SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (9/6/2023).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (9/6/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, Rakernas berakhir dengan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada seluruh anggota dan kader partai untuk mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu ditegaskan Megawati saat menutup Rakernas III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023). Perintah dukungan bagi pemerintah dan pemenangan itu menjadi bagian dari perintah harian ketua umum yang disampaikannya.

Perintah pertama adalah meminta kader memperhebat kerja gotong royong Tiga Pilar Partai, yakni struktural, legislatif, dan eksekutif, bersama pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres K.H. Ma’ruf Amin dalam memerangi kemiskinan ekstrem.

Lebih lanjut, Megawati meminta seluruh anggota dan kader partai untuk menyiapkan seluruh tahapan Pemilu dengan mendetail. Ketiga, para kader harus turun ke bawah bersama rakyat. “Satukan jiwamu, hatimu, dan segenap akal budimu, dengan menyatu dengan rakyat. Itulah syarat terpenting menang Pemilu,” kata Megawati.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (9/6/2023).

Pasar Mebel Solo Bakal Jadi Daya Tarik Baru

SOLO–Satu lagi pasar khusus di Solo bertambah dengan peresmian dimulainya pembangunan Pasar Mebel Solo, Kamis (8/6/2023). Pasar tersebut akan menampung seluruh pedagang pasar mebel lama, dan akan menjadi bangunan pasar yang unik di Kota Solo.

Sesuai kontrak, pembangunan pasar yang ada di lahan bekas Bong Mojo di Jl. Mojo, Jebres, Solo, tersebut dimulai pada 29 Mei lalu dan ditargetkan selesai pada 24 November 2023 nanti. Pada Kamis (8/6/2023), telah dilakukan peletakan batu pertama oleh Kepala Dinas Perdagangan, Heru Sunardi, serta sejumlah pihak terkait.

Pasar mebel yang baru nantinya akan menempati lahan seluas 6.000 meter persegi. Pasar tersebut akan menggantikan pasar yang lama yang sebelumnya berada di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Pembangunan Pasar Mebel di Jl. Mojo dirancang untuk menampung semua pedagang yang ada di pasar mebel sebelumnya, yakni ada 18 pedagang kios, 67 pedagang los dan 11 pedagang pelataran.

Pasar tersebut juga akan memiliki sejumlah fasilitas seperti pos keamanan, kantin, kantor pengelola pasar, dan musala. “Secara existing, jumlah pedagang nanti seperti yang ada di pasar sebelumnya. Artinya kami tidak menambah atau mengurangi jumlah pedagang di pasar sebelumnya,” kata Heru.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (9/6/2023).

Dili Rasa Soloraya

Kali pertama ke Kota Dili, Timor Leste, empat hari menjelang pemilu parlemen di negeri itu yang berlangsung 21 Mei 2023, ada berbagai cerita yang membuat saya kaget. Selama tiga hari, saya banyak berdiskusi dan mengobrol dengan para aktivis prodemokrasi, wartawan, juga teman-teman di sana.

Kok tidak jauh berbeda dengan di Indonesia ya. Maklum, Timor Leste memiliki hubungan dekat dengan Indonesia, pernah menjadi provinsi ke-27. Mereka resmi lepas dari Indonesia pada 20 Mei 2022. Bahasa Indonesia juga masih dipakai sebagian warga menjadi bahasa kerja (working language) di samping bahasa Inggris. Sedangkan bahasa sehari-hari adalah Tetun dan Portugis.

Pertama, soal hoaks. Sebagaimana di Asia umumnya yang tingkat literasinya belum tinggi, masyarakat Timor-Leste juga mudah percaya hoaks. Saat pandemi, misinformasi soal Covid-19 banyak beredar. Hoaks politik terutama menjelang pemilu juga bertebaran.

Kedua, masalah sosial yang dihadapi Indonesia dan Timor-Leste tidak jauh berbeda. Saya kaget ketika dikasih tahu terjadi gesekan sosial antarperguruan silat. Saya tersenyum kecut. Kok seperti di beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah ya. Ini Kota Dili rasa Soloraya.

Teman dari Dewan Pers Timor Leste bercerita sudah lama perguruan silat asal Indonesia berkembang. Banyak penggemarnya.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (9/6/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya