SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (7/5/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (7/5/2024), mengangkat headline tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2024 menunjukkan kondisi yang melegakan dengan nilai 5,11%. Kondisi ini bahkan menjadi yang tertinggi untuk periode yang sama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Jika dibandingkan dengan pertum­buhan eko­nomi pada triwulan I di tahun-tahun sebe­lumnya, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2024 me­­rupakan tertinggi sejak 2015. Sebelum­nya pada triwulan I 2014 sempat tumbuh 5,12%,” kata Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti, Senin (6/5/2024), seperti diberitakan Solopos hari ini.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Secara sektoral, lanjutnya, penyum­bang utama pertumbuhan ekonomi triwulan I 2024 dari sisi produksi ber­asal dari industri pengolahan, perdagangan, pertanian, konstruksi, serta pertambangan dan penggalian.

Kelima sektor tersebut menyumbang pertum­buhan ekonomi secara positif dengan total kon­tribusi mencapai 63,61% terhadap produk domes­tik bruto (PDB), atau nilai total semua barang dan jasa yang dihasilkan pada periode tersebut.

Lebih jauh Amalia menjelaskan per­­tumbuhan ekonomi yang kuat pada triwulan pertama 2024 di­dukung oleh aktivitas produksi yang meningkat, salah satunya tercermin dari prompt manu­facturing index (PMI) atau indikator aktivitas manu­faktur dari Bank Indonesia yang tetap ekspansif sebesar 52,8% pada kuartal I/2024.

Belajar Bahasa Indonesia Lewat Video Anak dan Lagu Pop

Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Melbourne, Ibu Kota Negara Bagian Victoria, Australia ke Woodend. Kota ini merupakan kota kecil, berjarak sekitar 72 km di utara Melbourne. Jalanan menuju Woodend lebar, kanan-kiri akan ditemui pepohonan rindang eucalyptus (kayu putih), dan aneka tanaman vegetasi khas Australia.

Juga akan didapati area peternakan luas di sepanjang jalan menuju kota berpenduduk sekitar 6.700 jiwa ini. Udaranya sejuk berangin. Sesekali pula kebetulan bisa ditemui kanguru yang melompat- lompat menyeberang jalan. Maklum jalanan mulus di Woodend diapit oleh hutan yang lebat.

Jika di Indonesia, Woodend lebih tepat disebut kawasan “pede­saannya” Victoria. Sebagian besar penduduknya, bekerja sebagai petani, peternak. Ada pula pebisnis. Bahkan, beberapa warganya ada yang belum tersentuh “dunia luar” alias belum pernah ke luar dari Woodend. Salah satu kawasan favorit Woodend untuk berlibur yakni kawasan Gunung Macedon.

Sigaret Kretek Tangan Berjaya

JAKARTA—Nilai cukai rokok rendah yang dikenakan kepada segmen sigaret kretek tangan (SKT) membuahkan pertumbuhan positif dengan bertambahnya pabrik rokok baru di berbagai daerah sehingga mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Hal ini dinilai sebagai hasil pengaturan cukai yang berpihak pada segmen SKT dengan tarif paling tinggi untuk golongan I senilai Rp461 per barang/gram dengan harga jual eceran lebih dari Rp1.800 per batang/gram. Sementara, tarif cukai untuk sigaret kretek mesin (SKM) paling tinggi golongan I senilai Rp1.101 dan batasan harga jual ecerannya senilai Rp2.055 per batang/gram.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP RTMM-SPSI), Sudarto, mengatakan penyerapan tenaga kerja di industri hasil tembakau (IHT), khususnya segmen SKT, semakin bertambah pada awal 2024.

6 RS Pilot Project Prodi Dokter Spesialis

JAKARTA—Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya memecahkan persoalan pemenuhan rasio kebutuhan dokter spesialis di Indonesia dengan membuka enam program studi (prodi) di rumah sakit penyelenggara pendidikan utama.

“Salah satu masalah lagi yang ada di Indonesia adalah distribusi dokter spesialis. Hampir 80 tahun Indonesia merdeka belum pernah bisa terpecahkan,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes di Jakarta, Sabtu (4/5/2024).

Untuk bisa memenuhi kebutuhan dokter spesialis sesuai rasio yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 0,28 berbanding 1.000 penduduk di Indonesia, Budi memperkirakan butuh 15 tahun bagi Indonesia mampu memenuhinya melalui keberadaan 117 fakultas kedokteran.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (7/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya