Solopos Hari Ini: Menkeu Minta Tambah Rp275 T

Pemerintah menyodorkan dua pilihan sebagai respons terhadap tingginya harga minyak dunia. Pilihan itu yakni menambah anggaran Rp275 triliun untuk subsidi dan kompensasi energi 2022 atau harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik naik.

 Harian Solopos Hari Ini edisi Jumat (20/5/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos Hari Ini edisi Jumat (20/5/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menyodorkan dua pilihan sebagai respons terhadap tingginya harga minyak dunia. Pilihan itu yakni menambah anggaran Rp275 triliun untuk subsidi dan kompensasi energi 2022 atau harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik naik.

Dengan demikian, potensi beban dan kompensasi energi untuk menahan gejolak harga komoditas tahun 2022 mencapai Rp443,6 triliun. Disodorkannya pilihan menambah anggaran itu agar kesehatan APBN terjaga, yakni mengembalikan defisit tetap dalam batas aman di kisaran 4,50 persen PDB.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kebutuhan subsidi dan kompensasi energi 2022 meningkat drastis seiring kenaikan harga harga minyak dunia yang tembus US$ 100 per barel. Untuk itu, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, meminta penambahan anggaran dan kompensasi BBM.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam Rapat Kerja Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Raker Banggar DPR) terkait persetujuan tambahan kebutuhan anggaran dalam merespons kenaikan harga komoditas, Kamis (19/5/2022) pagi.

Berdasarkan pantauan Solopos, argumen kebutuhan tambahan anggaran untuk subsidi dan kompensasi energi itu, yakni asumsi APBN terhadap harga minyak dunia atau Indonesia crude price (ICP) yakni US$63 per barel. Padahal saat ini, rata-rata harga ICP mencapai US$99,4 per barel.

Baca juga: Isu Kenaikan Harga Pertalite, Ini Kata Menteri BUMN Erick Thohir

Selisih harga itu menyebabkan kekurangan kebutuhan anggaran subsidi BBM dan pembayaran kompensasi kepada PT Pertamina (Persero). Sri Mulyani menyebut bahwa kebutuhan biaya subsidi akan melonjak dari Rp134 triliun menjadi Rp208,9 triliun dan kompensasi melonjak dari Rp18,5 triliun menjadi Rp234,6 triliun.

“Pilihannya hanya dua, kalau ini [langganan subsidi dan kompensasi] tidak dinaikkan harga BBM dan listrik naik, kalau harga BBM dan listrik tidak naik, ya ini yang naik. Tidak ada in between, pilihannya hanya dua,” kata dia. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (20/5/2022).

Jokowi Buka Lagi Ekspor Minyak Goreng

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ekspor minyak goreng dibuka lagi mulai Senin (23/5/2022). Harga dan pasokan minyak goreng domestik serta nasib para petani serta pekerja sawit meniadi pertimbangan kebijakan itu.

“Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/05/2022), sebagaimana disiarkan melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Stok Melimpah, Jokowi Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng

Jokowi mengatakan pemerintah akan terus memantau dan mengawasi secara ketat ketersediaan dan harga minyak goreng di pasar domestik. “Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau,” tambahnya.

Seperti diketahui, kebijakan penyetopan ekspor minyak goreng bertujuan memulihkan harga dan pasokan Tanah Air. Pasokan dan harga minyak goreng telah menjadi masalah besar bagi masyarakat.

Antrean pembelian minyak goreng, baik curah maupun kemasan, menjadi pemandangan, ironis mengingat Indonesia menjadi negara penghasil bahan minyak goreng terbesar. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (20/5/2022).

Nasib Perempuan di Sektor UMKM

SOLO — Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan sebesar 64,5% atau 37 juta pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) pada 2018 adalah perempuan. Namun, pekerjaan rumahnya (PR) adalah perempuan tertinggal dari sisi teknologi digital sehingga harus mendapat pelatihan dan edukasi.

