Solopos Hari Ini: Menanti Larangan Bisnis Daging Anjing

Desakan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerbitkan larangan konsumsi daging anjing kembali menyeruak. Solo dinilai lamban menindak praktik perdagangan daging anjing yang identik dengan penyiksaan.

 Harian Solopos edisi Senin (29/11/2021).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (29/11/2021).

Solopos.com, SOLO – Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) Kota Solo kembali mendesak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghentikan perdagangan daging anjing di Kota Bengawan.

Harian Solopos edisi Senin (29/11/2021) menyajikan headline terkait desakan penerbitan larangan konsumsi daging anjing di Kota Solo.

Menanti Larangan Bisnis Daging Anjing

SOLO-Desakan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerbitkan larangan konsumsi daging anjing kembali menyeruak. Solo dinilai lamban menindak praktik perdagangan daging anjing yang identik dengan penyiksaan.

Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) Kota Solo kembali mendesak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghentikan perdagangan daging anjing di Kota Bengawan. Langkah Polres Sukoharjo menggagalkan penjagalan 53 ekor anjing untuk konsumsi didorong ikut menjadi momentum desakan berbenah bagi Kota Solo.

Baca Juga: Konsumsi Anjing di Solo Marak, DMFI Menanti Komitmen Gibran

Berdasar informas yang dihimpun Espos, Minggu (28/11/2021). Solo merupakan salah satu pusat perdagangan daging anjing di Pulau Jawa. DMFI mencatat ada 85 warung yang menyajikan kuliner olahan daging anjing. Puluhan warung itu membutuhkan pasokan rata-rata 13.700 anjing per bulan di lingkup Soloraya. Padahal, anjing tidak termasuk dalam golongan hewan untuk dikonsumsi merujuk Undang-Undang (UU) No.18/2021 tentang Pangan.

Sukarelawan DMFI Solo, Ela, meminta Pemkot Solo segera melarang praktik perdagangan daging anjing. Selain bukan bahan pangan, Ela mengatakan ada indikasi penyiksaan dalam proses penyajian kuliner anjing mulai dari cara mendapatkannya, pengangkutan, hingga penjagalan.

Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan berita terkait perlunya mewaspadai travel ilegal saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Waspada Travel Ilegal Selama Nataru

JAKARTA—Pemerintah sejak jauh hari meminta masyarakat tidak bepergian liburan Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru). Namun, praktik angkutan ilegal diperkirakan akan kembali bermunculan.

Polri memprediksi mobil sewaan yang biasa disebut travel dan beroperasi secara ilegal atau travel bodong masih akan digunakan masyarakat selama masa libur Nataru mendatang. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebut kepolisian akan mengantisipasi penggunaan travel bodong tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap! Mudik ke Banyumas saat Libur Nataru Bakal Dikarantina

Menurutnya, Polri akan melakukan pengecekan secara ketat terhadap seluruh kendaraan, baik mobil pribadi maupun mobil minibus yang melintas dan membawa penumpang gelap di pengujung 2021.

“Nanti akan disiapkan pos pengamanan di setiap titik sebagai check point untuk mengantisipasi hal itu,” tuturnya kepada Bisnis Indonesia, Minggu (28/11/2021).

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan headline terkait belum adanya penetapan UMK di Kota Solo.

Gibran Belum Tetapkan UMK

SOLO-Gubernur Ganjar Pranowo mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah 2022 naik 0,78% dibandingkan tahun sebelumnya. Pengumuman UMP tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 561/37 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

Dengan terbitnya SK tertanggal 20 November 2021 itu maka UMP 2022 resmi naik 0,78% atau senilai Rp1.812.935. Tahun lalu, UMP Jateng senilai Rp1.798.979. Sementara itu, hingga pekan keempat November, Wali Kota Solo, Gibran Rakabumung Raka, mengaku belum meneken nilai upah minimum kota (UMK).

Baca Juga: UMP Jateng 2022 Cuma Naik Rp13.000, Pengusaha: Tidak Usah Demo Lagi

“Angkanya sudah saya pegang, tapi tunggu dulu. Sava butuh waktu,” kata dia, Jumat (26/11/2021). Ditanya perkiraan kenaikan yang tak lebih besar dan sebungkus nasi dibandingkan tahun lalu, Gibran menyebut hal itu bukan perkara jumlah. Ia meminta pekerja melihat kondisi perekonomian saat ini di mana pengusaha juga mengalami dilema.

“Pengusaha itu ya, berat. Tunggu saja, belum saya tanda tangani. Saya butuh waktu, butuh koordinasi dengan teman teman buruh dan teman teman pengusaha. Ya, secepatnya [saya tandatangani],” ucap Gibran.

Apabila UMK Solo mengikuti kenaikan UMP Jateng, maka nilainya menjadi Rp2.029.518 dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp2.013.810. Padahal UMK 2021 itu hanya naik 2,944 dari 2020, yakni Rp1.956.200.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Sedekah Perusahaan ke Yusuf Mansur, Pengusaha Ini Mengaku Kecewa

Belakangan perusahaan tersebut dikembangkan Yusuf Mansur dengan branding Paytren.

Wow, Pebisnis Ini Sedekah Perusahaan kepada Ustaz Yusuf Mansur

Ia menyedekahkan perusahaan miliknya PT Veritra Sentosa Internasional (VSI) untuk Pondok Pesantren Darul Quran melalui Yusuf Mansur

Faisal Basri Bakal Gugat UU Ibu Kota Negara

Faisal Basri menilai pengesahan UU IKN tergesa-gesa.

Kasus Omicron Melonjak, Ini Pesan Presiden Jokowi

Jokowi mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap varian Omicron tetapi tidak perlu bereaksi berlebihan.

Sosok Sabdo Palon, Tokoh yang Dikenal Sebagai Penguasa Tanah Jawa

Inilah sosok Sabdo Palon yang dikenal sebagai tokoh penguasa Tanah Jawa.

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$35,34 M, Tertinggi Sejak 2006

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut neraca perdagangan Indonesia pada 2021 mengalami surplus tertinggi sejak 2006 atau 15 tahun lalu.

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.

Gempa Afghanistan Telan Korban 22 Nyawa

Korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Provinsi Badghis, Afghanistan bertambah menjadi 22 orang, Selasa (18/1/2022).

Vaksin Merah Putih Jadi Prioritas Badan Riset Negara

Vaksin Merah Putih menjadi salah satu jenis vaksin yang diharapkan menjadi vaksin yang dihasilkan oleh anak bangsa.

Perempuan Depresi Turun dari Menara Setelah Kapolsek Panggil "Sayang"

Melalui alat pengeras suara (toa), Kompol Manapar bereaksi dan mengucapkan, 'Sayang ayo turun", sebanyak dua kali, untuk membujuk Julidar.

+ PLUS Periode Maret-September 2021, Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Menurun

Tingkat ketimpangan atau pengeluaran masyarakat di tingkat nasional yang diukur oleh rasio Gini pada Maret 2021 dan pada September 2021 menunjukkan penurunan.

Miris, Umrah Batal Gara-Gara Investasi ke Yusuf Mansur Menguap

Padahal, uang tabungan tersebut sengaja mereka investasikan dengan harapan hasilnya bisa dipakai untuk biaya umrah orang tua mereka.

Vonis Terdakwa Kasus Asabri Heru Hidayat, Akan Lebih Ringan atau Mati

Vonis Komisaris PT TRAM, Heru Hidayat, terdakwa kasus korupsi dana investasi PT Asabri akan sesuai tuntutan atau lebih ringan tergantung keputusan Pengadilan Tipikor Jakarta Selasa (18/1/2022).