SOLOPOS.COM - Koran Solopos hari ini edisi Senin (9/11/2020)

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos hari ini edisi Senin (9/11/2020) mengulas tentang mengejar waktu Merapi.

Aktivitas Gunung Merapi kian meningkat pada Sabtu-Minggu (8-9/11/2020). Guguran terjadi pada Minggu mengarah ke barat laut seiring peningkatan kegempaan di bawah Merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laju deformasi di puncak Merapi yang terpantau dari pemendekan jarak electronic distance measurement (EDM) Babadan kini mencapai 12 cm/hari. Persiapan pengungsian pun berkejaran dengan waktu karena sebagian jalur evakuasi belum selesai diperbaiki.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Sorotan Khusus untuk Kamala Harris

"Saya mungkin yang pertama tapi jelas saya takkan menjadi yang terakhir." Itulah salah satu kalimat terkuat dalam pidato Kamala Harris, wakil presiden terpilih AS, dalam pidato kemenangan mendampingi Joe Biden, Sabtu (7/11/2020) atau Minggu pagi WIB.

Senator yang mewakili California ini mencetak sejarah dengan menjadi perempuan pertama, orang Amerika berkulit hitam pertama dari warga Amerika keturunan Asia pertama yang memenangkan posisi tertinggi kedua di pemerintahan Amerika Serikat.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Rudy: Tindak Tegas PKL Bermobil

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menindak tegas pedagang kaki lima (PKL) bermobil yang menggelar lapak di sekitaran Pasar Klewer, Pasar Cinderamata, dan Alun-alun Utara. Rudy, sapaan akrabnya, meminta agar mereka langsung didenda atau ditilang agar jera.

“Harus tetap dimonitor supaya kenyamanan terwujud di Pasar Klewer Timur. Jangan sampai ada PKL di tempat ini dan di seputaran pasar klewer. Kalau tertangkap sedang transaksi, tidak perlu ada pembelaan,” kata dia saat peresmian Pasar Klewer Timur, Jumat (6/11/2020).

Sejumlah petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo bakal ditempatkan di lokasi guna memantau aktivitas PKL bermobil. Satpol PP bakal menindak sesuai Peraturan Daerah (Perda), sedangkan Dishub bisa menertibkan kendaraannya lantaran parkir sembarangan.

“Pedagang Pasar Klewer Timur sudah bertahun-tahun menunggu agar bisa menempati lokasi yang representatif. Jangan sampai mereka kalah dengan PKL bermobil yang datangnya dari luar Solo. Saya minta mulai sekarang, Satpol PP menindak mereka dengan sanksi tegas,” ucap Rudy.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Skateboard Park Lengkapi Stadion Mini Bibis Baru

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi memulai pembangunan stadion mini di dekat SMAN 6 Solo pada Jumat (6/11/2020).

Stadion tersebut dibangun dengan anggaran senilai Rp8,5 miliar dengan kualitas sedikit di bawah standar lapangan latihan. Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Iwan Supriyanto, mengatakan stadion mini tersebut bakal dilengkapi wall climbing dan skate park.

“Spesifikasi secara umum di bawah standar lapangan latihan FIFA. Tapi, tidak ada genangan, dilengkapi tribun, toilet, dan sebagainya, serta ada untuk cabang olahraga lain. Tidak luas ya lahannya,” kata dia, Jumat (6/11/2020). Stadion tersebut dibangun di atas lahan yang berstatus tanah lapang, namun karena tidak pernah dimanfaatkan dan ditumbuhi rumput ilalang.

Lapangan tersebut dulunya menjadi satu dengan SMAN 6. Setelah seluruh bangunan SMAN 6 diambil alih provinsi, aset itu tetap milik Pemkot. Pembangunan juga mendapatkan dana pendamping senilai Rp1,8 miliar untuk pembangunan drainase. Stadion mini bakal membuat kawasan Solo Utara memiliki fasilitas olahraga yang mumpuni, khususnya sepakbola. Selain itu, menjadi solusi minimnya lapangan sepak bola di Solo Utara akibat kepadatan penduduk.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya