SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos hari ini memberitakan kabar-kabar terkini di Soloraya.

Solopos.com, SOLO – Kepala Desa (Kades) Jeruk, Kecamatan Selo, Juminem, 45, menjadi tersangka kasus korupsi program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) periode 2011-2013.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabar ini menjadi salah satu berita utama halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (13/1/2016). Selain berita ini, tantangan MEA hingga peringatan HUT ke-86 Pasar Gede menjadi headline.

Simak rangkuman halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu, 13 Januari 2016, berikut;

TANTANGAN MEA: Berani Hadapi Persaingan!

Persaingan yang muncul dengan berlakunya MEA memicu kecemasan pengusaha mebel. Keunggulan sumber daya alam diserukan menjadi faktor yang digarap maksimal.

Hal ini diungkapkan sejumlah pengurus Asosiasi Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) tingkat pusat dan daerah yang dijumpai Espos dalam acara pelantikan pengurus Asmindo Komisariat Daerah (Komda) Klaten di Gedung Arofah, Ceper, Klaten, Selasa (12/1).

Ketua Asmindo Komda Klaten periode 2016-2021, Doddik Sulistiono, kepada Espos mengatakan adanya pasar bebas di tingkat ASEAN memungkinkan adanya minimarket mebel hingga tingkat desa di Indonesia.

“Minimarket mebel itu tak hanya milik kita [pengusaha lokal], tapi juga bisa menjadi milik mereka [pengusaha luar negeri]. Seringkali konsep, modal, dan inovasi produk Indonesia terbilang minim. Makanya, kekhawatiran dampak buruk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) itu tetap ada. Apa kita tega melihat kursi, meja, dan mebel lainnya nanti merupakan produk luar negeri. Itulah tantangan ke depan,” katanya.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

PASAR GEDE: Peringati Ulang Tahun dengan Nawa Duka

Peringatan ulang tahun ke-86 Pasar Gede digelar dengan penuh rasa keprihatinan, Selasa (12/1). Ratusan bakul, juru parkir dan tukang becak yang biasa mangkal di Pasar Gede berkumpul tepat di depan pintu masuk pukul 10.30 WIB.

Mereka yang tergabung dalam Komunitas Pasar Gede (Komppag) itu meninggalkan aktivitas sehari-hari untuk sejenak mengikuti doa bersama. Tiga buah tumpeng nasi kuning, satu tumpeng buah-buahan, serta tumpeng ketan aneka warna meliputi merah, hijau, kuning, merah dan hitam ditata rapi di atas meja. Tumpang itu didoakan dan dimakan bersama-sama.

Sebagian pedagang membentangkan spanduk bertuliskan “Nawa Duka” sebagai wujud keprihatinan pedagang akan kondisi saat ini, utamanya pascapenataan kawasan Pasar Gede.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

PENYELEWENGAN KEUANGAN: Kades Jeruk Jadi Tersangka Korupsi Dana PNPM

Kepala Desa (Kades) Jeruk, Kecamatan Selo, Juminem, 45, menjadi tersangka kasus korupsi program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) periode 2011-2013. Oleh Polres Boyolali, dia disangka mengorupsi dana PNPM 2011-2013 bersama Puji Lestari, 31, warga Dukuh Jeruk RT 010/RW 002, Desa Jeruk, Kecamatan Selo.

Saat tindakan itu dilakukan, Juminem belum menjadi kades. Saat itu, dia adalah ketua kelompok Bodrosari Desa Jeruk yang mendapat pinjaman senilai Rp40 juta. Sementara Puji Lestari adalah koordinator ekonomi (KE) PNPM Desa Jeruk.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

KUNJUNGAN KERJA: Pangdam: Perkuat Tiga Pilar Desa

Pangdam IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Jaswandi, mengingatkan adanya tiga pilar kekuatan desa untuk mencegah gerakan dan aliran radikal. Tiga pilar kekuatan desa itu kepala desa, bintara pembina desa (Babinsa), dan bintara pembinaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas). Selain tiga pilar kekuatan desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda harus dilibatkan.

“Prajurit harus meningkatkan kualitas kerja. Selalu mempererat kerja sama mulai dari desa. Kalau sekarang masih ditemukan [gerakan dan aliran radikal] berarti masih ada ruang yang belum disentuh,” kata Pangdam saat ditemui wartawan seusai ramah tamah dengan

sejumlah pejabat Karanganyar di Kodim 0727/Karanganyar, Selasa (12/1) dalam rangka kunjungan kerja di wilayah itu.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya