SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (30/3/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang jumlah kunjungan wisata ke Solo dipastikan meningkat pesat ditunjang kemudahan akses berkat jalan tol serta beragamnya pilihan destinasi wisata diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (30/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua DPC PHRI Surakarta, Joko Sutrisno, dalam Webinar Series Spesial Ramadan 2024: Berwisata di Hari Kemenangan, yang disiarkan di kanal YouTube Espos Live, Kamis (28/3/2024), menyampaikan adanya jalur tol yang melintas di Soloraya menjadikan Solo dan sekitarnya lebih banyak diakses masyarakat luar kota.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Di sisi lain semakin beragamnya destinasi wisata di suatu daerah, juga akan berdampak pada tingkat kunjungan. Sebab dengan begitu wisatawan akan diberikan banyak pilihan. “Apalagi karakter destinasi wisata itu connecting. Jadi [umumnya para wisatawan berpikir] setelah ini ke mana, setelah itu ke mana. Semakin banyak destinasi di kota itu semakin luar biasa lonjakan pengunjung karena ada banyak pilihan,” kata dia.

Dia mengatakan keberadaan destinasi baru tidak akan mematikan destinasi lama yang sudah lebih dulu muncul. Justru akan berlaku sebaliknya. Dia mencontohkan meski ada Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, jumlah pengunjung di destinasi yang sudah ada lebih dulu seperti Waduk Cengklik Park yang dia kelola yang lokasinya ada di Kabupaten Boyolali maupun Bukit Sekipan di Tawangmangu tidak berkurang.

Bahkan menurut dia jumlah kunjungannya meningkat sekitar 30%. Belum lagi saat ini di Solo sekarang juga ada Solo Safari, Pracima Tuin, waterboom, kemudian yang masih dalam penataan ada Taman Balekambang, tentu akan lebih memberikan warna dan pilihan bagi wisatawan. Kemudian ketika destinasi yang bisa dikunjungi hinga malam hari semakin banyak, seperti ada Lokananta, Night Market Ngarsopuro dan lainnya, juga akan jadi daya tarik pemudik.

Minggu Malam, Keraton Solo Gelar Malem Selikuran

SOLO—Tradisi Malem Selikuran akan kembali digelar oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada Minggu (31/3/2024) malam. Sebanyak 1.000 peserta akan mengikuti Hajad Dalem Malem Selikuran tersebut, yang antara lain berupa kirab dari Pagelaran Keraton Solo hingga Taman Sriwedari.

Pengagang Parentah Keraton Solo, K.G.P.H. Adipati Dipokusumo, menjelaskan rute kirab diawali dari Siti Hinggil Bangsal Sewayana Keraton Solo, menuju Pagelaran Sasana Sumewa, Alun-alun Utara, perempatan Gladak, menyusuri Jl. Slamet Riyadi dengan tujuan akhir Segaran Taman Sriwedari.

“Sampai di Sriwedari dilakukan pasrah tinampi Hajad Dalem Malem Selikuran Tumpeng Sewu kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo untuk kemudian didoakan bersama. Setelah doa Hajad Dalem tersebut dibagikan kepada masyarakat atau khalayak yang hadir di arena acara,” jelas dia kepada Espos, Jumat (29/3/2024) siang.

Umbul Pelem Cless… Airnya, Ramah Pelayanannya

Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, menjadi salah satu destinasi wisata populer yang kini kian banyak dikunjungi wisatawan. Sepanjang 2023, wisata air yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sumber Kamulyan itu dikunjungi sekitar 600.000 orang. Jumlah yang cukup fantastis tentunya.

Umbul Pelem berada di tepi jalan raya Tegalgondo-Janti. Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Klaten dengan Kabupaten Boyolali menempati lahan kas desa hampir 9.000 meter persegi. Destinasi wisata itu berdekatan dengan kawasan pemancingan Janti.

Umbul Pelem mudah jangkau. Apabila Anda berada di ruas jalan raya Solo-Jogja, silakan mengambil jalur ke arah Janti dari simpang tiga Tegalgondo dan destinasi wisata air itu berada di sisi kanan jalan yang Anda lalui. Umbul Pelem memiliki aneka wahana di antaranya kolam renang dewasa, kolam anak-anak, kolam balita, kolam pasir, dan mandi busa, hingga waterboom. Di kawasan itu juga dilengkapi flying fox membentang di atas wahana wisata air.

Ada Kemungkinan MK Panggil Menteri

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) membuka peluang untuk menghadirkan empat menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sidang sengketa hasil Pilpres 2024.

Empat menteri tersebut adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, serta Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pemanggilan itu terkait dengan permohonan yang disampaikan oleh tim penasihat hukum pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md. untuk memanggil para menteri tersebut. Akan tetapi Ketua MK, Suhartoyo, mengatakan bahwa pihaknya harus hati-hati terkait pemanggilan ini.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (30/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya