Tutup Iklan

SOLOPOS HARI INI : Protes Ahok, Ribuan Orang Turun ke Jalan

SOLOPOS HARI INI : Protes Ahok, Ribuan Orang Turun ke Jalan

SOLOPOS.COM - Solopos Hari Ini Sabtu (15/10/2016)

Solopos hari ini mengabarkan ribuan orang turun ke jalan untuk mendemo Ahok yang menyinggung umat Islam.

Solopos.com, SOLO — Aksi damai memprotes pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), terkait Surat Al Maidah ayat 51 terjadi di sejumlah tempat. Di Solo, aksi ribuan orang dari berbagai ormas Islam membuat kawasan Manahan ditutup hingga 30 menit.

Berdasarkan pantauan Espos, massa aksi berkumpul di Lapangan Kota Barat, Mangkubumen, Banjarsari, pukul 13.30 WIB. Mereka lantas berjalan kaki ke Mapolresta Solo. Sebuah mobil truk dan pikap berhenti tepat di pintu masuk Mapolresta dan dijadikan sebagai mimbar untuk berorasi. Perwakilan massa di antaranya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo, Laskar Umat Islam Solo (LUIS), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Hizbullah, dan lainnya bergantian berorasi.

Kabar ribuan umat Islam Solo melakukan aksi damai memprotes Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menjadi headline Harian Umum Solopos hari ini. Solopos hari ini juga mengabarkan pelantikan Menteri ESDM, pemberantasan pungli, dan fasilitas informasi publik. Simak kabar Solopos hari ini, Sabtu (15/10/2016):

PELANTIKAN JONAN : Presiden Minta Reformasi Total

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru, Ignasius Jonan, dan wakilnya, Arcandra Tahar melakukan reformasi besarbesaran di sektor energi dan sumber daya mineral.

Di sisi lain, pelantikan mendadak dua pejabat negara itu sontak mendapat kritik tajam baik dari partai pendukung maupun partai oposisi. ”Saya yakin keduanya adalah figur-figur profesional yang tepat, yang berani, yang punya kompetensi untuk melakukan reformasi besar-besaran di ESDM,” kata Presiden setelah melantik Jonan dan Archandra di Istana Negara Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

PEMBERANTASAN PUNGLI : 2 Polisi Polsek Jatipuro Diperiksa Propam

Dua anggota Polsek Jatipuro, Karanganyar, diperiksa Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) terkait dugaan pungutan liar (pungli) yang mereka lakukan terhadap pengusaha rental play station (PS) di Desa Jatiharjo, Jatipuro.

Pengusaha rental Play Station (PS) asal Desa Jatiharjo, Jatipuro, Karanganyar, Ronny Sujarwanto, mengaku kena pungutan liar (pungli) oleh dua anggota Polsek Jatipuro. Peristiwa tersebut terjadi Kamis (13/10/2016) sekitar jam 14.40 WIB. Saat itu dia sedang di rumah bersama keluarganya. Tiba-tiba dua anggota polisi berinisial HM dan J, datang. Mereka berseragam dan membawa mobil dinas.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

FASILITAS INFORMASI PUBLIK : Pesan Moral dan Suara Masyarakat dalam TV Berwarna

Videotron di kota besar biasanya menjadi media iklan komersial. Di Sragen, videotron hanya menayangkan pesan moral dan suara komunitas. Cahaya matahari terpantul dari besi merah yang membingkai videotron berukuran 4 meter x 6 meter di sudut timur laut kompleks Atrium Sragen.

Layar lebar itu berdiri megah disangga enam tiang beton berbentuk gading gajah raksasa. Tayangan di televisi jumbo itu menjadi perhatian setiap warga yang melintasi Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen atau di Jl. Raya Sukowati. Videotron senilai Rp1,3 miliar itu belum genap sebulan dioperasikan.

Selama 15 menit duduk di pinggir air mancur raksasa, ada 11 video yang muncul silih berganti. Tayangan ajakan kepada warga tetap berbelanja di pasar tradisional dengan berbagai kemudahan menjadi video pertama. Ada pula pesan moral larangan menembak burung dan menggunakan ponsel saat mengendarai motor karena berakibat fatal.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Menag Sikapi Keputusan Haji 2021 Arab Saudi

Menteri Agama Yaqaut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah tidak lagi fokus pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 setelah keputusan Arab Saudi.

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.