Solopos Hari Ini: Momentum Tepat Misi Jokowi

Misi perdamaian yang dibawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ukraina dan Rusia diapresiasi. Upaya diplomasi itu disambut baik oleh pemimpin Ukraina dan Rusia yang diiringi isyarat positif kedua pihak bertikai.

 Harian Solopos edisi Jumat (1/7/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (1/7/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Misi perdamaian yang dibawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ukraina dan Rusia diapresiasi. Upaya diplomasi itu disambut baik oleh pemimpin Ukraina dan Rusia yang diiringi isyarat positif kedua pihak bertikai. Kamis (30/6/2022) Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin. Dalam pertemuan itu, Putin menyambut Jokowi dan menerima Indonesia sebagai negara yang memiliki hubungan dekat dengan Rusia.

“Saya sangat senang bertemu Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu ini adalah kunjungan pertama Anda ke negara kami,” kata Putin dalam naskah sambutannya untuk Jokowi yang dirilis melalui laman kremlin.ru, Kamis.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Indonesia adalah satu dari negara yang memiliki ikatan baik setelah menjalin hubungan diplomatik selama beberapa dekade. Yang penting, kami sedang mengembangkan hubungan kita di semua area, seperti ekonomi, politik dan keamanan, serta tentu upaya memerangi teronsme,” kata Putin. Putin juga menggarisbawahi perdagangan Indonesia dan Rusia naik 42% dan terus tumbuh pada tahun ini.

Dia juga menyebut ketertarikan Indonesia untuk menjalin hubungan dengan blok Eurasian Economic Union (EAEU). Terkait hal itu, Putin mengakui posisi penting Jokowi dalam presidensi G20 tahun ini dan memimpin pertemuan ASEAN tahun depan.

“Saya percaya kita akan fokus pada seluruh isu tersebut saat ini,” kata Putin. “Saat kita berbicara lewat telepon, Anda menunjukkan kekhawatiran dan pentingnya penyelesaian krisis di Ukraina, di Donbass. Saya akan memberitahu Anda secara detail segala yang terjadi di sana dan perspektif kami tentang masalah ini,” kata dia.

Baca juga: Momen Presiden Jokowi Bertemu Presiden Putin di Istana Kremlin Rusia

Rombongan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Moskow, Rusia, dengan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 mendarat di Bandara Vnukovo II pada Kamis sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Jokowi dan Irana turun dari pesawat dan disambut pejabat Federasi Rusia. Mereka antara lain Kepala Protokol Negara Federasi Rusia lgor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (1/7/2022).

Pembeli Pertalite Belum Dibatasi

JAKARTA — Pengguna Pertalite belum dibatasi selama masa uji coba pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi itu. Sementara itu, pemerintah segera mengajukan usulan kenaikan harga BBM ke Badan Anggaran (Banggar) DPR. PT Pertamina (Persero) mulai membuka pendaftaran untuk uji coba pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite melalui quick response (OR) code mulai Jumat (1/7/2022).

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan pihaknya akan membuka pendaftaran identitas kendaraan tersebut selama 30 hari ke depan untuk di 11 daerah. Selama masa tersebut, Pertamina akan terus mengevaluasi penerapan kebijakan tersebut di lapangan. Hal itu menyangkut dengan pengawasan, termasuk antusiasme pendaftaran masyarakat.

Baca juga: Konsumen Bisa Cetakan QR Code untuk Transaksi Beli Pertalite dan Solar 

“Pertalite masih terbuka, terbuka untuk semua kendaraan,” ujarnya dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (30/6/2022). Ito mengatakan rencana pembatasan pembeli Pertalite tersebut merupakan salah satu upaya untuk menekan jebolnya kuota subsidi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Melalui pendaftaran identitas kendaraan dan penggunanya, setiap pembelian Pertalite dapat mudah didata.

Selain itu, penyaluran Pertalite bisa diawasi agar penyalurannya lebih tepat sasaran. “Ketika mencocokkan data kalau sudah sesuai maka user tadi itu akan tergolong sebagai masyarakat yang terdaftar untuk menerima BBM bersubsidi,” ungkapnya.

Pertamina juga menyebut pendaftaran kendaraan dan identitasnya ke aplikasi MyPertamina hanya ditujukan untuk kendaraan roda empat. Menurut Irto, pembukaan pendaftaran di 11 daerah yang telah ditentukan tidak diperlukan untuk kendaraan roda dua. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (1/7/2022).

Terancam Tak Dapat Siswa

SOLO — Beberapa satuan pendidikan sekolah dasar (SD) hanya mendapatkan pendaftar kurang dari 10 orang. Mereka menilai faktor geografis yang menjadi penyebab utama sekolahan hanya mendapatkan sedikit siswa. Berdasarkan pantauan Espos di laman ppdb.surakarta,go.id, Kamis (30/6/2022) pukul 17.00 WIB, hanya ada dua pendaftar yang masuk dalam data pendaftar SDN Sriwedari No. 197.

Dua pendaftar itu menempatkan SDN Sriwedari No.197 sebagai pilihan kedua. Apabila mereka diterima di pilihan pertama dan melakukan daftar ulang, maka dapat dipastikan SDN Sriwedari No.197 tak mendapat murid satu pun. Kepala SDN Sriwedari No.197, Bambang Suryo Riyadi, mengatakan lokasi sekolah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sedikitnya pendaftar.

Baca juga: Miris! Lokasi Tengah Kota, SDN Sriwedari Solo Terancam Tak Dapat Murid

Sistem zonasi menjadi faktor kedua. Sistem zonasi memprioritaskan jarak domisili siswa dengan sekolah yang dipilih. Sementara, SDN Sriwedari No.197 letaknya jauh dari permukiman. “Zonasi itu iya, selain itu di lingkungan sini ada perhotelan, kantor, GOR, stadion, kan otomatis seperti tak ada perkampungan. Misal ada perkampungan pun, jauh di sana, Di sini, belakang sekolahan pun hanya kecil kampungnya,”tutur dia saat ditemui Solopos, Kamis.

Sejak penerapan sistem zonasi,Mjumlah siswa dari tahun ke tahun cenderung menurun. Saat ini, hanya ada lima siswa di Kelas I, tiga siswa Kelas Il, dan delapan siswa Kelas III. “Sebelum ada zonasi ya sedikit. Ketambahan ada zonasi, yang banyak dari kelas Ill ke atas Kelas Vl ada 19 siswa,” tutur dia. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Jumat (1/7/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      + PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Berita Terkini

      3 Kelompok Ferdy Sambo dalam Rekayasa Kasus Kematian Brigadir J

      Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. menyebut dengan istilah Kerajaan Sambo.

      Ada Kerajaan Sambo di Polri, Ini Kata Menkopolhukam Mahfud Md

      Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. menyebut dengan istilah Kerajaan Sambo.

      Pengacara Terima 5 Kuasa Baru untuk Jerat Ferdy Sambo dan Istri

      Surat kuasa hukum baru itu untuk melaporkan Irjen Pol Ferdi Sambo dan istrinya, Putri Chandrawathi.

      Menteri Agama: Kuota Haji 2023 akan Bertambah

      Kuota jemaah haji untuk musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi diprediksi akan bertambah.

      Pengamat: Pidato Puan Maharani Ingatkan Seruan Bung Karno 17 Agustus 1959

      Hal lain yang dicatat oleh Airlangga adalah Puan Maharani menyatakan Indonesia ke depan harus muncul sebagai kekuatan ekonomi yang bersendikan pada kekuatan Indonesia sebagai negara industri.

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Dugaan Korupsi Surya Darmadi Rp78 Triliun, KPK: Tak Ada Rebutan Perkara

      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak ada rebutan perkara dalam mengusut kasus bos PT Duta Palma/Darmex Group, Surya Darmadi.

      Kapal Pengangkut BBM Terbakar, 1 Orang Meninggal

      Kebakaran kapal pengangkut BBM itu mengakibatkan seorang karyawan meninggal dunia.

      Wow! Bayi Panda Ini Terberat di Dunia

      Seekor bayi panda raksasa berjenis kelamin betina berbobot 270,4 gram menjadi bayi panda penangkaran dengan bobot terberat di dunia yang pernah tercatat.

      Diduga Rekayasa Kematian Brigadir J, Eks Penasihat Kapolri Masih Saksi

      Mantan penasihat ahli Kapolri, Fahmi Alamsyah, diduga kuat membantu Ferdy Sambo membuat skenario pembunuhan Brigadir Brigadir J sebagai baku tembak saat ini masih berstatus sebagai saksi.

      Polisi Hati-hati Usut Kasus Dugaan Pencabulan Santri di Ponpes Bandung

      Polisi sedang mengusut kasus pencabulan yang diduga dilakukan seorang pimpinan ponpes terhadap santri di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

      Polisi akan Buka Hasil Pemeriksaan Istri Ferdy Sambo Besok

      Timsus Polri telah memeriksa istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi dan akan menyampaikan hasilnya besok, Jumat (19/8/2022).

      Kapuspen Ungkap Jenderal Bintang Satu Penembak Kucing di Sesko TNI

      Kapuspen TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa, mengungkap pelaku yang menembak beberapa ekor kucing di Sekolah Komando (Sesko) TNI Bandung, Jawa Barat.

      Dari Gobog Majapahit hingga Rupiah, Lini Masa Mata Uang Indonesia

      ada abad ke-14, Kerajaan Majapahit sudah memiliki mata uang sendiri bernama Gobog yang terbuat dari tembaga. Pada masa kolonial, Indonesia mengalami beberapa kali pergantian mata uang. Hingga akhirnya pemerintah meluncurkan rupiah sebagai mata uang resmi beberapa tahun setelah era kemerdekaan.

      Fadil Imran Trending, Pakar Hukum M Taufiq: Dia Layak Dicopot!

      Ahli hukum pidana asal Kota Solo, Muhammad Taufiq sependapat bahwa Fadil Imran layak dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya.

      Saksi Kunci, Istri Ferdy Sambo Sudah Diperiksa Polisi

      Kadiv Humas Polri mengatakan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, sudah diperiksa sebagai saksi dalam kasus pembunuhan Brigadir J.