Para perempuan itu masih bergerak di sektor mikro dan informal. Banyak bahkan yang belum mempunyai akses ke dunia digital. Sementara itu, data Kementerian Koperasi dan UKM 2021 menunjukkan 34,72% UMM di Indonesia terkendala akses pasar, pemasaran, maupun promosi.

Padahal ketiganya berkaitan erat dengan penggunaan teknologi. Sektor UMKM mampu memberikan kontribusi terhadap lapangan kerja sebesar 97% dan berkontribusi terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) sebesar 57,8%.

Baca juga: Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Director and Chief and Sustainability Officer (CRSO) Amartha Mikro Fintek Aria Widyanto yang merupakan lulusan studi pembangunan berkelanjutan, gender dan kemiskinan di University of London mengatakan perempuan tertinggal dalam urusan teknologi digital. Perlu edukasi untuk mereka.

“Perempuan lebih tertinggal dalam teknologi digital sehingga perlu diajarin ya,” jelas dia saat mengisi workshop di Solo Techno Park (STP) Solo, Kamis (19/5/2022). Kondisi tersebut disebabkan beberapa faktor. Di antaranya, akses perempuan dalam pendidikan di daerah-daerah pinggiran utamanya masih terbatas. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Jumat (20/5/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Ini 5 Kelompok Pelanggan PLN yang Terdampak Kenaikan Tarif Listrik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Jalan Tersendat Gugatan Investasi Tabung Tanah

Asfa Davy Bya, pengacara Sri Sukarsi dan Marsiti, Kamis (30/6/2022), menyatakan perkara tabung tanah tersebut belum selesai.

Kenaikan Tarif Listrik Jumat Besok Hanya Berdampak pada Orang Kaya

Tarif listrik yang naik adalah untuk pelanggan berdaya 3.500 VA ke atas yang jumlahnya hanya 2,5 persen dari total pelanggan PLN. 

3 Robot R2C Karya Mahasiswa UKSW Melenggang ke KRI Tingkat Nasional

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., mengatakan dengan lolosnya 3 robot R2C ke KRI tingkat nasional adalah hasil baik yang harus diapresiasi dan disyukuri.

Tarif Listrik Naik, Sebanyak 2,09 Juta Pelanggan PLN Kena Dampak

Kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Rocky Gerung Ingatkan Anies Jebakan Batman Sunny Tanuwidjaja

Rocky Gerung menyebut bergabungnya Sunny Tanuwidjaja ke Anies Baswedan bisa menjadi jebakan Batman.

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Profil Sunny Tanuwidjaja, Pembela Ahok yang Menjadi Pendukung Anies

Sunny Tanuwidjaja adalah staf ahli Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sebelum kalah dari Anies Baswedan pada Pilgub DKI 2017.

Bawa Pesan Presiden Ukraina, Jokowi Bertemu Putin Hari Ini

Jokowi bertemu Putin dengan membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Restorasi Meiji menjadi momentum sejarah lahirnya becak sebagai sarana transportasi di Jepang.

Sunny Tanuwidjaya, Eks Staf Ahok, Kini Dukung Anies Baswedan

Profil Sunny Tanuwidjaja bukanlah sosok baru di dunia perpolitikan khususnya Jakarta.

Hutan Berbasis Kaveling untuk Mitigasi Dampak Buruk Industrialisasi

Komunitas Jatiwangi art Factory yang berbasis di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat pada pekan lalu meluncurkan Perusahaan Hutan Tanaraya atau Perhutana.

Pengamat Ungkap Peluang KIB Bisa Menang di Pemilu 2024

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memiliki peluang untuk memenangkan Pemilu 2024. 

Sah, Muktamar Muhammadiyah Digelar Luring dan Penggembira Boleh Hadir

Pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Kota Solo, November 2022, digelar luring dan penggembira boleh menghadiri muktamar.

RI Tak Ambil Tambahan Kuota Haji 10.000, Ini Alasannya

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengatakan bahwa penambahan kuota itu hanya diperuntukkan bagi jemaah haji reguler sehingga dari sisi waktu tidak memungkinkan.