SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Rabu, 13 Agustus 2014

Solopos.com, SOLO – Sejumlah pemberitaan hangat mewarnai halaman depan Harian Umum Solopos hari ini, Rabu (13/8/2014). Kabar baiknya tim kesayangan masyarakat Solo, Persis akhirnya lolos 16 besar Divisi Utama Liga Indonesia. Berkat kemenangan 3-0 atas PSIR, Persis akhirnya mencetak sejarah baru.

Kabar baik lain, Kota Solo dan Jogja termasuk dua dari tujuh wilayah ternyaman di Indonesia untuk ditinggali. Hal ini mengemuka dalam survei Most Livable City Index (MLCI) yang dilansir Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) pada Selasa (12/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar buruknya, Sebuah pesawat latih berjenis AS 2022 Bravo berwarna perak milik TNI AU nyung sep di sawah setelah mendarat darurat di areal persawahan di Dukuh Jogodayoh, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, Selasa (12/8).

SENGKETA HASIL PILPRES: Saksi Bikin Riuh MK

Saksi tim Prabowo-Hatta asal Provinsi Papua membuat suasana persidangan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi riuh.

Saksi tersebut, Novela Nawipa, asal Awabutu, Paniani, Papua, membuat riuh dengan jawabannya yang lugas, meledak-ledak, dan spontan. Ketika Ketua MK, Hamdan Zoelva, menanyakan perihal aktivitas pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) di mana dia menjadi saksi, Novela menjawab bahwa tidak ada aktivitas pemilu di kampungnya.

“Tidak ada pemungutan suara karena bilik suara saja tidak ada,” jelasnya disambut gelak tawa para peserta sidang di Gedung MK, Selasa (12/8). Hamdan juga menanyakan apakah di lokasi TPS tersebut terdapat saksi lain dan petugas yang terlihat, dengan aksen lokal Novela kembali menjawab.

“Saya tidak tahu ada saksi lain atau tidak. Yang jelas saya ada di sana, tidak ada aktivitas pemilu. Itu saja dari kampung saya, terima kasih,” ucapnya dengan nada tinggi. Hakim lainnya, Patrialis Akbar, menanyakan apakah ada masyarakat yang terlihat di lokasi pemungutan suara di kampungnya.

Novela dengan spontan dan dengan tegas kembali menjawab, “Jangan tanya saya Pak, saya juga masyarakat. Terima kasih,” jelasnya. Hakim Arif Hidayat kemudian menanyakan Novela mengenai jarak antara kampungnya dengan distrik (kota kecamatan).

Novela pada awalnya menjawab 300 kilometer, tetapi beberapa saat kemudian ia sadar dan meralat ucapannya menjadi 300 meter.”Maaf pak, saya manusia bukan Tuhan, ada salah. Maksud saya 300 meter,” ucapnya disusul gelak tawa peserta persidangan.

Atas jawaban tersebut, Arif kemudian menanyakan dengan jarak yang tidak terlalu jauh apakah Novela melihat aktivitas pemilu di distrik tersebut. Novela menolak menjawab pertanyaan.

(Baca Juga: Ini Keterangan Novela, Saksi Prabowo Hatta yang Bikin Suasana Sidang Ger-geran, Saksi Prabowo Hatta Jujur Telah Lakukan Pelanggaran, Ini Saksi Prabowo Hatta yang Kesal dengan Pertanyaan Hakim, Kubu Jokowi-JK Sebut Saksi Prabowo-Hatta Seperti Srimulat)

KECELAKAAN UDARA: Pesawat Latih TNI AU Nyungsep di Sukoharjo

Sebuah pesawat latih berjenis AS 2022 Bravo berwarna perak milik TNI AU nyung sep di sawah setelah mendarat darurat di areal persawahan di Dukuh Jogodayoh, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, Selasa (12/8).

(JIBI/Solopos/Burhan Aris Muhtadi/Iskandar)

(JIBI/Solopos/Burhan Aris Muhtadi/Iskandar)

(Baca Juga: Inilah Penampakan Awak dan Pesawat Latih TNI AU yang Nyungsep di Sawah, Sebelum Pesawat Mendarat Darurat, Sempat Terdengar Ledakan 2 Kali, Pesawat Latih Jatuh di Persawahan Sukoharjo)

PERSIS 3-0 PSIR: Tak Terkalahkan, Persis ke 16 Besar

Sejarah baru diciptakan Persis Solo di kancah Divisi Utama Liga Indonesia. Tim berjuluk Laskar Sambernyawa ini lolos dari penyisihan grup dan menembus babak 16 besar. Bagaimana capaian ini diperoleh Persis, berikut laporan wartawan Solopos, Imam Yuda Saputra.

Persis Solo hanya membutuhkan torehan satu poin untuk memastikan langkahnya ke babak 16 besar Divisi Utama 2014, saat menjamu PSIR Rembang di Stadion Manahan, Selasa (12/8). Meski demikian, Laskar Sambernyawa sepertinya tak ingin mengecewakan para pendukungnya, Pasoepati, dengan menyempurnakan rekornya musim ini.

Janji itu pun benar-benar diwujudkan Persis. Tampil di depan pendukungnya, Persis tak hanya mencari aman, namun juga tampil garang, yang dibuktikan dengan torehan 3-0 ke gawang PSIR.

(Baca Juga: Kemenangan Laskar Sambernyowo Buah Rotasi Wiwid, Taklukkan PSIR 0-3, Persis ke 16 Besar, Persis Disambut Koreo “Go to ISL”, Ayo! Selangkah Lagi, Laskar Sambernyawa)

SURVEI PERKOTAAN: Solo dan Jogja Kota Ternyaman

Kota Solo dan Jogja termasuk dua dari tujuh wilayah ternyaman di Indonesia untuk ditinggali. Hal ini mengemuka dalam survei Most Livable City Index (MLCI) yang dilansir Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) pada Selasa (12/8).

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menilai hasil survei yang menempatkan Solo sebagai salah satu kota yang nyaman untuk ditinggali merupakan hasil dari kerja keras seluruh masyarakat Kota Bengawan. ”Komitmen dari kepala daerahnya. Kedua, komitmen



komunikasi. Mau melakukan komunikasi dengan siapapun. Tanpa ada koreksi, kritik dari masyarakat saya tidak bisa melayani masyarakat. Sehingga, Solo sebagai salah satu kota yang dianggap nyaman, ini merupakan kerja keras seluruh masyarakat Solo,” jelas dia saat ditemui Espos, di sela-sela halalbihalal dengan wartawan di Loji Gandrung, Selasa malam.

Rudy mengaku tak puas dengan capaian tersebut. Disampaikannya, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan guna mencapai target Solo menjadi kota aman, nyaman, dan kondusif. ”Kalau saya jadi orang tidak cepat puas. Tetapi lebih menerima survei itu untuk meningkatkan apa yang menjadi harapan masyarakat. Kami masih banyak yang harus dikerjakan,” terangnya.

Selain Solo dan Jogja, kota menengah di Indonesia yang indeks kenyamanannya di atas rata-rata nasional (63,2%) adalah Balikpapan, Malang, Palembang, Makassar, dan Bandung.

(Baca Juga: Ikatan Ahli Perencanaan Nilai Solo dan Jogja Kota Ternyaman, Setujukah Anda?)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya