SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA—Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin perolehan suara Pemilu Legislatif 2014 versi hitung cepat berbagai lembaga survei, Rabu (9/4).

Meskipun unggul, perolehan suara PDIP meleset dari target partai berlambang banteng moncong putih itu yang mematok angka di atas 20% (selengkapnya lihat grafis). Sementara itu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) justru melesat dalam mendulang suara di Pemilu 2014.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Coblosan di Sejumlah TPS bakal Diulang

SRAGEN—Sebanyak 862 surat suara DPRD Kabupaten/Kota di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Desa Gabugan, Tanon, keliru dengan surat suara daerah pemilihan (dapil) lain saat digelar pemungutan suara, Rabu (9/4).

Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tanon, Ahmad, menjelaskan tertukarnya surat suara tersebut terjadi di TPS 5 hingga TPS 11. Total TPS di wilayah tersebut terdapat 14 TPS. “Surat suara yang semestinya untuk dapil III tertukar dengan surat suara dapil II,” urai dia saat ditemui wartawan di TPS 7, Gabugan, Rabu.

Yang Kalah Ucapkan Selamat kepada Pemenang

Pada Pemilu 2009, Partai Demokrat jadi jawara. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun menjadi Presiden untuk kali kedua. Namun, hasil quick count pemungutan suara pemilu legislatif, Rabu (9/4), memberikan hasil lain: PD kalah dan menempati urutan keempat.

Partai yang kini dipimpin oleh SBY itu hanya meraih sekitar 9%.Pada Rabu malam, SBY mengadakan jumpa pers. Dia menerima dengan legawa hasil quick count yang menunjukkan perolehan suara partainya turun drastis dibanding Pemilu 2009.

Pasar Klewer Tutup, Potential Loss Rp10 Miliar

SOLO—Potential loss atau potensi kehilangan transaksi di Pasar Klewer Solo akibat tutup total saat Pemilu. Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, menyampaikan penutupan pasar tersebut merupakan kesepakatan pedagang. Hal ini dilakukan untuk ikut memeriahkan pesta demokrasi yang belangsung lima tahun sekali.

Menurut dia ada sekitar 2.075 pedagang yang ada di pasar tradisional tersebut yang beberapa di antaranya berasal dari luar Solo, seperti Klaten, Sragen, Sukoharjo.

Rudy Lupa Celup Jari, Sukasno Janjikan Rp1 Juta

SOLO—Ada kejadian menarik saat Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) 20 RT 001 RW 009, Pucangsawit, Jebres, Rabu (9/4). Warga sempat dibuat tersenyum saat Wali Kota lupa mencelupkan jari kelingkingnya ke dalam tinta sebagai bukti telah mencoblos.

Setelah memasukkan surat suaranya di kotak yang disediakan, sekitar pukul 08.10 WIB, Rudy langsung ngeloyor meninggalkan TPS lewat pintu masuk. Belum sempat melangkah terlalu jauh, sejumlah petugas TPS memanggil Rudy untuk celup jari di dekat pintu keluar TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya