SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Selasa, 21 Oktober 2014

Solopos.com, SOLO – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) jadi headline Harian Umum Solopos hari ini, Selasa (21/10/2014). Edisi ini juga menampilkan liputan khusus dan pernak-pernik dalam prosesi pelantikan yang berlangsung Senin (20/10/2014).

Tak ketinggalan pula perpisahan Susilo Bambang Yudhoyono dan kehadiran rival politik Jokowi di Pilpres 2014, Prabowo Subianto. Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Selasa, 21 Oktober 2014;

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PEMERINTAHAN BARU: Ayo Bekerja!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat untuk menyatukan hati dan tangan, bergotongroyong, serta bekerja keras. Jokowi meminta semua elemen bangsa Indonesia bergerak bersama. Seruan ini disampaikan Jokowi saat membacakan pidato pertamanya sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Indonesia, di Gedung Nusantara, Kompleks DPR/MPR, Senin (20/10).

Sebelum membacakan pidato, Jokowi dan wakilnya, Jusuf Kalla (JK), mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan.

Dalam pidatonya, Jokowi mengajak segenap elemen bangsa mulai dari nelayan, buruh, petani, tukang bakso, pedagang asongan, sopir, guru, pengusaha, hingga pejabat negara menyatukan hati dan tangan.

”Kini saatnya kita menyatukan hati dan tangan. Kini saatnya bersama-sama melanjutkan ujian sejarah berikutnya yang mahaberat, yakni mencapai dan mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan,” kata Jokowi dalam pidato berjudul Di Bawah Kehendak Rakyat dan Konstitusi yang dibacakan mulai pukul 10.40 WIB sampai 10.50 WIB ini.

”Saya menyerukan untuk bekerja keras, bahu membahu, bergotongroyong. Inilah, momen sejarah bagi kita semua untuk bergerak bersama untuk bekerja, bekerja, dan bekerja,” kata Jokowi.

Indonesia menurut Jokowi tidak akan pernah menjadi bangsa yang besar jika terjebak dalam keterbelahan dan keterpecahan. ”Dan, kita tidak pernah betul-betul merdeka tanpa kerja keras,” tegas Jokowi yang disambut aplaus membahana di ruang sidang paripurna. ”Saya mengajak lembaga negara untuk bekerja dengan semangat yang sama untuk menjalankan tugas, membawa negara semakin kuat

(Baca Juga: Jokowi Ajak Rakyat Indonesia Bekerja, Bekerja, dan Bekerja, Ribuan Masyarakat “Jebol” Istana, “Hujan” Aplaus untuk Jokowi, Jokowi-JK Punya Banyak PR di Bidang Energi, Pelantikan Jokowi #PresidenJokowi dan #MakasihSBY Tembus Trending Topic Dunia)

PIDATO PRESIDEN: Hormat Prabowo yang Menyejukkan

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto akhirnya datang ke pelantikan Joko widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) sebagai Presiden dan Wakil Pre siden RI, di Gedung Nusantara Kompleks DPR/MPR, Senin (20/10).

Yang menarik, saat Presiden Jokowi menye but nama Prabowo sebagai pihak yang dihormati, mantan Danjen Kopassus itu berdiri sambil memberi hormat militer.

Saat memberikan sambutan setelah dilantik, Presiden Jokowi menyebut Prabowo sebagai sahabatnya yang dihormati. ”Kepada sahabat dan rekan saya yang saya hormati Prabowo Subianto,” ujar Jokowi.

Ucapan Jokowi dan hormat Prabowo itu langsung mendapat aplaus dari tamu undangan. Kedatangannya ke Gedung MPR/DPR menghilangkan keraguan yang sempat muncul sebelumnya. Prabowo yang merupakan saingan Jokowi dalam pilpres lalu sempat diberitakan takkan hadir karena ada kegiatan ke luar negeri. Saat masuk ruang sidang, Prabowo disambut tepuk tangan meriah anggota MPR dan tamu undangan lainnya.

Dia tiba bersama sejumlah petinggi Koalisi Merah Putih (KMP) seperti Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, Akbar Tandjung, dan Suryadharma Ali. Sebelumnya, mereka melakukan pertemuan sambil sarapan di ruang Ketua DPR Setya Novanto.

(Baca Juga: Jokowi Sebut Prabowo di Pidato Presiden, Mega Senyum-Senyum, Jokowi Sebut Nama Prabowo, Sang Jenderal Memberi Hormat, Jokowi Sebut Prabowo Sahabat, Masuk Gedung DPR/MPR, Prabowo Disambut Tepuk Tangan Riuh)

PELANTIKAN PRESIDEN: Saat SBY dan Ani Yudhoyono Menangis

Terik matahari terasa menyengat meski waktu telah menunjukkan lewat pukul 15.00 WIB. Peluh mengalir dari puluhan ribu masyarakat yang bersatu menyemut di sekitar Halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/10).

Namun demikian, hal itu tidak menyurutkan langkah mereka sedikit pun. Dengan muka lusuh terbakar matahari dan peluh yang sesekali mengalir, berbagai golongan masyarakat tetap berdiri berkumpul memadati area sekitar Istana.

Di tangga bagian depan teras gedung Istana Merdeka, ratusan masyarakat juga menyemut. Mereka berasal dari berbagai kalangan mulai dari para pejabat negara, wartawan, sukarelawan, dan masyarakat.

Tiba-tiba kerumunan di tangga teras Istana bergerak. Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke luar dari dalam bangunan Istana didampingi oleh mantan ibu negara Ani Yudhoyono. Di belakang mereka turut mengiringi pula putra kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Tuan Rumah Istana Kepresidenan RI selama 10 tahun terakhir itu berjalan meninggalkan Istana. Langkahnya perlahan dan berkalikali tertahan karena menerima uluran salam dari masyarakat. Alunan musik dan lagu Pantang Mundur dari Aubade dari Sekolah Menengah Musik Yogyakarta dan Paduan Suara Gema SMA Jakarta bergema mengisi udara.

Satu per satu SBY menghampiri dan menyalami warga hingga ia tiba di pintu gerbang ke luar. Tiba-tiba terdengar teriakan dari arah warga, ”Terima kasih Pak SBY. Terima kasih untuk pengabdiannya.” Tak kuasa me nahan haru, SBY menitikkan air mata.



(Baca Juga: Seusai Lengser, SBY Ingin Istirahat, Spanduk Makasih SBY Marak di Solo, Inilah Surat Mengharukan Agus Harimurti Untuk SBY, Di Cikeas, SBY dan Ibu Ani Menangis Sambil Berpelukan, Tak Lagi Berkantor di Istana, SBY Disambut Warga di Cikeas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya