SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (25/9/2023).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang sikap Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) terkait Pemilu 2024 mendatang diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (25/9/2023). Pimpinan MTA mengingatkan seluruh anggota untuk memilih calon pemimpin yang takut kepada Tuhan.

Diberitakan Solopos hari ini, Pimpinan MTA Pusat, Ustaz Nur Kholid Syaifullah, mengatakan MTA tidak akan pernah terlibat dalam politik praktis sampai kapan pun. Namun MTA tidak akan buta politik. “Insyaallah MTA akan menyalurkan aspirasinya. Ke mana? Ya tentu ke calon-calon itu,” kata dia kepada Espos yang menemuinya seusai Silaturahmi Nasional (Silatnas) IV MTA di Stadion Manahan, Solo, Minggu (24/9/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut dia, MTA memiliki kriteria bagi calon presiden yang akan dipilih pada Pemilu 2024, yakni yang utama memiliki rasa takut kepada Tuhan. Manusia sebagai ciptaan Tuhan menjalankan amanah dalam menjalankan kehidupan. “Yang menciptakan kita Allah, yang memberi nyawa kita itu Allah, yang menjamin rezeki kita Allah. Dan Allah mengatur semuanya,” jelasnya.

“Kalau sudah tidak ada rasa takut kepada Allah ini tentu menjadi hal yang tidak baik. Kenapa karena kepada Rabb-nya saja acuh tak acuh apalagi kepada rakyatnya,” tambahnya.

Dia mengatakan manusia sebagai ciptaan  menurut ketetapan Allah sebagai khalifah di muka bumi.Tidak hanya berarti pemimpin namun manusia saling mewarisi kebaikan. Nur menegaskan MTA tidak lepas dari NKRI. MTA selalu berdoa supaya Pemilu 2024 berjalan baik. Silatnas IV MTA ini memiliki agenda utama pengukuhan perwakilan dan cabang baru MTA yang tersebar seluruh di Indonesia.

Kaesang Bisa Bawa PSI Lolos ke Senayan

JAKARTA – Bergabungnya Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI), diyakini bisa membawa partai tersebut lolos masuk ke DPR dalam Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan pengamat politik Adi Prayitno, Sabtu (23/9/2023). Dia menyatakan saat pemilu legislatif 2019 lalu PSI mendapatkan 1,9% suara dari syarat 4% untuk ambang batas parlemen. “Tinggal mencari 2%, saya kira ada portofolio Kaesang, dan itu sangat mungkin,” katanya. Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia itu, Kaesang merupakan sosok anak muda yang sangat terkenal, jaringan politiknya bagus serta sumber daya politik yang tersedia. Selain itu, bergabungnya Kaesang turut menjadi pembahasan publik yang cukup ramai.

Ramainya pembahasan terkait Kaesang dikarenakan Jokowi dan kakak kandungnya Gibran Rakabuming Raka, merupakan kader PDIP dan sama-sama memiliki jabatan politik. Adi tidak menampik jika gabungnya Kaesang di PSI membuat kecemburuan di partai politik lain. Terutama PDIP, yang menegaskan dalam satu keluarga tidak boleh beda pilihan politik.

Harga Beras Lampaui HET

JAKARTA—Mayoritas harga pangan mengalami kenaikan rata-rata secara nasional, Minggu (24/9/2023). Salah satunya adalah harga beras yang kini sudah melampaui harga eceran tertinggi (HET). Tingginya harga beras disinyalir karena tidak imbangnya produksi beras dengan pertambahan penduduk.

Selain beras, harga bawang merah, bawang putih, cabai, daging ayam, telur, gula pasir konsumsi, minyak goreng kemasan sederhana, dan tepung terigu juga naik. Menyitir data panel harga pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), rata-rata harga beras kualitas medium per 24 September 2023 pukul 09.17 WIB telah melonjak 0,38% menjadi Rp13.100 per kilogram. Harga tersebut telah jauh melampaui HET beras medium yang ditetapkan pemerintah dalam Perbadan No. 7/2023 sebesar Rp10.900 per kilogram-11.800 per kilogram.

Sejak bantuan pangan disalurkan pada 11 September 2023, harga beras melonjak 2,5% dari Rp12.770 per kilogram menjadi Rp13.100 per kilogram pada Minggu ini. Begitu pun harga beras kualitas premium naik 0,61% menjadi Rp14.750 per kilogram.

Kasus Rempang, Pemerintah Dinilai Tutup Mata

JAKARTA—Pemerintah dinilai terlalu fokus pada urusan penyelamatan investasi dan menyampingkan masalah psikologis anak-anak dalam konflik agraria di Pulau Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Menteri yang dikirim ke pulau itu juga dikawal aparat bersenjata.

Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan anak-anak di Pulau Rempang merupakan kelompok yang sangat rentan mengalami trauma psikis atau psikologis dalam proses relokasi masyarakat Rempang. Terlebih sebagian anak menjadi korban saat terjadi kekerasan pada 7 September 2023.

“Komnas HAM [Komisi Nasional Hak Asasi Manusia] betul [anak-anak merupakan kelompok rentan di Rempang]. Tetapi derita psikologis juga sangat mungkin disebabkan oleh pemindahan itu sendiri. Apalagi karena sejak awal anak-anak melihat bahwa ini adalah pemaksaan relokasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dirilis Bisnis.com, Minggu (24/9/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (25/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya