Solopos Hari Ini: Rakyat Diminta Bertahan

Koran Solopos hari ini menyajikan sejumlah berita salah satunya soal pernyataan Presiden Jokowi yang meminta masyarakat dan pengusaha kecil bertahan di tengah pandemi.

 Koran Solopos hari ini, Sabtu (31/7/2021). (Solopos.com/Kaled Hasby Ashshidiqy)

SOLOPOS.COM - Koran Solopos hari ini, Sabtu (31/7/2021). (Solopos.com/Kaled Hasby Ashshidiqy)

Solopos.com, SOLO — Koran Solopos hari ini, Sabtu (31/7/2021), hadir dengan ulasan utama tentang ketahanan Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 yang menjadi sorotan dengan tingginya jumlah kematian dan penularan. Pembahasan ini ada di berita headline berjudul Rakyat Diminta Bertahan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menolak lockdown di tengah keterpurukan ekonomi warga. Jokowi meminta pelaku usaha mikro dan kecil untuk bekerja lebih keras dan tetap bertahan di masa pandemi Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat membagikan Banpres Produktif kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021). Presiden menerangkan semua kalangan melewati situasi yang tidak mudah selama pandemi. Tidak hanya usaha mikro dan kecil, pengusaha kelas menengah dan besar juga mengalami kondisi serupa.

Baca Juga: Cuekin Gubernur Ganjar Saat Kunjungan ke Kendal, Mendagri Minta Maaf

Selain itu, katanya, keterpurukan ekonomi tidak hanya dilewati oleh pebisnis lokal, akan tetapi menjalar hingga di tingkat global. Pemerintah juga akhirnya mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dilanjutkan dengan PPKM Level 4 untuk membendung penularan Covid-19. Ini khususnya setelah vanan Delta terdeteksi masuk Indonesia.

Anda bisa mengakses berita lain di Koran Solopos hari ini, beberapa cuplikan di antaranya:

Dugaan Pungli Jutaan Rupiah di Tengah Makam

Salah satu keluarga di RT002/ RW003 Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, diduga menjadi korban pungutan liar (pungli) saat memakamkan jenazah positif Covid 19, Kamis (29/7/2021) malam.

Mereka dimintai uang Rp6 juta oleh penggali kubur di Tempat Permakaman Umum (TPU) Daksinoloyo, Danyung, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Kendati berlokasi di Sukoharjo, TPU tersebut dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Ketua RT 002/RW 003 Kelurahan Kedunglumbu, Sardjiman, mengisahkan keluarga dekat jenazah tersebut mayoritas berada di luar Pulau Jawa. Karena. itu, dirinya mendapatkan amanah untuk mengurus pasien saat mulai sakit hingga meninggal dunia.

Baca Juga: Epidemiolog UI Peringatkan Indonesia Masuk Pandemic Trap dan Berikan Saran Ini

Perpuhi & Amphuri Tunggu Aturan

Ibadah umrah ke Arab Saudi yang direncanakan kembali dibuka pada 10 Agustus 2021 menjadi angin segar bagi umat muslim di Tanah Air. Namun, Indonesia masuk daftar sembilan negara yang mesti menjalani karantina selama 14 hari di negara ketiga sebelum masuk ke Arab Saudi.

Kini biro perjalanan umrah tinggal menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Agama terkait umrah sekaligus berharap syarat untuk peserta umrah asal Indonesia dipermudah.

Ketua Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Solo, Her Suprabu, mengatakan prinsipnya Pemerintah Arab Saudi sudah mengizinkan umrah untuk negara-negara lain. Akan tetapi, Indonesia masuk daftar negara yang jemaahnya diharuskan karantina dulu sebelum umrah.

“Kabar baik ini sudah kami informasikan kepada anggota termasuk jemaahnya. Kebijakan ini tak terlepas dari situasi pandemi di Indonesia. Kami berharap membaik sehingga Indonesia mendapatkan kelonggaran dari Arab Saudi,” ujar dia saat dihubungi Espos, Jumat (30/7/2021).

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa Anda simak diĀ Espos Premium.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Tertimbun Rumah Roboh di Jakarta Barat, Ibu-Bayi Meninggal Berpelukan

Seorang ibu bernama Ita, 40, dan bayinya yang berusia 4 bulan karena tertimbun reruntuhan rumah hingga meninggal dunia di Jakarta Barat.

10 Berita Terpopuler: Solo Tak Jadi Daerah Istimewa, 2 Teman Berkelahi

Ulasan tentang kenapa Kota Solo tidak menjadi daerah istimewa seperti Yogyakarta menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (24/10/2021) pagi.

Pasukan Siber dan Propaganda di Media Sosial Mengancam Demokrasi

Penelitian kolaboratif tentang pasukan siber dan kerja-kerja mereka ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan perdebatan publik mengenai dampak mobilisasi dan aktivitas mereka.

Solopos Hari Ini: Usulan Arus Bawah Versus Elite, Bunuh Teman Sendiri

Harian Solopos Hari Ini, Minggu (24/10/2021), mengangkat headline terkait deklarasi dukungan calon presiden (capres) 2024 dari arus bawah.

Sejarah Hari Ini : 24 Oktober 1929, Kehancuran Wall Street

Beraneka peristiwa yang terjadi pada 29 Oktober dari berbagai penjuru dunia terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Senin, Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Agama Hindu

Sukmawati Soekarnoputri bakal menjalani sejumlah ritual saat upacara Sudhi Wadani atau pindah ke agama Hindu di Kota Singaraja, Bali.

Posisi Berangkulan, Mayat Sejoli di Tasikmalaya Bikin Geger

Penemuan mayat sepasang lelaki dan perempuan atau sejoli di Tasikmalaya menggegerkan warga karena ditemukan dalam kondisi berangkulan.

Aktivitas Gunung Berapi Jadi Pemicu Rentetan Gempa Salatiga-Ambarawa?

Rentetan gempa atau gempa swarm terjadi di wilayah Kota Salatiga-Ambarawa sepanjang Sabtu (23/10/2021).

Aksi Mantan Kapolsek Parigi Terungkap dari Chat Mesra Lewat WA

Aksi mantan Kapolsek Parigi, Iptu IDGN, yang diduga memerkosa anak tersangka kasus pencurian ternak, S, 20, sebanyak dua kali terungkap melalui chat mesra di WhatsApp.

Elektabilitas Ganjar Naik Terus, PDIP Malah Sebut Survei Bukan Patokan

Elektabilitas Ganjar Pranowo kini menyamai Prabowo Subianto menurut survei Litbang Kompas. PDIP menyebut pemimpin bangsa tidak ditentukan oleh survei.

Selain Dipecat, Kapolsek Parigi yang Lakukan Perkosaan Juga Dipidana

Kapolda Sulteng pastingan proses pidana Kapolsek Parigi yang memperkosa anak dari tersangka pencurian ternak jalan terus.

Buruan Daftar! Kemenaker Buka Beasiswa 1000 Talenta Santri

Kemenaker membuka pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri bagi santri di seluruh Indonesia dalam bentuk program pelatihan.

Sidik Pinjol yang Bikin Ibu Wonogiri Bunuh Diri, Bareskrim Sita Rp20 M

Bareskrim Polri menyita Rp20 miliar dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Solusi Andalan Bersama yang diduga menaungi pinjol ilegal yang membuat ibu di Wonogiri bunuh diri.

Polisi Tangkap Bos Pinjol Pemicu IRT di Wonogiri Gantung Diri

Polisi menangkap bos perusahaan pinjol ilegal yang diduga menyebabkan IRT di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah meninggal gantung diri karena tidak kuat menahan teror pinjol ilegal.

Anggotanya Diduga Perkosa Anak Tersangka, Kapolda Sulteng Minta Maaf

Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Rudy Sufahriadi, meminta maaf kepada masyarakat buntut kasus Kapolsek Parigi yang memerkosa anak tersangka.

Diduga Perkosa Anak Tersangka, Kapolsek Parigi Dipecat Tidak Hormat

Kapolsek Parigi, Iptu IDGN, yang diduga memerkosa anak tersangka diberhentikan secara tidak hormat setelah menjalani sidang kode etik, Sabtu (23/10/2021).