Solopos Hari Ini: Pangkas Libur Akhir Tahun
Koran Solopos edisi Selasa (24/11/2020).

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari Ini edisi Selasa (24/11/2020) mengulas tentang usulan untuk memangkas libur akhir tahun terkait terus meningkatnya kasus Covid-19.

Jumlah kasus baru cenderung meningkat memasuki pekan ketiga November dengan jumlah kasus positif di Indonesia yang melampaui 500.000 pada Senin (23/11/2020). Epideminolog pun meminta pemerintah memotong libur panjang akhir tahun.

Sementara di Solo, sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) dilaporkan tertular virus SARS CoV-2. Hal itu bisa memicu klaster perkantoran jika tak segera ditekan persebarannya.

Ketua Pelaksana Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan ada empat orang yang tertular virus Corona jenis baru itu dalam klaster kantin Balai Kota beberapa waktu lalu, dengan simpul pegawai Dinas Kesehatan Kota (DKK).

Rantai dari klaster tersebut adalah pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo. “Kemudian kami menguji swab satu bidang dimana pegawai itu bertugas. Hasil semuanya negatif, makanya kami tidak menutup sementara Mall Pelayanan Publik (MPP), meski DPMPTSP berkantor di sana. Kalau ada yang positif, kebijakan kami tetap work from home atau kerja dari rumah,” jelasnya, dihubungi Senin (23/11/2020)

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Kisah Jurnalis Terpapar Covid-19 dan Kehilangan Ayah

Bahaya virus corona atau Covid-19 memang benar adanya. Kalimat itu rupanya dirasakan benar oleh Pradityo Utomo, 26, seorang jurnalis di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Tak hanya merasakan sakit saat terpapar Covid-19, Adit, sapaan Pradityo Utomo, pun harus kehilangan sang ayah tercinta akibat virus tersebut.

Kepada Solopos.com, jurnalis yang bekerja di sebuah stasiun radio itu mengaku tidak tahu dari mana virus SARS-CoV-2 bersemayam di tubuhnya. Meski demikian, ia merasa mengalami gejala demam dan sesak nafas semenjak pulang meliput acara Pertempuran 5 Hari di Semarang pada 15 Oktober 2020 lalu.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Ganti Rugi Tol Solo-Jogja Cair Desember

Uang ganti rugi (UGR) pembangunan jalan tol Solo-Jogja segera cair. Warga di 10 desa di tiga kecamatan di Klaten diproyeksikan menerina UGR paling cepat, Desember 2020.

Kasubsi Penetapan Hak dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Daliman, mengatakan BPN Klaten telah mengumumkan lahan terdampak jalan tol Solo-Jogja, dalam beberapa waktu terakhir.

Pengumuman dilakukan pascarampung dilakukan pengukuran dan tahapan inventarisasi. Sebanyak 10 desa yang sudah diumumkan terdampak pembangunan jalan tol Solo-Jogja tersebar di Kecamatan Polanharjo, Delanggu, dan Ceper.

"Sesuai rencana, yang empat desa itu akan diumumkan, 25 November 2020 ini. Soal UGR, belum tahu. Yang jelas, untuk 10 desa yanh sudah diumumkan, semoga bisa cair, Desember 2020," kata Daliman.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Sering Razia Masker, Satpol PP Kena Teror

Sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari warga lantaran sering menggelar razia masker. Tak sedikit dari mereka yang mendapatkan makian dan ucapan kasar hingga dilempar puntung rokok yang masih menyala.

Aksi tak mengenakkan itu diterima oleh petugas saat malam hari, utamanya di shif dua dan tiga. Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan, menduga aksi dilakukan karena warga tidak terima dengan giat penegakan regulasi yang dilakukan petugas.

Mereka menganggap petugas hanya mencari kesalahan. “Padahal kami bertugas memperketat protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Kami ketemu orang dimaki, dilempar. Ini moral yang turun dari masyarakat.

Mereka menganggap kami mencari masalah. Sebenarnya tidak begitu. Kami menertibkan warga yang melanggar protokol kesehatan. Namun saat penertiban dilakukan, kami dimaki, bahkan dilempar puntung rokok,” ucapnya, sesuai Apel Kesiapsiagaan Satpol PP Menghadapi Covid-19, di Markas Satpol PP Pedaringan, Senin (23/11/2020) pagi.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom