Solopos Hari Ini: Masih Butuh Pengetatan

Koran Solopos hari ini, Senin (2/8/2021) mengabarkan soal rencana pemerintah mengumumkan masa PPKM Level 4 yang berakhir hari ini.

 Koran Solopos edisi hari ini, Senin (2/8/2021). (dok)

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi hari ini, Senin (2/8/2021). (dok)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah segera mengumumkan perpanjangan atau penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang berakhir hari ini, Senin (2/8/2021). Kabar ini terangkum dalam berita utama Koran Solopos edisi hari ini, Senin, yang berjudul Masih Butuh Pengetatan.

Sejumlah masalah belum terselesaikan, dari rendahnya penelusuran kontak, naiknya kasus di luar Jawa dan Bali, hingga jumlah kasus kematian yang tinggi. “Iya rencananya demikian [nasib PPKM Level 4 diumumkan Senin],” kata Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi, Minggu (1/8/2021).

Pemerintah sebelumnya memutuskan melaksanakan PPKM Darurat selama 3-20 Juli di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian pemerintah mengubah nama menjadi PPKM Level 4 dan memperpanjang masanya pada 21-25 Juli. PPKM Level 4 kemudian diperpanjang selama 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021.

Baca Juga: Jadwal Atlet Indonesia di Olimpiade Hari Ini: Ayo, Dukung Greysia/Apriyani Mengejar Emas

Di Jawa Tengah (Jateng), kasus kematian atau case fatality rate (CFR) Covid-19 masih terbilang tinggi. Bahkan berdasarkan catatan Satgas Covid-19 pusat, jumlah total kasus kematian Covid-19 di Jateng hingga 31 Juli 2021 tertinggi kedua di Indonesia, yakni 19.343 orang. Sedangkan kasus kematian tertinggi masih ditempati Jawa Timur (Jatim) yang mencapai 20.330 orang.

Berikut cuplikan berita lain yang bisa Anda simak di Koran Solopos hari ini:

Tak Semua MCK Ramah Penyandang Disabilitas

Warga memompa air di fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) komunal di RT 007/RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (1/8/2021).

Terik matahari menyengat kulit di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (1/8/2021) siang. Di perkampungan padat penduduk itu, fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) komunal adalah salah satu kebutuhan primer warga. Kepadatan penduduk itu tampak jelas baik dalam pandangan mata maupun jika dibandingkan dengan peta digital.

Baca Juga: MAKI: Tak Logis Eksekusi Pinangki Ditunda karena Jaksa Sibuk

Melihat peta digital, seharusnya durasi perjalanan menyusuri perkampungan itu bisa cepat karena jarak yang pendek. Namun, sempitnya gang, polisi tidur, kendaraan terparkir di tepi jalan, dan aktivitas warga menyambut 17 Agustus, membuat laju sepeda motor melambat.

Espos menemukan sejumlah fasilitas MCK tersebar di berbagai titik menuju lokasi RT 007/RW 010 Sangkrah. Karakteristik tiap MCK berbeda. Sebagian MCK memiliki fasilitas tangga dengan kloset duduk. Sayangnya, sebagian lainnya belum memilikinya sehingga menyulitkan warga penyandang disabilitas menggunakannya.

Tahap Pertama Cair 55%

SOLO-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyebut pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) pada tahap pertama 2021 mencapai 55%. Pencairan uang lelah tersebut lancar tanpa kendala.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan berdasarkan evaluasi yang dilakukan belum lama ini, pembayaran insentif sudah di atas 50%. Menurutnya, kecepatan pembayaran insentif tergantung fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) tempat nakes bekerja.

Apabila syarat sudah terpenuhi, segera melakukan pembayaran. “Kami evaluasi kalau enggak salah 55%. Kelancaran itu yang menentukan faskes masing-masing. Kalau syarat- syaratnya terpenuhi dengan baik, ya dicairkan,” kata dia, Sabtu (31/7/2021).

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa Anda simak di Espos Premium.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Diperiksa 10 Jam, Irjen Napoleon Langsung Diisolasi Penyidik Bareskrim

Irjen Napoleon Bonaparte diisolasi penyidik Bareskrim Polri setelah dituduh melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Kece.

Laporkan Sendiri Haris Azhar dan Fatia, Luhut Datangi Polda Metro Jaya

Luhut Binsar Pandjaitan datang langsung ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan dugaan fitnah yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

KSP Moeldoko Tolak Pembubaran KASN, Ini Alasannya

Moeldoko mengatakan peran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) masih sangat dibutuhkan untuk fungsi pengawasan ASN.

90 Siswa SMPN Purbalingga Terpapar Covid-19, Kominfo Sebar SMS Peringatan

Kemenkominfo menyebarkan SMS berisi peringataan soal PTM tatap muka yang harus mengedepankan keselamatan siswa. Tanggung jawab ada di pihak sekolah dan orang tua.

Baru 3 Bulan Menjabat, Bupati Koltim Andi Merya Ditangkap KPK

Bupati Kolaka Timur (Koltim), Andi Merya, ditangkap dalam OTT KPK. Diduga terkait penyelewengan dana bantuan BNPB.

Dubes RI Bahas Potensi Ekonomi Afghanistan di SDS IAI Tazkia

Kampus pendidikan keuangan syariah IAI Tazkia menggelar Agenda Grand Opening Student Dynamic Session (SDS) 2021/2022.

Round Up: Sengketa Lahan Warga vs Citraland Berujung Viralnya Surat Terbuka Brigjen Junior

Surat terbuka Brigen Junior Tumilaar kepada Kapolri yang meminta agar Babinsa di Manado tidak dipanggil polisi terkiat sengketa lahan warga dengan PT Ciputra Internasional menjadi masalah pelik.

Solopos Hari Ini: Memburu Penyebar Racun Bengawan

Pemkot Solo akan meneliti pencemaran yang terjadi di Bengawan Solo, sementara DLH Sragen menyatakan pencemaran itu bukan dari pabrik di wilayah mereka.

10 Berita Terpopuler : Tol Solo-Jogja Melayang Hindari Yoni - Jembatan Bacem Saksi Bisu Pembantaian PKI

Ulasan tentang jalan tol melayang karena ada yoni hingga kisah jembatan Bacem masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Begini Kronologi Rapat yang Berujung Penyiraman Air ke Ketua DPRD Humbahas

Keributan terjadi karena sejumlah anggota DPRD tidak setuju dia membuat keputusan tentang pembahasan P-APBD.

Muncul Prediksi Gelombang ke-3 Covid-19, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Ini yang dilakukan pemerintah di tengah prediksi gelombang ke-3 Covid-19 di Indonesia, salah satunya mengencarkan vaksinasi.

Partai Gerindra Usulkan Pengangkatan 1 Juta PPPK Tanpa Tes

Kebijakan mengangkat satu juta PPPK menjadi momentum memberi penghargaan pada guru honorer yang tanpa lelah mengabdi dalam dunia pendidikan.

Sebut Anies Baswedan Pembohong, Giring Diimbau Lebih Bijak Berkata

Sebagai sosok pimpinan partai politik seyogyanya Giring menjaga ucapannya.

Ini Dia Duduk Perkara Surat Brigjen Junior kepada Kapolri yang Berujung Viral

Atas surat tersebut, Brigjen Junior  pun siap bertanggung jawab dan menerima risiko.

Bom Waktu China Itu Bernama Evergrande

Evergrande adalah raksasa perusahaan real estat China yang paling terbebani utang saat ini.