SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Jumat, 18 Agustus 2017.

Solopos hari ini memberitakan tentang berkumpulnya pemimpin NKRI dari tahun ke tahun.

Solopos.com, SOLO – Ada yang unik di acara upacara peringatan HUT ke-72 Indonesia di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017). Selain para tamu diminta mengenakan baju adat, beberapa mantan pemimpin NKRI juga sempat berfoto bersama.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Pemerintah ingin menularkan nilai-nilai yang lebih luas dari sekadar dimensi politik yang bersifat sementara. SBY dan Megawati bersalaman dalam pertemuan tersebut.

Berita mengenai upacara HUT ke-72 Indonesia di Istana Merdeka itu menjadi headline Harian Umum Solopos, Jumat (18/8/2017). Selain itu ada berita tentang upacara bendera di Tempat Pembuangan Akhir, Putri Cempo, Mojosongo dan berita tentang kemenangan Indonesia melawan Filipina di cabang sepak bola SEA Games 2017.

Berikut ini cuplikan berita halaman utama Harian Umum Solopos edisi Jumat 18 Agustus 2017;

HUT KE-72 INDONESIA: Pesan Persatuan dalam Kemajemukan

Persatuan dalam kemajemukan menjadi pesan utama peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Indonesia. Untuk kali pertama, tokoh yang pernah memimpin Indonesia berkumpul di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8).

Di antaranya Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden ketiga B.J. Habibie, Wapres keenam Try Soetrisno, Wapres ke-11 Boediono, istri Presiden keempat Sinta Nuriyah Wahid, dan istri Wapres keempat Karlinah Djaja Atmadja.

Tokoh nasional itu masing-masing mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Hanya Wapres Hamzah Haz yang tidak hadir dalam acara itu. Mereka menghadiri peringatan HUT ke-72 Indonesia dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng untuk pejuang yang ikut diundang seusai peringatan detik-detik proklamasi.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

PERINGATAN KEMERDEKAAN: Solo Belum Sepenuhnya Merdeka Dari Sampah

Bendera Merah Putih dikibarkan di tengah tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Kamis (17/8) pukul 07.30 WIB. Pengibaran bendera tersebut dilakukan tiga aktivis lingkungan hidup Kota Solo. Bendera ditarik secara perlahan hingga terpasang kokoh di pucuk bambu setinggi 7,5 meter (m).

Sedikitnya 70 orang turut menjadi saksi prosesi pengibaran Merah Putih di tengah tumpukan sampah setinggi 4 m sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.Mereka mengikuti upacara dengan membentuk huruf U. Puluhan orang aktivis lingkungan hidup dan pegiat bank sampah di Kota Bengawan. menggunakan TPA Putri Cempo dalam peringatan hari kemerdekaan sebagai refleksi diri dan menyadarkan masyarakat bahwa Indonesia belum merdeka sepenuhnya.

Penyelenggaraa kegiatan dari Komunitas Gerakan Orang Muda Peduli Sampah dan Lingkungan Hidup (Gropesh) Solo, Denok Marty Astuti, mengingatkan masyarakat untuk berjuang memerdekakan Indonesia di bidang lingkungan.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

INDONESIA 3-0 FILIPINA: Kado Istimewa Garuda Muda

Timnas Indonesia U-22 memberi kado manis di Hari Jadi ke-72 Republik Indonesia dengan kemenangan besar 3-0 atas Filipina di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8) malam WIB. Ini menjadi kemenangan pertama sekaligus tiga poin krusial bagi Evan Dimas dkk. dalam persaingan di Grup B SEA Games 2017.

Kemenangan tersebut membawa Garuda Muda duduk di peringkat kedua klasemen dengan empat poin dari dua pertandingan. Mereka menempel ketat pemimpin klasemen, Vietnam, yang kini mengantongi enam poin setelah membantai Kamboja 4-1 di hari yang sama. Kemenangan di hari kemerdekaan itu juga menjadi bukti suksesnya eksperimen Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla Aspas.

”Satu hal yang pasti, ini adalah momen yang baik dan sakral untuk kita. Hari pertandingan ini adalah hari kemerdekaan kita. Pemain berjuang habis-habisan selama 90 menit,” ujar Asisten Pelatih Timnas U-22, Bima Sakti, seperti dilansir Liputan6.com, Kamis.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya