Solopos Hari Ini: Serbuan Gombal Impor

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membakar baju bekas impor senilai Rp9 miliar hasil pengawasan selama Juni 2022-Agustus 2022.

 Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

Solopos.com, KARAWANG — Kementerian Perdagangan (Kemendag) membakar baju bekas impor senilai Rp9 miliar hasil pengawasan selama Juni 2022-Agustus 2022. Sebenarnya Indonesia sudah cukup lama menjadi pasar baju bekas impor dengan nilai puluhan miliar rupiah per tahun.

Sebagian baju bekas impor itu dibakar di Kawasan Pergudangan Grasia, Karawang, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Zulkifli mengatakan total keseluruhan jumlah baju bekas hasil impor tersebut memiliki nilai Rp8,5 miliar hinega Rp9 miliar. Baju bekas yang sudah disusun dalam bentuk bal segel itu masuk dari pelabuhan kecil atau jalan tikus.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Adapun total jumlah pakaian yang didapatkan hasil pengawasan sekitar Juni-Agustus 2022 berjumlah sebanyak 750 bal. Setiap bal berjumlah sekitar 300-400 potong baju bekas. “Beredar baju bekas seperti ini dan yang jelas impor. Yang begini lagi marak, bahaya bagi kesehatan karena bekas dan ada jamurnya,” tutur Zulkifli, Jumat.

Baju bekas impor itu ditemukan di Kawasan Pergudangan Grasia, Karawang, Jakarta Barat. Sebagian dari pakaian itu dimusnahkan kemarin oleh Zulkifli dan sejumlah pejabat Kemendag dan kementerian/lembaga lain.

“Ini masuk melalui pelabuhan-pelabuhan jalan tikus di (perbatasan) Tarakan, tapi dipasarkan ke Jawa bisa, dari Tarakan lalu dibawa ke sini,” kata dia. Alasan kesehatan, kata Zulhas, bukan satu-satunya alasan Kemendag melakukan pengawasan dan penindakan terhadap impor baju bekas dan pelakunya.

Baca juga: Mendag Sebut Bisnis Baju Bekas Boleh, Impornya yang Dilarang

Dampaknya terhadap industri garmen dalam negeri khususnya industri kecil menengah (IKM) dinilai buruk. Apalagi saat pelaku usaha dalam negeri masih dalam proses pemulihan pascapandemi. Kemendag saat ini masih fokus dalam pelarangan impor baju bekas dan luar negeri.

Larangan impor baju bekas itu diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.18/2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

Indonesia Mengulang Kejayaan

SLEMAN — Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam. Satu-satunya gol pada pertandingan yang disaksikan lebih dari 15.000 suporter Indonesia itu dilesakkan oleh gelandang Muhammad Kafiatur Rizky.

Dengan demikian, Indonesia sudah mengoleksi dua gelar juara Piala AFF U-16. Sebelumnya, mereka menjadi kampiun di Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur. Sementara bagi Vietnam, status runner up menyamai pencapaian mereka pada Piala AFF U-16 2016.

Trofi kampiun Indonesia pun menjadi spesial untuk sang pelatih Bima Sakti karena itu menjadi piala juara perdananya selama berkarier sebagai juru taktik. Gelar juara Piala AFF U-16 itu juga menjadi kado spesial pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang akan diperingati pada 17 Agustus mendatang.

Baca juga: Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16, Ini Momen Perayaan Kemenangan

Lebih dari 20.000 suporter Indonesia memadati Stadion Maguwoharjo pada Jumat malam. Mereka memberikan dukungan penuh kepada lqbal, Kaka, Figo, dkk. saat berjuang meraih kemenangan.

Ribuan suporter tersebut terus beryanyi dan berteriak sepanjang pertandingan yang membuat para pemain Vietnam cukup tidak nyaman saat memegang bola. Pada laga itu, Indonesia yang bermain dengan formasi 4-3-3 sempat kesulitan membongkar pertahanan Vietnam setidak-tidaknya pada 10 menit awal. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

Diresmikan Pertengahan November

SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan akan meresmikan miniatur Masjid Sheikh Zayed yang dibangun di lahan bekas Depo Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo. Rencananya peresmian digelar pada pertengahan November 2022.

Rencana tersebut disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, M. Adib, setelah bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jumat (12/8/2022).

“Peresmian itu dirangkaikan dengan Festival Masjid Nasional yang akan digelar di sekitar masjid. Nanti melibatkan peserta seluruh Indonesia. Puncaknya peresmian Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab,” kata dia. Kegiatan selanjutnya groundbreaking Islamic Center di depan miniatur masjid Masjid Sheikh Zayed.

Baca juga: November 2022, Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid Sheikh Zayed

Kegiatan itu juga satu rangkaian dengan kick off program penguatan peran masjid dalam modernisasi beragama. “Masjid sekarang sudah hampir 70%.” jelasnya. Adib menjelaskan progres pembangunan masjid baik dan sedang tahap finishing. Terowongan bakal dibangun untuk menghubungkan miniatur Masjid Sheikh Zayed dengan Islamic Center.

“Pengelola Masjid Sheikh Zayed Solo menyatu dengan pengelolaan Islamic Center,” kata dia. Ditanya mengenai relokasi untuk membangun Islamic Center, Adib menjelaskan diusahakan melalui proposal. Proposal yang diajukan menjadi satu dengan pembangunan miniatur masjid. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kelompok Bersenjata Menyerang, Pekerja Jalan Trans Papua Barat Terluka Tembak

      Polisi masih melakukan pendalaman terkait tersebarnya foto dan video di media sosial tentang empat korban meninggal dunia dalam serangan kelompok bersenjata tersebut.

      Khawatir Ada Peledak, Buronan MIT Poso yang Tewas Belum Dievakuasi

      Hingga berita ini diturunkan aparat Satgas Madago Raya belum mengevakuasi jasad tersangka DPO MIT Poso karena mencurigai ada bahan peledak dalam ranselnya.

      Pemuda Katolik Jateng: Usut Tuntas Mutilasi Saksi Kasus Korupsi Semarang

      Pemuda Katolik meminta kepada aparat kepolisian, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan agar segera menangkap aktor intelektual dalam kasus kematian ini.

      Ferdy Sambo segera Disidang, Ibunda Brigadir J: Semoga Kebenaran Terungkap

      Ibunda Brigadir J, Rosti Hutabarat berharap sidang kasus pembunuhan anaknya nanti dapat mengungkapkan kebenaran sesungguhnya.

      Jalankan Skenario Ferdy Sambo, Eks Kasatreskrim Polres Jaksel Disidang Etik

      Mereka dianggap ikut dalam skenario rekayasa kematian Brigadir J yang dibuat Ferdy Sambo. 

      Meratus, Kerak Samudera Tertua Indonesia Menuju Geopark Kelas Dunia

      Kawasan pegunungan tua di tenggara Pulau Kalimantan serta membelah Provinsi Kalimantan Selatan, Meratus, tengah diajukan dalam deretan taman bumi atau geopark kelas dunia.

      Miliki Kokain di Bali, Warga Selandia Baru Terancam Hukuman Mati

      Warga Selandia Baru berinisial MP, 42, itu dibekuk aparat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali pada 30 Agustus 2022 lalu.

      Segera Daftar! Pendaftaran Beasiswa BPI Kemdikbudristek Ditutup Besok

      Melalui pembukaan BPI gelombang kedua itu, Kahar berharap pemerintah dapat membantu masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

      Investasi Batu Bara Yusuf Mansur Diusut: Dugaan Penipuan hingga Pencucian Uang

      Bisnis batu bara itu diikuti ratusan jemaah Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur, Bogor, Jawa Barat dengan nilai investasi lebih dari Rp50 miliar.

      Bareskrim Polri Usut Investasi Batu Bara Yusuf Mansur, 4 Investor Diperiksa

      Bareskrim Mabes Polri memanggil 10 orang investor batu bara Yusuf Mansur untuk dimintai keterangan pada Rabu (28/8/2022).

      Bak Film Selamatkan Bumi, Pesawat NASA Tabrak Diri ke Asteroid

      Layaknya film Armageddon, pesawat luar angkasa NASA menabrakkan diri ke asteroid raksasa untuk menyelamatkan Bumi.

      Ini Sosok Jenderal yang Diculik PKI, Salah Satunya Lahir di Sragen

      Berikut ini Solopos.com rangkumkan jenderal yang diculik dan dibunuh PKI pada peristiwa G30S/PKI.

      KPK akan Panggil Lagi Gubernur Papua Lukas Enembe

      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memanggil kembali Gubernur Papua, Lukas Enembe, untuk diperiksa sebagai tersangka.

      MK Tolak Gugatan PKS, Presidential Threshold Tetap 20 Persen

      MK menolak gugatan pengujian Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilihan Umum berkaitan dengan presidential threshold 20 persen yang diajukan PKS.

      Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs P21, Pengacara Bharada E: Fokus Persiapan Mental

      Pengacara Bharada E, Ronny Talapesy, mengatakan pihaknya fokus mempersiapkan mental Bharada E setelah Kejagung menyatakan berkas perkara pembunuhan Brigadir J lengkap.

      Bela Lukas Enembe, AHY: Dia Sering Dikriminalisasi dan Dipolitisasi

      Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengatakan Gubernur Papua Lukas Enembe sering mengalami kriminalisasi dan politisasi.