SOLOPOS.COM - Solopos edisi Rabu (9/10/2013). (Isaryanto/JIBI/Solopos.com)

Solopos.com, SOLO – Harian Umum Solopos, Rabu (9/10/2013) ini mengapresiasi kemenangan Timnas U-19 Indonesia atas Timnas U-19 Laos dalam ajang kualifikasi Piala AFC U-19, Selasa (8/10) malam.

Di sisi lain, kepemilikan mobil Mercy Akil atas nama sopir hingga hasil tes urine Akil juga masih menjadi sajian di halaman depan. Berita lokal, yang menarik Solo butuh semangat partiasipasi dari para warganya untuk bersaing di ajang New 7 Wonders City. Hingga Rabu, Solo berhasil masuk 77 peringkat dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sajian berita-berita di HU Solopos hari ini:

Garuda Muda Buka Jalan

Timnas Indonesia U-19 tak berhenti membuat sensasi. Hasil impresif ditorehkan Evan Dimas dkk. saat melakoni debut di laga penyisihan Grup G kualifikasi Piala AFC U-19, Selasa (8/10) malam.

Skuat Garuda Muda berjaya menghancurkan Laos, yang mengakhiri laga dengan sembilan pemain, dengan skor telak 4-0 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta. Kemenangan besar ini membuka harapan Indonesia untuk lolos ke babak utama Piala AFC U-19.

Indonesia pun untuk sementara bertengger di puncak klasemen Grup G bersama Korea Selatan (Korsel). Indonesia mengantongi nilai tiga, sama dengan Korea Selatan, yang pada laga sebelumnya juga meraih hasil superior 4-0 kontra Filipina.

Akil Negatif Narkoba, MK Pertanyakan SS & Ganja

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan hasil pemeriksaan urine dan rambut Akil Mochtar negatif narkoba. Karena itu, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva, mempertanyakan temuan sabu-sabu (SS) dan ganja di ruang Akil.

“Saya hanya minta kepada penegak hukum mencari tahu ini kerjaan siapa [temuan narkoba di laci meja kerja Akil Mochtar],” kata Hamdan Zoelva di Gedung MK, Jakarta, Selasa (8/10).

Penyidik KPK menemukan narkoba berupa tiga linting ganja dan dua pil SS dalam bungkus rokok saat melakukan penggeledahan di ruang kerja Akil, Kamis (3/10) malam.

BNN menyatakan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap rambut dan urine menunjukkan Akil tak menggunakan narkoba. “Hasil tes tersebut negatif karena dua kemungkinan besar, pertama pada saat narkoba itu ditemukan AM [Akil Mochtar] tidak sedang tertangkap tangan,” kata Kepala Bagian Humas BNN Kombes Pol Sumirat Dwiyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Kedua, lanjut Sumirat, jangka waktu pemakaian narkoba tersebut sudah lama. “Kemungkinan, pelaku menggunakan narkoba tersebut sudah lama, jadi tidak terdeteksi dalam sampel urine,” ucapnya.

Dia menjelaskan pada umumnya jangka waktu kandungan narkoba bertahan dalam tubuh berbeda-beda, seperti metamfetamin dalam pil tersebut bertahan hingga tujuh hari, sementara ganja lebih lama, dua pekan sampai satu bulan.

Mercy Akil Diatasnamakan Sopir

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita tiga mobil mewah di rumah eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Mercy Akil ternyata diatasnamakan sopirnya, Daryono.

“Mercy S 350, Audi Q5 dan Crown Athlete,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di kantornya, Selasa (8/10).

Rumah Akil di Liga Mas, Pancoran, Jakarta digeledah Selasa siang hingga malam. “Ditemukan dan dilakukan penyitaan surat berharga dengan nilai di atas Rp2 miliar,” papar Johan.

Penyidik menduga ada kaitan mobil tersebut dengan kasus yang tengah diusut KPK. Salah satu mobil mewah Akil yang disita KPK adalah Mercy S 350 berpelat nomor B 1176 SAI. Mobil mewah warna hitam ini ternyata masih baru dan diatasnamakan sopir Akil, Daryono. “Atas nama Daryono dan baru beli,” kata Johan. Mobil ini baru menghabiskan 866 km. Mobil lain yang disita adalah Toyota Cown Athlete berpelat nomor B 1614 SCZ dan Audi Q5 B 234 KIL.

KPK menilai Daryono sebagai saksi penting bagi Akil. Meski sopir, Daryono tahu banyak soal transaksi Akil. Saat dipanggil penyidik untuk diperiksa, Senin (7/10), Daryono mangkir.

Solo Masuk 77 Besar New 7 Wonders Cities

Kota Solo masuk dalam 77 besar dalam kontes tujuh kota ajaib di dunia (New 7 Wonders Cities/N7WC). Solo akan bersaing dengan kota-kota besar dunia lainnya seperti Tokyo, Jepang; New York, Amerika Serikat; Doha, Qatar hingga Paris, Prancis.

Wakil Indonesia lainnya dalam N7WC, Jakarta juga masuk dalam 77 besar. Sebanyak 77 kota menyisihkan lebih dari 300 kota di dunia dalam tahap kualifikasi yang digelar sejak 2012 hingga 7 Oktober 2013. Tahap kualifikasi menggunakan voting online dan pesan singkat (SMS).

Dalam tahap kualifikasi, Solo dan Jakarta tergabung dalam region Asia Tenggara dan Oseania. Kini, karena sudah masuk dalam 77 besar, Solo dan Jakarta harus bersaing secara langsung dengan kota-kota besar lainnya di dunia.



Berdasarkan pantauan Solopos.com  di website www.new7wonders.com, Selasa (8/10) malam, tahap seleksi terhadap 77 kota di dunia dilakukan mulai 7 Oktober-21 Oktober. Panel ahli akan menyaring 28 kota sebagai calon finalis tujuh kota ajaib di dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya