SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Kamis, 24 Juli 2014

Solopos.com, SOLO – Terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) langsung disambut sejumlah pemimpin dunia. Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama secara khusus menelepon Jokowi untuk memberi selamat. Obama bahkan menggunakan bahasa Indonesia.

Kabar ini jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Rabu (24/7/2014). Berita lain datang dari tragedi nahas jatuhnya Transasia Airways. Simak rangkuman berita Solopos berikut;

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PRESIDEN BARU: Obama: Apa Kabar Pak Jokowi

Telepon genggam Joko Widodo (Jokowi) berdering pukul 11.00 WIB ketika dia sedang rapat di Balai Kota DKI Jakarta. Pria di ujung telepon sana menanyakan kabar presiden terpilih yang baru sehari ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

”Pak Jokowi, apa kabar,” Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, membuka pembicaraan menggunakan bahasa Indonesia. Jokowi dengan antusias menjawab singkat, ”Kabar baik.” Keduanya lalu melanjutkan obrolan ringan selama dua menit yang pada intinya memberikan ucapan selamat atas kemenangannya melawan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Masih dalam obrolan itu, dalam waktu dekat, Obama mengajak Jokowi bertemu dalam acara resmi pemimpin negara yang tergabung dalam anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Tiongkok pada November 2014. Terpilihnya Jokowi sebagai presiden akan membuka kesempatan jalinan kerja sama lebih erat antarkedua negara dalam berbagai bidang.

”Kita ngobrol biar kerja sama lebih kuat lagi,” kata Gubernur DKI ini menirukan ajakan Obama.

(Baca Juga: Obama Ucapkan Selamat Kepada Jokowi)

KECELAKAAN PESAWAT: Transasia Jatuh, 47 Penumpang Tewas

Sebuah pesawat bermesin turboprop milik maskapai penerbangan Taiwan, Transasia Airways, jatuh setelah gagal melakukan pendaratan darurat di sebuah kepulauan di Taiwan, Rabu (23/7), menewaskan sedikitnya 47 orang. Kecelakaan ini juga mengakibatkan terjadinya kebakaran di sekitar lokasi kejadian.

Pesawat jenis ATR 72 dengan kapasitas tempat duduk 70 kursi ini jatuh di dekat bandara di Pulau Penghu. Saat itu pesawat mengangkut 54 penumpang dan empat kru. Pemerintah setempat mengungkapkan sebelas penumpang pesawat yang cedera segera dilarikan ke rumah sakit.

Pesawat ini lepas landas dari Kaohsiung, kota di selatan Taiwan dan menuju Pulai Makong. Namun sebelum sampai ke tujuan, pesawat ini terjatuh saat hendak melakukan pendaratan di Penghu.

Kepala Administasi Aeronautika Taiwan Jean Shen menuturkan situasinya sangat kacau di lokasi kejadian. Jean Shen menuturkan Transasia Airways sebelumnya membatalkan pendaratan darurat di Pulau Makong. Setelah gagal melakukan pendaratan, pilot meminta izin kepada menara pengawas untuk berputar-putar.

LEBARAN 2014: Jumat, Puncak Arus Mudik

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memprediksikan arus mudik Lebaran 2014 akan terjadi pada Jumat (25/7), karena pendeknya jarak antara libur nasional lebaran dengan Hari Raya Idul Fitri.

(Baca Juga: Volume Arus Mudik ke Wonogiri Meningkat, Jumlah Kendaraan yang Melintas di Wates-Purworejo Naik 20%, Begini Situasi Musim Mudik di Kalideres)

HIKMAH RAMADAN: Kezaliman

Kezaliman merupakan tindakan melampui batas dari yang selayaknya dilakukan. Kezaliman pada umumnya berupa tindakan anggota badan, sikap, dan ucapan.

Allah SWT berfirman,”…Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya