Solopos Hari Ini: Misteri Motif Berdarah

Meski Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua (Brigadir J), namun motif pembunuhan hingga kini masih menjadi misteri.

 Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua (Brigadir J). Namun, motif pembunuhan hingga kini masih menjadi misteri.

Menkopolhukam Mahfud Md sempat menyebut motif penembakan Brigadir J yang diotaki Ferdy Sambo sensitif dan hanya boleh didengar orang dewasa. Mahfud menyampaikan hal itu saat memberi keterangan pemerintah atas ditetapkannya Ferdy Sambo, Selasa malam.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Mahfud tidak menyebut apa motif yang membuat Ferdy Sambo menjadi otak penembakan Brigadir J di rumah dinasnya di Kompleks Polri Duren Tiga Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022. Dia hanya menyebut, bahwa motif pembunuhan yang melibatkan para ajudan Ferdy Sambo itu banyak beredar di tengah masyarakat.

“Yang penting sekarang telurnya sudah pecah dulu, itu yang kita apresiasi. Soal motif biar nanti dikonstruksi hukumnya. Karena itu sensitif yang mungkin hanya boleh diketahui orang-orang dewasa. Biar nanti dikonstruksi oleh polisi, apa sih motifnya. Kan sudah banyak di tengah masyarakat,” ujar Mahfud, Selasa (9/8/2022).

Seperti kata Mahfud, spekulasi tentang motif pembunuhan Brigadir J telah berseliweran di media sosial. Salah satunya akun Twitter @opposite6890, akun anonim yang beberapa waktu lalu menyebut sejumlah kejanggalan narasi tembak-menembak di awal pengungkapan kasus ini.

Baca juga: Jejak Berdarah Duren Tiga Akhiri Karier Moncer Ferdy Sambo

Akun tersebut mengunggah narasi tentang kasus ini, termasuk keberadaan istri Sambo, Putri Candrawathi, saat itu, meski dibantah oleh kepolisian. Narasi @opposite6890 itu juga membandingkan kasus ini dengan pengusutan kasus tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di KM 50 tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu.

Berdasarkan penelusuran, Sambo selaku Kadiv Propam Pol bertugas mengusut kasus penembakan itu dengan menurunkan 30 orang. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Dream Theater Yang Tak Pernah Uzur

SOLO — Zaman cepat berubah. Tetapi itu tak mengubah selera penggemar musik metal era 1990-an. Penampilan James LaBrie, John Petrucci, John Myung, dan Mike Mangini di Solo, Rabu (10/8/2022) malam, membuktikan hal itu. Lagu berjudul The Alien menjadi pembuka konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan Solo, Rabu malam.

Tanpa band pembuka, Dream Theater langsung naik panggung pada pukul 20.00 WIB. Ribuan penonton yang sudah menunggu kehadiran John Myung dan kawan-kawan sontak ikut bernyanyi mengikuti suara sang vokalis, James LaBrie.

Ratusan cahaya layar handphone terangkat pertanda penggemar merekam penampilan langka band legendaris asal Amerika Serikat itu. Area penonton terlihat padat dengan mayoritas memakai pakaian warna hitam. Mereka berdiri sambil menikmati alunan musik dan ikut menyanyi.

Baca juga: 2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

Di panggung, walau sudah berumur, performa para personel Dream Theater masih seperti saat mereka manggung dua dekade silam John Petrucci dkk. langsung menggeber empat lagu sekaligus tanpa jeda di awal konser. Masing-masing lagu memiliki durasi berbeda, rata-rata lebih dari lima menit per lagu.

Pada lagu keempat yang berjudul Endless Sacrifice, penonton mulai panas, Ini merupakan salah satu lagu populer dari Dream Theater. Endless Sacrifice ditulis oleh Petruca yang diyakini sebagai lagu untuk orang yang dicintainya dan ditulis pada 2003 lalu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Pembebasan Lahan Lagi

SOLO — Pemerintah akan membebaskan banyak lahan untuk penataan simpang dan underpass Joglo di Kecamatan Banjarsari, Solo. Perkiraan biaya pembebasan lahan sekitar Rp400 miliar.

Hasil rekapitulasi data lahan yang akan dibebaskan dari konsultan independen ditarget selesai pada akhir bulan ini. Demikian disampaikan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng dan DIY Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wida Nurfaida setelah bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah Putu Sumarjaya di Balai Kota Solo, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

“Jadi kami satu-kesatuan. Kami pekerjaannya penataan simpang Joglo dan underpass. Harapan kami paralel dengan pekerjaan elevated railway,” kata dia. Konstruksi pembangunan underpass masih sama di satu area dengan elevated railwayKonstruksi bersamaan supaya masyarakat tidak terganggu berkali-kali, termasuk dampak kemacetannya.

Wida menjelaskan tanah, bangunan, dan tanaman bakal masuk daftar pembebasan lahan untuk penataan simpang dan underpass Joglo. Proses pembebasan lahan sama seperti pembebasan lahan pada umumnya. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Video Tragedi Kanjuruhan Dihapus Polisi, LPSK: Tidak Profesional

      Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu menyatakan penghapusan video sebagai barang bukti tragedi Kanjuruhan, dinilai LPSK sebagai perbuatan yang berlebihan.

      Agar Warga Tertarik, Pemerintah Perlu Beri Diskon Pembelian Kendaraan Listrik

      Biaya manufaktur, supply chain, hingga pembelian unit jadi kendaraan listrik berperan besar dalam mempecepat elektrifikasi sektor transportasi.

      BMKG: Puncak Musim Penghujan pada Desember 2022 hingga Januari 2023

      Sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki puncak musim penghujan pada Desember 2022 hingga Januari 2023.

      Polri: 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan Kena Pasal Berbeda

      Keenam tersangka tragedi Kanjuruhan dikenakan pasal berbeda sesuai peran masing-masing.

      Anies Kunjungan ke Kantor DPP Partai Demokrat Seusai Deklarasi Capres

      Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjungan ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Menteng Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

      CEO Freeport McMoran Ingin Tambah Jumlah Karyawan Asli Papua

      Chairman of the Board and CEO Freeport McMoRan (FCX) Richard C. Adkerson mengatakan sebagian besar karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) telah didominasi oleh orang Papua asli sejak 1996.

      Bos Freeport McMoRan Janjikan Bangun Smelter di Papua

      Chairman of the Board and CEO Freeport McMoRan (FCX) Richard C. Adkerson mengatakan pihaknya tengah mencari peluang untuk ikut mengembangkan pabrik pemurnian dan pengolahan mineral logam atau smelter di Papua. 

      Bea Cukai Tak Temukan Beras Impor Ilegal di Jambi

      Bea Cukai tidak menemukan beras impor ilegal. Justru menemukan barang selundupan pupuk dan produk kacang-kacangan.

      Kementerian Luar Negeri Pastikan Tidak Ada WNI Korban Penambakan di Thailand

      Kementerian Luar Negeri memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban penembakan massal di Thailand

      OPEC+ Pangkas Target Produksi, Harga Minyak Melojak

      Harga minyak melonjak pada akhir perdagangan Kamis (6/10/2022) hingga mencatat kenaikan untuk sesi keempat berturut-turut. Pemicunya, Organization of the Petroleum Exporting Countries Plus (OPEC+) setuju memangkas target produksi sebesar 2 juta barel per hari.

      Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan Punya Kesalahan Berbeda

      Tiga tersangka tragedi Kanjuruhan dijerat dengan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 dan/atau Pasal 103 ayat (1) juncto Pasal 52 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

      Kader PPP Jakarta Dukung Ganjar Pranowo Maju ke Pilpres 2024

      Alasan dukungan karena Ganjar dianggap bagian dari keluarga PPP, yakni jika dilihat kakek-neneknya pernah menjabat sebagai Ketua DPC PPP dan anggota dewan dari PPP.

      Total Ada 11 Tembakan Gas Air Mata, Tujuh ke Arah Tribune Stadion Kanjuruhan

      Kekacauan yang melibatkan ribuan suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan itu berujung tewasnya 131 penonton.

      Ketua DPR: Rusia Ingin Garap Proyek Kereta Api di IKN Nusantara

      Indonesia saat ini masih menunggu soal kelanjutan dari tawaran Presiden Putin untuk mengembangkan transportasi kereta api di IKN Nusantara.

      Katarak Penyebab Tertinggi Kebutaan di Indonesia

      Hasil survei RAAB tahun 2014-2015, di Indonesia ada 15 provinsi menunjukkan angka kebutaan lebih dari tiga persen dengan penyebab kebutaan tertinggi adalah katarak.

      Identitas Diketahui, Pembantai Pekerja Jalan Trans Papua Barat dari KKB Maybrat

      11 Anggota KKB terduga pelaku penyerangan itu teridentifikasi berdasarkan gambar dan video yang disebar setelah aksi penyerangan.