tertera di berbagai kartu identitas, seperti KTP, KK hingga sertifikat tanah. Mereka khawatir ribet dan keluar biaya administrasi lagi,” kata Didik Wahyudi kepada Espos di ruang kerjanya, Rabu.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

BERAS PLASTIK: Polisi Sisir Pasar Legi

Inspeksi mendadak (sidak) beras plastik yang dilakukan tim gabungan Pemkot Solo dan Polresta Solo membuat heboh warga di Pasar Legi, Rabu (27/5) siang. Beberapa pedagang dan warga menghentikan aktivitas mereka untuk melihat aktivitas para aparat itu.

Pantauan Espos di lokasi, anggota Polresta Solo menggunakan rompi antipeluru, helm, penutup wajah, dan membawa senjata laras panjang serta mengendarai trail. Aparat sengaja melakukan sidak untuk mengecek ada tidaknya beras plastik di pasaran.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Jelang Ramadan, Polres Wonogiri Tingkatkan Operasi Beras Sintetis, Beras Sintetis Disebut Nihil, Pedagang Lega, Sidak Beras Sintetis, Polresta Solo Bawa Senjata Lengkap)

Berita Terkait

Berita Terkini

H+1 Lebaran Jalanan Wonogiri Kok Ramai, Ternyata Ini Alasannya

Arus lalu lintas di Wonogiri pada H+1 Lebaran atau hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021) terpantau ramai lancar. Banyak warga yang berwisata maupun bersilaturahmi.

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.