SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Rabu, 17 Juni 2015

Solopos hari ini memberitakan kabar-kabar terkini di Soloraya.

Solopos.com, SOLO – Badan Pemeriksa Keuangan Jawa Tengah menilai honorarium dan uang lembur pegawai Pemkab Sukoharjo pada 2014 senilai Rp2,883 miliar membebani keuangan daerah. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kemudian merekomendasikan agar Pemkab Sukoharjo menghentikan pemberian honor dan uang lembur tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar ini menjadi headline halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini, Rabu (17/6/2015). Kabar lain, Anggota Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Stikubank (Kompass) Semarang, Michael Eric Atin, 20, tersesat di Gunung Lawu sejak Minggu (14/6/2015) akhirnya ditemukan padas Selasa (16/6/2015) sekitar pukul 13.02 WIB.

Simak rangkuman berita utama halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu, 17 Juni 2015;

TEMUAN BPK: Honor Rp2 Miliar Bebani Keuangan

Badan Pemeriksa Keuangan Jawa Tengah menilai honorarium dan uang lembur pegawai Pemkab Sukoharjo pada 2014 senilai Rp2,883 miliar membebani keuangan daerah. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kemudian merekomendasikan agar Pemkab Sukoharjo menghentikan pemberian honor dan uang lembur tersebut.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK bernomor 30C/LHP/BPK/XVIII. SMG/05/2015 tertanggal 7 Mei 2015 yang diperoleh Espos, Selasa (16/6), menyebut honorarium senilai Rp2,089 miliar tak seharusnya diberikan kepada pegawai di satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

BPK menilai penerima honor merupakan pegawai yang melakukan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Honor itu seharusnya hanya diberikan kepada pegawai baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun non-PNS yang melakukan kegiatan di luar tugas pokoknya sehari-hari untuk menghasilkan output tertentu.

Informasi yang dihimpun Espos, di Sukoharjo terdapat 58 SKPD. BPK juga menemukan adanya pembayaran honorarium dan uang lembur panitia pelaksana kegiatan yang tumpang tindih. Berdasar hasil pemeriksaan dokumen penganggaran dan realisasi belanja pegawai, 17 SKPD diketahui memberikan honorarium dan uang lembur kepada pegawai yang menjadi panitia pelaksana kegiatan.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Honorarium dan Uang Lembur Rp2,8 Miliar Bebani Keuangan)

WAHANA HIBURAN: Yuk Belajar Sains di Kubah

Bermacam rasi bintang memenuhi angkasa. Meteor bergerak sangat cepat dengan kilatan putih menambah indahnya pemandangan lagit. Luar angkasa menyimpan keindahan yang tiada tara. Masih ada lagi bermacam fenomena alam di luar angkasa yang menyimpan misteri dan keindahan.

Sebagian pemandangan luar angkasa itu kini bisa dinikmati tak hanya malam hari tapi siang hari. Salah satu wahana edutainment di Atrium Broadway The Park Mall Solo Baru Sukoharjo, Space Adventure, dapat memberikan pemandangan itu. Bermacam fenomena alam di luar angkasa disuguhkan melalui video mapping di Space Adventure.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

PENDAKIAN GUNUNG LAWU: Tersesat 2 Hari, Anggota Kompass Ditemukan di Jurang

Anggota Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Stikubank (Kompass) Semarang, Michael Eric Atin, 20, tersesat di Gunung Lawu sejak Minggu (14/6) akhirnya ditemukan padas Selasa (16/6) sekitar pukul 13.02 WIB.

Kondisi warga Dusun Bolok RT 008/RW 004, Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur itu sehat saat ditemukan. Tim kecil gabungan dari Search and Rescue (SAR), Anak Gunung Lawu (AGL), dan lain-lain menemukan Eric di jurang. Anggota AGL, Ito “Emprit”, mengatakan tim kecil bernama SRU2 menemukan Eric di antara pos bayangan hingga Desa Blumbang.

“Dia [Eric] sudah keluar jalur. Dia keluar jalur sekitar 9 km-10 km. Kami menemukan dia di jurang. Kondisinya sehat dan masih bisa berjalan,” kata Ito saat ditemui wartawan di basecamp Cemoro Kandang, Selasa.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Pendaki Asal Kupang Ditemukan di Jurang Gunung Lawu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya