SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (9/12/2022).

Solopos.com, SUKOHARJO — Pesta atau perayaan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, dan biasanya digelar untuk memperingati hal-hal yang penting. Pemilihan kepala desa (pilkades) menjadi bagian dari hal penting itu dan layak pula dirayakan dengan cara yang khas.

Hal ini yang dilakukan panitia Pilkades Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo. Mereka menyulap tempt pemungutan suara (TPS) 03 menjadi bernuansa Piala Dunia 2022. Panitia dan Karang Taruna Desa Jatisobo membutuhkan waktu tiga hari untuk menjadikan rumah warga Dukuh Pandak RT 001/ RW 002, Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Supriyanto sebagai TPS.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Euforia pemilihan Kades Jatisobo bercampur dengan euforia Piala Dunia 2022. Warga yang datang hendak memilih disambut dengan alunan lagu tema FIFA World Cup Qatar 2022 berjudul Dreamers.

Anggota panitia yang berjaga di tempat itu pun mengenakan kostum tim sepak bola. Bahkan ada yang membawa peluit dan bendera asisten wasit sepak bola. Suasana “Piala Dunia” dibangun lewat berbagai ornamen sepak bola yang dipasang, seperti bola warna warni di tenda dan bendera berbagai negara yang mengikuti Piala Dunia 2022 di tembok.

Baca juga: Pilkades Serentak Sukoharjo Selesai! Ini Daftar Lengkap Pemenangnya

Selain itu, beberapa poster pemain bola ternama seperti Killyan Mbappe, Lionel Messi, dan Christiano Ronaldo tertempel di tembok menghiasi ruangan TPS. “Karena masih dalam euforia Piala Dunia 2022, kami buat semeriah mungkin. Agar tidak ‘panas’ karena penyelenggaraan Pilkades bisa menjadi lebih sensitif daripada pemilihan pemimpin lain,” kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Jatisobo, Muhammad Luthfi Irnanto saat ditemui Solopos, Kamis (8/12/2022).

Menghabiskan Rp1,5 juta, dia bersama panitia lain berkolaborasi dengan pemerintah desa dan kecamatan untuk menciptakan TPS dengan suasana berbeda untuk menarik animo warga agar turut serta dalam Pilkades Jatisobo. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (9/12/2022).

Pengajian Awali Rangkaian Prosesi Pernikahan 

SOLO — Acara pengajian mengawali prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono. Pengajian digelar di kediaman Presiden Joko Widodo  (Jokowi) di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, serta kediaman orang tua Erina di Purwosari, Sleman, Istimewa Yogyakarta  Daerah (DIY), Kamis (8/12/2022).

Selepas Asar sekitar pukul 15.45 WIB, pengajian di rumah Jokowi dimulai. Calon mempelai pria, Kaesang Pangarep, tampak hadir beserta seluruh keluarga Jokowi yaitu Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka beserta Selvi Ananda, serta Kahiyang Ayu beserta Bobby Nasution.

Baca juga: Khidmat & Sederhana, Momen Pengajian Jelang Nikah Kaesang-Erina di Solo

Tak hanya itu, semua cucu Presiden juga hadir, mulai dari Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution, Panembahan AI Nahyan Nasution, dan Panembahar, Al Saud Nasution. Jokowi tidak hadir dalam pengajian itu karena masih dalam perjalanan dari Jakarta, selepas meninjau daerah terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Pengajian berlangsung khidmat dan sederhana. Selain diikuti oleh keluarga dekat, pihak keluarga Jokowi turut mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren. “Tadi [membaca] Surat Yasin, lalu Al-Ikhlas, An-Nas, lalu ditutup Ayat Kursi tujuh kali dan tahlil,” ujar Ahmad Suparno, Ketua Pengajian Turisari yang turut hadir dalam pengajian tersebut. Pengajian juga digelar di rumah calon mempelai wanita, Erina Gudono. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (9/12/2022).

6.000 Sukarelawan di Donohudan

SOLO — Asrama Haji Donohudan (AHD) Kabupaten Boyolali siap menampung 6.000 sukarelawan Jokowi yang hadir dalam acara ngunduh mantu Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono, Minggu (11/12/2022). AHD juga menyiapkan sej umlah fasilitas tambahan, seperti kamar mandi portabel hingga panggung kecil. Kepala Pengelola AHD Boyolali, Bambang Sumanto, mengatakan siap menampung sukarelawan Jokowi yang akan datang dari penjuru Indonesia.

“Kami awalnya mempersiapkan kasur untuk menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang nanti datang saat pernikahan Kaesang-Erina. Namun, jumlahnya ternyata bertambah menjadi 6.000 orang. Ya kami siapkan. Kami juga sudah membagi gedung-gedung yang ada, seperti untuk perempuan nantinya kami alokasikan di Gedung Makkah, untuk yang laki-laki kami sebar di berbagai gedung, mulai dari Gedung Jeddah, Madinah, dan sebagainya,” urai Bambang saat ditemui Solopos, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Ribuan Sukarelawan Jokowi akan Pakai Tanda Pengenal di Pernikahan Kaesang

AHD juga menyiapkan kamar mandi portabel hingga panggung kecil untuk hiburan. Nantinya disiapkan 70 kamar mandi portabel untuk melayani tamu yang hadir.

“Kami juga menyiapkan 70 kamar mandi portabel yang kami sewa dari swasta. Ada juga yang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang [DPUPR] Solo serta Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Solo. Kami siapkan mulai besok Jumat [9/12/2022] agar dipasang. Lalu panggung hiburan di depan Gedung Jeddah. Nanti diisi musik-musik akustik untuk menghibur tamu,” ulas Bambang. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Jumat (9/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya