SOLOPOS.COM - Solopos Hari Ini Sabtu (15/10/2016)

Solopos hari ini mengabarkan ribuan orang turun ke jalan untuk mendemo Ahok yang menyinggung umat Islam.

Solopos.com, SOLO — Aksi damai memprotes pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), terkait Surat Al Maidah ayat 51 terjadi di sejumlah tempat. Di Solo, aksi ribuan orang dari berbagai ormas Islam membuat kawasan Manahan ditutup hingga 30 menit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan Espos, massa aksi berkumpul di Lapangan Kota Barat, Mangkubumen, Banjarsari, pukul 13.30 WIB. Mereka lantas berjalan kaki ke Mapolresta Solo. Sebuah mobil truk dan pikap berhenti tepat di pintu masuk Mapolresta dan dijadikan sebagai mimbar untuk berorasi. Perwakilan massa di antaranya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo, Laskar Umat Islam Solo (LUIS), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Hizbullah, dan lainnya bergantian berorasi.

Kabar ribuan umat Islam Solo melakukan aksi damai memprotes Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menjadi headline Harian Umum Solopos hari ini. Solopos hari ini juga mengabarkan pelantikan Menteri ESDM, pemberantasan pungli, dan fasilitas informasi publik. Simak kabar Solopos hari ini, Sabtu (15/10/2016):

PELANTIKAN JONAN : Presiden Minta Reformasi Total

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru, Ignasius Jonan, dan wakilnya, Arcandra Tahar melakukan reformasi besarbesaran di sektor energi dan sumber daya mineral.

Di sisi lain, pelantikan mendadak dua pejabat negara itu sontak mendapat kritik tajam baik dari partai pendukung maupun partai oposisi. ”Saya yakin keduanya adalah figur-figur profesional yang tepat, yang berani, yang punya kompetensi untuk melakukan reformasi besar-besaran di ESDM,” kata Presiden setelah melantik Jonan dan Archandra di Istana Negara Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

PEMBERANTASAN PUNGLI : 2 Polisi Polsek Jatipuro Diperiksa Propam

Dua anggota Polsek Jatipuro, Karanganyar, diperiksa Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) terkait dugaan pungutan liar (pungli) yang mereka lakukan terhadap pengusaha rental play station (PS) di Desa Jatiharjo, Jatipuro.

Pengusaha rental Play Station (PS) asal Desa Jatiharjo, Jatipuro, Karanganyar, Ronny Sujarwanto, mengaku kena pungutan liar (pungli) oleh dua anggota Polsek Jatipuro. Peristiwa tersebut terjadi Kamis (13/10/2016) sekitar jam 14.40 WIB. Saat itu dia sedang di rumah bersama keluarganya. Tiba-tiba dua anggota polisi berinisial HM dan J, datang. Mereka berseragam dan membawa mobil dinas.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

FASILITAS INFORMASI PUBLIK : Pesan Moral dan Suara Masyarakat dalam TV Berwarna

Videotron di kota besar biasanya menjadi media iklan komersial. Di Sragen, videotron hanya menayangkan pesan moral dan suara komunitas. Cahaya matahari terpantul dari besi merah yang membingkai videotron berukuran 4 meter x 6 meter di sudut timur laut kompleks Atrium Sragen.

Layar lebar itu berdiri megah disangga enam tiang beton berbentuk gading gajah raksasa. Tayangan di televisi jumbo itu menjadi perhatian setiap warga yang melintasi Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen atau di Jl. Raya Sukowati. Videotron senilai Rp1,3 miliar itu belum genap sebulan dioperasikan.

Selama 15 menit duduk di pinggir air mancur raksasa, ada 11 video yang muncul silih berganti. Tayangan ajakan kepada warga tetap berbelanja di pasar tradisional dengan berbagai kemudahan menjadi video pertama. Ada pula pesan moral larangan menembak burung dan menggunakan ponsel saat mengendarai motor karena berakibat fatal.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya