SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (30/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang DPR meminta pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Senin (30/10/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, jaminan netralitas ini penting lantaran putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi cawapres bagi Prabowo Subianto. ”Ini harus bagaimana kontestasi ke depan. Ini demokrasi yang mau kita jalankan,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR, Aria Bima, saat dijumpai di acara sosialisasi BUMN bertema Peran Pertamina Geothermal Energy (PGEO) Dalam Proses Transisi Energi Bersih dan Keberlanjutan di Solo, Sabtu (28/10/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ia mengatakan dalam hal ini DPR mendukung penuh keinginan presiden agar ada netralitas aparat negara dalam proses pemilihan presiden. Oleh karena itu, ia berharap agar aparat negara dapat secara netral menjaga kehormatan Presiden Jokowi sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan yang saat ini putra sulungnya menjadi calon wakil presiden.

”Saya tidak ingin hanya karena inisiasi masing-masing aparat untuk mendukung Pak Prabowo misal dengan Pak Gibran, nanti mencederai nama baik Pak Jokowi yang sudah jelas mengatakan bahwa Pak Joko Widodo sebagai presiden walaupun putranya yang direstui menjadi wakil presiden ini tetap dia pada posisi netral,” katanya.

Bahkan, menurut dia saat ini netralitas aparat negara yang ada di bawah pemerintahan Presiden Jokowi sangat dicermati dan disorot oleh masyarakat luas, baik kalangan pegiat demokrasi maupun partai politik. ”Dan ini betul-betul pernah dilakukan Pak Jokowi pada 2014 dan 2019. Jangan sampai ada hal yang dicederai oleh aparat yang berinisiasi ya Babinsa, Kodim, Koramil, Kapolsek, Kapolres,” katanya.

Para Calon Sekda Bicara Kualitas ASN

SOLO—Kualitas aparatur sipil negara (ASN) sama-sama menjadi perhatian dari ketiga calon Sekretaris Daerah (Sekda) Solo dalam acara debat yang digelar di Balai Kota Solo pada Sabtu (28/10/2023) malam. Ketiga calon Sekda itu adalah Kepala Badan Kepegawaian Keuangan dan Aset Daerah Kota Solo, Budi Murtono; Sekretaris DPRD Kota Solo, Kinkin Sultanul Hakim; dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Solo, Tulus Widajat.

Ketiganya harus menanggapi pula lima panelis yang mengajukan sejumlah pertanyaan. Panelis itu adalah Dekan FISIP UNS, Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, yang mewakili akademisi, dan perwakilan birokrat Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta Dwi Laksono. Ada pula perwakilan tokoh masyarakat yaitu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (K.G.P.A.A.) Mangkunegoro X. Kalangan media massa diwakili Pemimpin Redaksi Solopos, Rini Yustiningsih, sedangkan Sulistriana dari Bank Indonesia mewakili kalangan dunia usaha dan perbankan.

Semua panelis mengajukan pertanyaan kecuali Mangkunagoro X yang membacakan kesimpulan. Dwi Laksono menyampaikan pertanyaan upaya Sekda dalam manajemen supaya ASN dapat memberikan pelayanan publik sesuai tuntutan masyarakat. Kemudian Rini menyampaikan pertanyaan bagaimana menggerakkan motivasi ASN di saat kebutuhan dan pemenuhan ASN.

Ekspor Ikan Hias Indonesia Naik

JAKARTA—Nilai ekspor ikan hias di Indonesia mengalami tren positif pada semester I tahun 2023, yakni mencapai US$20,5 juta atau setara Rp325 miliar. Jumlah ini meningkat 16,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ekspor ini berbanding terbalik dengan situasi di negara-negara lain.

“Informasi positif, pada semester I tahun 2023 nilai ekspor ikan hias Indonesia mencapai US$20,5 juta,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat membuka Festival Ikan Hias Nusantara di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Pada semester I 2023 ekspor ikan hias dalam negeri mengalami peningkatan, berbanding terbalik dengan negara-negara kompetitor Indonesia, seperti Jepang, Singapura, dan Belanda yang mengalami penurunan ekspor masing-masing sebesar 8,3%, 9,8%, dan 37,2%. Dalam kesempatan itu, Trenggono mengungkapkan Indonesia mampu menempati posisi kedua eksportir ikan hias terbesar di dunia.

Kabar Aksi Klithih Resahkan Warga Karanganyar

KARANGANYAR–Kabar aksi kawanan klithih di media sosial (medsos) meresahkan warga Kabupaten Karanganyar. Kabar tersebut beredar di grup-grup WhatsApp (WA) lengkap dengan video dan narasi diduga pelaku klithih yang ditangkap warga.

Dalam video yang beredar, pelaku klithih ditangkap warga. Bahkan pelaku diamuk massa di pinggir jalan. Di video tersebut juga tertera narasi, “Tasikmadu enek klithih daerah bangjo Kongan. Lagi wae mas. Pit e NMax abang. Infone pite mau jare iki sek nglitih nang Tasikmadu.”

Kapolsek Tasikmadu, AKP Teguh Sardiyanto, saat dimintai konfirmasi mengenai video tersebut membantah ada aksi kawanan klithih di wilayah Tasikmadu. Jajaran Polsek Tasikmadu terus berpatroli hingga dini hari tadi dan tidak ada tindak kejahatan apalagi kabar klithih sebagaimana beredar di grup-grup WA. “Informasi itu hoaks. Tidak benar ada klithih. Kami semalam patroli sampai dini hari aman. Video itu bukan di wilayah kami,” kata dia ketika dihubungi Espos, Minggu (29/10/2023) pagi.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (30/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya