SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Sabtu-Minggu (10-11/12/2022).

Solopos.com, SLEMAN — Hari Sabtu (10/12/2022) menjadi hari bahagia bagi Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, dan Erina Sofia Gudono, yang melangsungkan pernikahan di Pendapa Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Hari bahagia itu bersambung ke Minggu (11/12/2022), dengan digelarnya prosesi ngundhuh mantu di Loji Gandrung, dilanjutkan kirab pengantin di sepanjang Jl. Slamet Riyadi hingga Pura Mangkunegaran. Di Pendapa Pura Mangkunegaran digelar resepsi tasyakuran pernikahan yang terbagi dalam dua sesi yaitu pagi hari mulai pukul 09.00 WIB hingga siang hari, serta sesi malam hari mulai pukul 19.00 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Upacara akad nikah dan resepsi yang digelar di Pendapa Royal Ambarrukmo berlangsung relatif lebih sederhana. Tamu undangan berjumlah terbatas, lebih kurang 150 orang yang terutama dari kalangan keluarga dan kerabat. Setelah prosesi akad nikah, di Pendapa Ambarrukmo berlangsung acara panggih dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan.

Terkait acara, General Manager Royal Ambarrukmo, Herman Courbois, menjelaskan Kaesang bakal menaiki kereta kuda setelah prosesi akad nikah. “Setelah akad nikah, nanti ganti baju, baru dia datang lagi naik kereta kuda,” jelasnya saat dihubungi Solopos, Jumat (9/12/2022). Untuk transportasi tamu, kata Herman, masing masing akan pakai mobil sendiri.

Khusus rombongan keluarga menggunakan bus. “Kebanyakan ini dari keluarga, keluarga didrop pakai bus, kemudian tamu-tamu lainnya pakai mobil sendiri,” kata dia. Herman mengatakan telah menyediakan parkir khusus bagi para tamu. “Hotel punya lahan parkir yang cukup luas, terus kami punya mal yang di sebelahnya, di sana saya blok untuk parkir tamu-tamu kami,” jelas Herman.

Seperti halnya persiapan acara resepsi tasyakuran pernikahan di Solo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga mengecek kesiapan lokasi akad nikah Kaesang dan Erina. Ketiga menteri kompak memantau sejumlah sudut Pendapa Royal Ambarrukmo, Jumat sore. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Sabtu-Minggu (10-11/12/2022).

Kedekatan dan Kesetiaan dalam Sajian Kuliner

SOLO — Sejumlah hidangan telah disiapkan untuk pernikahan putra Presiden Jokowi Widodo, Kaesang Pangarep. Selasa (29/11/2022). Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, juga melakukan uji makanan di Pura Mangkunegaran. Hidangan yang diuji coba tersebut memiliki latar belakang filosofis. Sebut saja makanan berbahan ketan. Olahan ketan seperti jadah dan wajik familier hadir di acara-acara pernikahan.

Sebab, ketan diartikan dengan Keraketan alias kedekatan. Tentunya, sajian yang juga kerap dipakai untuk oleh-oleh lamaran itu diberikan dengan harapan kedua keluarga semakin dekat. Masuknya daftar makanan tersebut dikonfirmasi oleh salah satu karyawan Katering Sonokembang. Katering tersebut yang mempersiapkan hidangan dalam acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono, Minggu (11/12/2022).

“Semua menu makanan memang untuk acara pernikahan di Solo. Ada steamboat, sup iga bakar hingga aneka puding,” kata dia. Kemudian ada bebek peking. Sajian ini berupa daging bebek yang disajikan cukup lembut dipadu dengan mi dan diguyur kuah hitam yang gurih. Bebek peking sendiri disebut sebagai makanan mewah yang menjadi favorit anggota kerajaan Dinasti Ming dan melambangkan kesetiaan.

Selanjutnya ada minuman segar seperti es kopyor. Aneka kue mini atau mini cake, pudding berbagai rasa, sayur-sayuran, sea food, telur, dan daging. Juga klepon, makanan bertabur parutan kelapa yang memiliki filosofi kesejahteraan. Tamu undangan bakal masuk ke area Pamedan, bagian depan Pura Mangkunegaran.

Di lokasi itulah para tamu dijamu. Kuliner-kuliner tersebut dinyatakan siap dihidangkan pada hari H. Tak sekadar menu, namun daftar makanan yang sarat filosofi. Tentu saja hadirnya makanan tersebut sekaligus mengantar harapan bahwa kedekatan dan kesetiaan selalu terjalin antara Kaesang-Erina, serta keluarganya, dalam bingkai kesejahteraan. Selengkapnya di halaman Weekend Harian Solopos edisi Sabtu-Minggu (10-11/12/2022).

 

Untuk membaca Harian Solopos edisi Sabtu-Minggu (10-11/12/2022). Ikuti tautan berikut: Edisi Khusus Pernikahan Kaesang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya