Solopos Hari Ini: Misteri Motif Berdarah

Meski Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua (Brigadir J), namun motif pembunuhan hingga kini masih menjadi misteri.

 Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua (Brigadir J). Namun, motif pembunuhan hingga kini masih menjadi misteri.

Menkopolhukam Mahfud Md sempat menyebut motif penembakan Brigadir J yang diotaki Ferdy Sambo sensitif dan hanya boleh didengar orang dewasa. Mahfud menyampaikan hal itu saat memberi keterangan pemerintah atas ditetapkannya Ferdy Sambo, Selasa malam.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Mahfud tidak menyebut apa motif yang membuat Ferdy Sambo menjadi otak penembakan Brigadir J di rumah dinasnya di Kompleks Polri Duren Tiga Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022. Dia hanya menyebut, bahwa motif pembunuhan yang melibatkan para ajudan Ferdy Sambo itu banyak beredar di tengah masyarakat.

“Yang penting sekarang telurnya sudah pecah dulu, itu yang kita apresiasi. Soal motif biar nanti dikonstruksi hukumnya. Karena itu sensitif yang mungkin hanya boleh diketahui orang-orang dewasa. Biar nanti dikonstruksi oleh polisi, apa sih motifnya. Kan sudah banyak di tengah masyarakat,” ujar Mahfud, Selasa (9/8/2022).

Seperti kata Mahfud, spekulasi tentang motif pembunuhan Brigadir J telah berseliweran di media sosial. Salah satunya akun Twitter @opposite6890, akun anonim yang beberapa waktu lalu menyebut sejumlah kejanggalan narasi tembak-menembak di awal pengungkapan kasus ini.

Baca juga: Jejak Berdarah Duren Tiga Akhiri Karier Moncer Ferdy Sambo

Akun tersebut mengunggah narasi tentang kasus ini, termasuk keberadaan istri Sambo, Putri Candrawathi, saat itu, meski dibantah oleh kepolisian. Narasi @opposite6890 itu juga membandingkan kasus ini dengan pengusutan kasus tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di KM 50 tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu.

Berdasarkan penelusuran, Sambo selaku Kadiv Propam Pol bertugas mengusut kasus penembakan itu dengan menurunkan 30 orang. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Dream Theater Yang Tak Pernah Uzur

SOLO — Zaman cepat berubah. Tetapi itu tak mengubah selera penggemar musik metal era 1990-an. Penampilan James LaBrie, John Petrucci, John Myung, dan Mike Mangini di Solo, Rabu (10/8/2022) malam, membuktikan hal itu. Lagu berjudul The Alien menjadi pembuka konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan Solo, Rabu malam.

Tanpa band pembuka, Dream Theater langsung naik panggung pada pukul 20.00 WIB. Ribuan penonton yang sudah menunggu kehadiran John Myung dan kawan-kawan sontak ikut bernyanyi mengikuti suara sang vokalis, James LaBrie.

Ratusan cahaya layar handphone terangkat pertanda penggemar merekam penampilan langka band legendaris asal Amerika Serikat itu. Area penonton terlihat padat dengan mayoritas memakai pakaian warna hitam. Mereka berdiri sambil menikmati alunan musik dan ikut menyanyi.

Baca juga: 2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

Di panggung, walau sudah berumur, performa para personel Dream Theater masih seperti saat mereka manggung dua dekade silam John Petrucci dkk. langsung menggeber empat lagu sekaligus tanpa jeda di awal konser. Masing-masing lagu memiliki durasi berbeda, rata-rata lebih dari lima menit per lagu.

Pada lagu keempat yang berjudul Endless Sacrifice, penonton mulai panas, Ini merupakan salah satu lagu populer dari Dream Theater. Endless Sacrifice ditulis oleh Petruca yang diyakini sebagai lagu untuk orang yang dicintainya dan ditulis pada 2003 lalu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Pembebasan Lahan Lagi

SOLO — Pemerintah akan membebaskan banyak lahan untuk penataan simpang dan underpass Joglo di Kecamatan Banjarsari, Solo. Perkiraan biaya pembebasan lahan sekitar Rp400 miliar.

Hasil rekapitulasi data lahan yang akan dibebaskan dari konsultan independen ditarget selesai pada akhir bulan ini. Demikian disampaikan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng dan DIY Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wida Nurfaida setelah bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah Putu Sumarjaya di Balai Kota Solo, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

“Jadi kami satu-kesatuan. Kami pekerjaannya penataan simpang Joglo dan underpass. Harapan kami paralel dengan pekerjaan elevated railway,” kata dia. Konstruksi pembangunan underpass masih sama di satu area dengan elevated railwayKonstruksi bersamaan supaya masyarakat tidak terganggu berkali-kali, termasuk dampak kemacetannya.

Wida menjelaskan tanah, bangunan, dan tanaman bakal masuk daftar pembebasan lahan untuk penataan simpang dan underpass Joglo. Proses pembebasan lahan sama seperti pembebasan lahan pada umumnya. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Aktivis Papua Minta Lukas Enembe Hadapi Proses Hukum di KPK

      Aktivis Papua Charles Kossay meminta Gubernur Lukas Enembe berjiwa besar untuk menghadapi proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukannya.

      Kunjungan ke Gili Ketapang Probolinggo Naik Drastis Seusai Pandemi Mereda

      Pulau kecil di Probolinggo Jatim yang menawarkan keindahan alam bawah laut lewat snorkeling tersebut selama pandemi pernah nol kunjungan selama empat bulan.

      Tapanuli Utara Diguncang Gempa M 6.0, 1 Warga Meninggal Dunia

      Selain menyebabkan 1 warga meninggal dunia, gempa bumi di Tapanuli Utara Sumatra Utara juga menyebabkan sembilan orang terluka.

      Puan Bakal Bacakan Ikrar di Upacara Hari Kesaktian Pancasila

      Sejumlah wakil rakyat menjadi petugas pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022), termasuk Ketua DPR Puan Maharani yang ditugasi membacakan dan menandatangani ikrar. 

      Masa Berlaku Paspor RI Jadi 10 Tahun, Begini Syarat dan Cara Penerbitannya

      Imigrasi menyatakan untuk wakru penerapan paspor dengan masa berlaku 10 tahun masih dalam tahap persiapan.

      Ini 4 Negara yang Eksis Komunis

      Komunis adalah salah satu ideologi yang diterapkan di beberapa negara. Hingga kini, eksistensi negara komunis masih ada.

      Besok Operasi Zebra 2022 Dimulai, Kakorlantas: Tilang Bukan Target, Tapi Tertib

      Operasi Zebra 2022 yang akan dilaksanakan selama 14 hari di seluruh wilayah Indonesia mulai 3-16 Oktober 2022.

      Ini Pesan Nadiem Makarim di Hari Kesaktian Pancasila

      Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan saktinya Pancasila terletak bagaimana menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari sebagai Bangsa Indonesia.

      Seusai Ramai Kabar Lesti Kejora, KPI Larang Pelaku KDRT Tampil di TV & Radio

      Setelah ramai kabar Lesti Kejora menjadi korban KDRT Rizky Billar, KPI Pusat melarang pelaku KDRT untuk tampil di TV dan radio.

      Lukas Enembe Tersangka, KPK: Jangan Provokasi Masyarakat!

      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan penetapan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka murni penegakan hukum yang menurut Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, penanganan perkaranya murni tindak lanjut atas laporan masyarakat.

      Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022

      Berikut ini terdapat naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022 yang biasanya dibaca saat momen upacara.

      Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dan Maknanya

      Berikut ini terdapat cerita sejarah Hari Kesaktian Pancasila dan maknanya yang diperingati tanggal 1 Oktober setiap tahunnya.

      Tak Daftar di Sihalal, Sertifikat Halal Tak Keluar

      sesuai regulasi, satu-satunya pihak yang berwenang mengeluarkan sertifikasi halal hanya BPJPH.

      13 Perwira Polri Naik Pangkat, Ada 8 Jenderal Baru

      Sebanyak 13 pati Polri mendapatkan kenaikan pangkat baik dari Komisaris Besar (Kombes) ke Brigadir Jenderal (Brigjen) maupun Brigjen ke Inspektur Jenderal (Irjen).

      Jutaan Masyarakat Indonesia Bakal Jatuh Miskin karena Garis Kemiskinan

      Sebanyak 13 juta warga negara Indonesia (WNI) terancam jatuh miskin akibat Bank Dunia (World Bank) mengubah standar garis kemiskinan baru.