SOLOPOS.COM - Soloraya Hari Ini Sabtu (12/11/2016)

Halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini mengabarkan overpass Manahan akan dibangun 2017.

Solopos.com, SOLO — Pembangunan overpass Manahan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sepenuhnya dan akan dilaksanakan pada 2017.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemerintah pusat hanya membantu membuatkan detail engineering design (DED) proyek tersebut. Pemkot telah menganggarkan Rp31 miliar dalam APBD 2017 untuk proyek tersebut. Overpass yang akan berdiri di perlintasan rel kereta api (KA) Kota Barat itu diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di lokasi tersebut.

Ketua Komisi III DRPD Solo, Honda Hendarto, mengatakan proyek pembangunan overpass Manahan sepenuhnya akan didanai APBD Kota Solo. Ia menjelaskan perencanaan pembangunan jalan tersebut sudah dikaji sejak era Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan.

Kabar Overpass Manahan akan dibangun tahun 2017 menjadi headline halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu (12/11/2016). Halaman Soloraya Solopos hari ini juga mengabarkan sebabkan banjir, tol di Sawahan dibongkar, memasarkan paket wisata plus oleh-oleh, 12 desa di Girimarto berani transparan. Simak cuplikan halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu:

MASALAH PERTANIAN : Sebabkan Banjir, Tol di Sawahan Dibongkar

Ruas Tol Solo-Kertosono (Soker) di wilayah Dukuh Mojorejo, Desa Sawahan, Ngemplak, mulai dibongkar oleh pekerja proyek tol. Pembongkaran tol tersebut sebagai buntut protes para petani sekitar lantaran jalan berbayar itu dituding sebagai pemicu banjir sawah mereka.

Pantauan Espos di lokasi, Jumat (11/11/2016), pembongkaran dilakukan dengan cara memotong seruas tol yang sudah jadi. Selanjutnya, ruas tol tersebut digali sedalam hampir enam meteran dengan alat berat berupa backhoe. Panjang jalan tol yang dibongkar sekitar tiga meter dengan lebar 45 meter.

Di dasar galian tol yang dibongkar tersebut, tampak para pekerja memasang rangkaian besi untuk pengecoran dan pembuatan drainase dengan box culvert berukuran 2 x 1,5 meter.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

PAMERAN PRODUK & WISATA : Memasarkan Paket Wisata Plus Oleh-Oleh

Ribuan produk ditata rapi di stan pameran Solo Carft Indo dan Explore Wisata Indonesia 2016 karya pengrajin dan pengusaha dari 22 daerah di Indonesia dan badan usaha milik negara (BUMN).

Masing-masing stan menunjukkan potensi unggulan selama pameran yang diadakan pada Jumat-Minggu (11-13/11/2016). CV Prima Pradnadita Indonesia yang berasal dari Kudus membawa produk unggulan berupa kopi rempah dan teh rempah yang menawarkan bermacam khasiat.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

PENGELOLAAN ANGGARAN : 12 Desa di Girimarto Berani Transparan

Sebanyak 12 pemerintah desa di Kecamatan Girimarto, Wonogiri, layak mendapat apresiasi karena langkah mereka memublikasikan program dan anggaran pendapatan dan belanja (APB) desa.

Informasi yang jarang diketahui publik itu ditayangkan melalui banner besar di masing-masing desa. Langkah itu dilakukan agar warga mengetahui pos anggaran dan dapat mengontrol penggunaannya.

Langkah itu seperti dilakukan Desa Selorejo, Rabu (9/11/2016), pihak desa setempat memublikasikan APB Desa 2016 senilai Rp1,3 miliar di banner besar yang dipasang di depan kantor desa.

Pada banner yang terbuat dari MMT itu tertera rincian pos anggaran APB desa, seperti pos pembangunan senilai Rp868,2 juta, pemberdayaan masyarakat senilai Rp122,8 juta, dan pemerintahan senilai Rp405,8 miliar.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya