Solopos Hari Ini: Segera Perbaiki Sistem Peringatan Dini Tsunami
Solopos hari ini (E-Paper Solopos)

Solopos.com, SOLO – Kementerian Koordinator Kemaritiman menyiapkan draf peraturan persiden (perpres) sebagai payung hukum untuk pencegahan dan penanganan bencana alam secara terintegrasi dan terpadu. Mereka menilai perbaikan sistem peringatan dini tsunami mendesak dilakukan. Tsunami di Selat Sunda menjadi pelajaran karena Indonesia memiliki gunung aktif di tengah laut.

Tsunami di Selat Sunda, Sabtu (22/12/2018), diduga dipicu longsoran dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Tidak adanya peringatan dini dalam kejadian itu karena BMKG tidak memiliki alat untuk memantau potensi tsunami dari aktivitas kegunungapian. Tsunami yang menerjang Banten dan Lampung itu menyebabkan 429 orang meninggal, 1.485 orang luka-luka, 154 orang hilang, dan 16.082 orang mengungsi.

Kabar mengenai desakan perbaikan sistem peringatan dini tsunami menjadi headline pada harian umum Solopos edisi Rabu (26/12/2018). Berita tersebut bisa dibaca selengkapnya di E-Paper Solopos.

Selain itu, harian umum Solopos juga menyajikan kabar utama mengenai pencairan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) yang diwarnai drama. Orang tua siswa yang mendapatkan bantuan tersebut harus berjuang hingga menginap semalaman di emperan toko demi mendapatkan perlengkapan sekolah gratis.

Drama Pencairan BPMKS

Sejumlah orang tua siswa penerima BPMKS mengeluhkan sulitnya mencairkan bantuan tersebut. Mereka terpaksa mengantre di toko penyalur bantuan sejak subuh demi mendapatkan peralatan sekolah gratis. Namun, mereka kecewa karena ditolak saat tengah hari kembali ke toko untuk mengambil jatah bantuan. Nomor antrean mereka dianggap hangus karena tidak ada saat dipanggil.

Baca selengkapnya di E-Paper.

Natal, Harga Pangan di Solo Meroket

Bersamaan dengan momentum Natal, harga sejumlah bahan pangan di Solo meningkat, bahkan ada yang melebihi harga acuan yang ditetapkan pemerintah. Harga telur ayam ras misalnya pada Senin (24/12) mencapai Rp25.000/kg. Sebelumnya harga telur ayam ras Rp22.000/kg kemudian meningkat secara bertahap. Hal yang sama terjadi pada daging ayam ras yang harganya menembus Rp37.000/kg.

Baca selengkapnya di E-Paper.

Pada halaman Soloraya ada kabar tentang tujuh kios di Pasar Bunder yang terbakar, Selasa (25/12/2018). Ada juga tentang kabar surat keterangan tidak mampu yang dipakai sebagai pertimbangan keringanan atau pertimbangan biaya sekolah.

Kebakaran Pasar Bunder

Tujuh kios di Pasar Bunder, tepatnya di utara Jl. Diponegoro Sragen terbakar, Selasa (25/12). Dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) yang tiba di lokasi sekitar pukul 17.10 WIB langsung memadamkan api. Hingga pukul 17.45 WIB, tim damkar masih berusaha melakukan pendinginan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tasripin mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini. Dia juga belum memastikan penyebab terjadinya kebakaran.

Baca selengkapnya di E-Paper.

SKTM Tak Lagi Jadi Syarat

Rencana itu diungkapkan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Solo, Makmur Sugeng. SKTM hanya digunakan untuk pertimbangan mendapatkan keringanan atau pembebasan biaya sekolah setelah siswa bersangkutan diterima di sekolah.

Hal serupa dinyatakan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Solo dan Sukoharjo, Jasman Indradno. Dia membenarkan bila SKTM nantinya tak lagi menjadi persyaratan penerimaan siswa baru. Perubahan lain yang direncanakan diterapkan terkait PPDB SMA 2019 di Solo adalah perubahan zonasi berdasarkan kelurahan, bukan lagi kecamatan seperti pada PPBD 2018.

Baca selengkapnya di E-Paper.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom