SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Senin, 31 Agustus 2015

Solopos hari ini memberitakan kabar-kabar terkini di Soloraya.

Solopos.com, SOLO – Parmin, 37, warga Dusun/Desa Bonagung, Tanon, Sragen, secara tidak sengaja menemukan fosil tulang yang diduga rahang bawah kuda nil purba di dasar sungai di perbukitan Gunung Tugel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kisah ini menjadi headline halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini, Senin (31/8/2015). Kabar lain, Dusun Karanglo Kulon, Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Triyono, 42, tak sengaja menemukan sumber air saat memanen singkong.

Simak rangkuman berita utama halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senini, 31 Agustus 2015, berikut;

PENEMUAN FOSIL: Cari Mani Gajah Dapat Kuda Nil

Parmin, 37, warga Dusun/Desa Bonagung, Tanon, Sragen, secara tidak sengaja menemukan fosil tulang yang diduga rahang bawah kuda nil purba di dasar sungai di perbukitan Gunung Tugel.

Temuan fosil itu sudah dilaporkan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah yang berkantor di Prambanan, Klaten. Arkeolog dari Museum Purbakala Sangiran juga sudah mencermati temuan fosil itu. “Menurut arkeolog itu, setelah mencermati ciri-cirinya, kemungkinan itu rahang kuda nil,” kata Parmin saat ditemui Espos di rumahnya, Minggu (30/8).

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

SEPEDA SEHAT: Sudah Hampir Pulang Malah Dapat Mobil

Seorang perempuan berjilbab cokelat, mengenakan jaket warna hitam dan rok panjang cokelat, Monaluvi Septiningrum, berjalan agak cepat menuju panggung utama acara sepeda sehat di lapangan Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, Minggu (30/8) siang.

Ekspresinya biasa saja. Padahal nomor undiannya, 4272, diumumkan sebagai peraih hadiah utama acara sepeda sehat, yaitu satu unit mobil Daihatsu Ayla warna putih. Tepuk tangan meriah pun terdengar ketika guru mata pelajaran matematika Madrasah Aliyah PPMI Assalaam ini naik ke panggung. Di panggung, Mona tersenyum tipis. Ia kemudian mendapatkan tiruan kunci mobil berukuran besar dan plakat hadiah utama mobil. Hadiah diserahkan oleh Ketua Pembina Yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta (MPIS), Siti Aminah Abdullah.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

KEBUTUHAN AIR BERSIH: Proyek Sumur Mahal yang Sia-Sia

Ngadini, 29, berjalan tanpa alas kaki menuruni jalan terjal berbatu di Dusun Barong, Desa Galeh, Kecamatan Tangen, Sragen, Sabtu (29/8), untuk mencapai sebuah sumur yang terletak di area persawahan tadah hujan di dusun yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Grobogan itu. Tiap hari dia melakukannya untuk mencuci pakaian atau mengambil air untuk keperluan mandi dan memasak.

Sumur yang harus ditimba dengan tangan dan dicapai dengan susah payah itu menjadi andalan bagi setidaknya 10 keluarga di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan air mereka. “Sumur ini tidak pernah kering sepanjang masa. Di saat sumur warga mengering seperti sekarang ini, ya hanya sumur ini yang diandalkan warga,” kata Ngadini kepada Espos.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

SOLUSI KEKERINGAN: Panen Singkong, Warga Tak Sengaja Temukan Sumber Air

Dusun Karanglo Kulon, Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Triyono, 42, tak sengaja menemukan sumber air saat memanen singkong. Air yang keluar dari dalam tanah itu juga membuat sumur milik Prihanto yang berjarak sekitar 70 meter dari lokasi temuan air kembali terisi.

Kedalaman air di sumur itu mencapai dua meter dan sudah dimanfaatkan pemiliknya untuk mencuci pakaian maupun perabot rumah tangga. Sumber air itu berada di lahan pekarangan milik Iin Wasinem, warga Karanglo Wetan yang tengah merantau. Sedangkan Triyono merupakan penggarap lahan tersebut.

Ditemui Espos di lokasi sumber air, Sabtu (29/8), Triyono bercerita dirinya tiba-tiba merasakan ada air yang muncul di parit ladang saat tengah mencabuti singkong sepekan lalu. “Saya menghentikan panen singkong dan merabaraba tanah sepanjang parit kok basah,” katanya.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya