SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Rabu, 8 Oktober 2014

Solopos.com, SOLO – Perubahan dukungan PPP yang akhirnya ke kubu Jokowi-JK jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Rabu (8/10/2014). Perubahan dukungan ini menyusul sikap Koalisi Merah Putih (KMP) yang tidak memberikan jatah pimpinan MPR pada PPP. KMP justru memberikan tiket bagi politisi PKS untuk menduduki jatah PPP.

Kabar lain, datang dari HUT TNI. TNI unjuk kekuatan dengan menampilkan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) baru pada peringatan hari jadinya ke-69 di Dermaga Ujung Koarmatim, Surabaya, Selasa (7/10/2014). Berikut laporannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu ada kabar dari Persis dan terpilihnya Kota Solo dan Kabupaten Sragen jadi Kota Ramah Investasi. Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Rabu, 8 Oktober 2014, berikut;

PIMPINAN MPR: PPP Gabung Kubu Jokowi

Diwarnai berubahnya dukungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), kubu Koalisi Merah Putih (KMP) kembali bertarung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) untuk memperebutkan kursi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung DPR/MPR, Selasa (7/10).

Kedua kubu mengajukan paket pimpinan MPR yang berbeda. ”Karena ada lebih dari satu paket, maka pemilihan akan dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara,” kata pimpinan MPR sementara, Maimahan Umar. Hingga berita ini diturunkan Rabu (8/10), pukul 00.30 WIB, jalannya voting tertutup masih berlangsung.

Rapat paripurna MPR ini sempat tertunda beberapa kali sebelum dimulai pada pukul 22.05 WIB. Dalam rapat paripurna ini, kubu KMP akhirnya menerima nama Oesman Sapta Odang dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagai calon pimpinan MPR.

Sebelumnya, nama Oesman sempat mendapat resistensi dari kubu KMP. Paket pimpinan yang diusulkan kubu KMP adalah Zulkifl i Hasan (Fraksi PAN) sebagai calon Ketua MPR, Mahyuddin (Fraksi Partai Golkar) untuk calon wakil Ketua MPR, E.E. Mangindaan (Fraksi Partai Demokrat) untuk calon Wakil ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS) untuk wakil ketua MPR, dan Oesman Sapta Odang sebagai calon wakil ketua dari DPD. Paket ini didukung oleh Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, dan Golkar.

(Baca Juga: Ini Syarat PPP Dukung Indonesia Hebat…, Indonesia Hebat Goda PPP, Suryadharma Muncul, Suryadarma: Koalisi Merah Putih Jatahkan Kursi Pimpinan untuk PPP, PPP Merapat ke Koalisi Jokowi, Hanura Rela Tergeser)

HUT TNI: Ratusan Alutsista Dipamerkan, Tamu Undangan Terkesima

Tentara Nasional Indonesia (TNI) unjuk kekuatan dengan menampilkan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) baru pada peringatan hari jadinya ke-69 di Dermaga Ujung Koarmatim, Surabaya, Selasa (7/10). Berikut laporannya.

TNI benar-benar mewujudkan janjinya menggelar perayaan hari jadi terbesar sepanjang sejarah. Para tamu undangan pun dibuat terkesima saat alutsista baru dipamerkan di hadapan mereka. ”Luar biasa, sangat luar biasa,” puji calon wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla (JK), semringah di lokasi acara.

Dalam peringatan hari jadinya yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, TNI menampilkan alutsista baru seperti Main Battle Tank (MBT) Leopard yang dibeli dari Jerman.

(Baca Juga: Tank Leopard Lengkapi Defile Hari TNI, Presiden SBY Sematkan Tanda Kehormatan, Wah, Kapal Selam TNI Muncul di Publik, Di Makassar, Marinir Lumpuhkan Teroris, Begini Pesona Wanita TNI saat Hari TNI…, Ini Tank Leopard untuk Hari TNI)

DIVISI UTAMA: Persis Incar Satu Poin di Martapura

Persis Solo melanjutkan perburuan poin dengan menantang Martapura FC (MFC) di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Rabu (8/10) sore.

Kegagalan meraih poin sempurna saat menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Manahan Solo, Jumat (3/10) lalu, membuat Persis harus mencuri angka dari kandang Laskar Sultan Adam, julukan Martapura FC. Jika pulang tanpa poin, langkah skuat polesan Widyantoro itu bakal lebih berat untuk menembus semifi nal Divisi Utama musim ini.

Laskar Sambernyawa berada satu grup dengan tim-tim tangguh, baik secara teknik maupun nonteknis. Persis telah dibuat terbelalak dengan kuatnya faktor nonteknis Borneo FC yang mampu menahan imbang mereka di laga pembuka babak delapan besar. MFC dan PSCS Cilacap pun telah membuktikan ketatnya persaingan setelah meraih hasil seri 2-2, Sabtu (4/10).

Dengan hasil itu, keempat tim di Grup P samasama mengantongi satu poin dengan Persis yang menduduki posisi juru kunci.

(Baca Juga: MARTAPURA FC VS PERSIS : Preview, Prediksi, Head to Head dan Perkiraan Pemain)

PENGHARGAAN PEMERINTAH: Sragen dan Solo Paling Ramah Investasi

Pemerintah memberikan penghargaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal (PTSP PM) atau Investment Awards 2014. Dua daerah di Soloraya, Solo dan Sragen, masuk dalam kategori kota dan kabupaten terbaik dalam memberikan pelayanan kepada investor (selengkapnya lihat grafis).

Penghargaan Kota.Kabupaten Ramah Investasi (detik)

Penghargaan Kota.Kabupaten Ramah Investasi (detik)

Penghargaan diserahkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (7/10). ”Penghargaan ini mencakup pelayanan dalam penanaman modal. PTSP merupakan bagian yang sangat penting dalam reformasi birokrasi,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan & RB), Eko Prasodjo.



Bagi Sragen, penghargaan sebagai kabupaten ramah investasi sudah diraih untuk kali keempat berturutturut. Dalam rentang waktu itu, tiga di antaranya Sragen menduduki peringkat pertama.

”Untuk Investment Award ini banyak yang dinilai. Seperti sarana prasarana, IT, dan pelayanan yang sudah online secara nasional. Untuk sarana prasarana kami memadai, jaringan online sudah jalan, SDM juga sudah ada,” jelas Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Sragen, Tugiyono, saat dihubungi Espos, Selasa. Dia menegaskan penghargaan tersebut bukan tujuan utama BPTPM Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya