SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Selasa, 16 September 2014

Solopos.com, SOLO – Capres terpilih Jokowi mengumumkan komposisi kabinetnya dengan 34 menteri. Sebanyak 18 menteri dari kalangan profesional, 16 lainnya dari profesional partai.

Kabar ini jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Selasa (16/9/2014). Selain itu, ada pula kabar dari polemic RUU Pilkada hingga preview Liga Champions, Real Madrid vs Basel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Simak rangkuman berita Solopos edisi Selasa, 16 September 2014, berikut;

KABINET JOKOWI-JK: Profesional Pimpin Kementerian Basah

Ekspedisi Mudik 2024

Capres terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan komposisi kabinetnya dengan 34 menteri. Sebanyak 18 menteri dari kalangan profesional, 16 lainnya dari profesional partai.

Jokowi menyebut beberapa posisi yang akan diisi oleh kalangan profesional adalah pos-pos kementerian yang selama ini dikenal basah, seperti Menteri Keuangan, Menteri Pertanian, Menteri BUMN, dan Menteri ESDM.

Pengumuman itu disampaikan Jokowi di Kantor Transisi Jokowi-Jusuf Kalla (JK), Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/9). Hadir dalam pengumuman komposisi kabinet itu calon wakil presiden terpilih Jusuf Kalla, kemudian Kepala Staf Kantor Transisi, Rini Soemarno, beserta Deputi yaitu Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Akbar Faizal, Anies Baswedan, dan Eko Putro Sandjojo.

”Sesuai janji yang kami sampaikan pada sore hari ini [kemarin] akan saya sampaikan mengenai jumlah kementerian,” kata Jokowi yang mengenakan kemeja batik didampingi JK.

Menurut Jokowi, kementerian bertujuan untuk memastikan pemerintah berjalan dengan efektif sesuai dengan sistem presidensial bahwa presiden sebagai chief of executive (kepala pemerintahan) yang pekerjaannya dibantu oleh menteri.

(Baca Juga: Struktur Kabinet Diumumkan, Ini 34 Nama Calon Menteri Versi Ires, Kursi Menteri Bagi Politikus, Kata Pengamat Bagian dari Transaksional, Jumlah Menteri Sama dengan Kabinet SBY, Ini Komentar Pengamat, Inilah Struktur Kementerian Jokowi, Mayoritas Diisi Profesional Non Parpol)

RUU PILKADA: SBY Dukung Pilkada Langsung

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat (PD) mendukung pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung. Hal itu dikemukakan SBY menanggapi pro dan kontra pembahasan RUU Pilkada di DPR saat ini.

PD melihat dua opsi, pertama, tetap menyelenggarakan pilkada secara langsung dengan catatan perbaikan atas penyimpanganpenyimpangan yang selama ini terjadi.

Kedua, lanjut SBY, opsi lain misalnya dengan pilkada tak langsung (oleh DPRD) untuk tingkat provinsi dan pilkada langsung untuk tingkat kabupaten/kota. ”SBY pribadi, kalau kita ingin melaksanakan pilkada langsung itu yang harus dijaga, tetapi tidak boleh itu saja karena ada kelemahannya.

Itu yang sedang dipikirkan mudahmudahan kami dalam satu sampai dua hari ini bisa mengambil posisi yang tegas dan tepat. Kami tidak akan ikut-ikutan,” ujarnya dalam sebuah wawancara video yang diunggah melalui Youtube, Minggu (14/9) malam.

SBY mengemukakan ada dua aspek penting yang dilihat oleh PD. Pertama, sistem pemilihan langsung berjalan selama 10 tahun sehingga rakyat sudah terbiasa.

(Baca Juga: SBY Ingin Pilkada Langsung, Sikap DPR Berpotensi Berubah, RUU Pilkada Hanya Langkah Awal, Gerindra Berencana Ubah Sejumlah UU Lain, SBY Ingin Pilkada Langsung Dijaga, Tapi…..)

BISNIS PENYIARAN: Media Sosial Jadi Penyelamat Radio

Radio merupakan salah satu media elektronik yang tak hanya menyajikan hiburan, melainkan juga informasi dan berita. Bagaimana nasib radio di era digital, berikut laporan wartawan Solopos, Mahardini Nur Affifah. Lagu Sunset Di Tanah Anarki milik Superman

Is Dead (SID), nyaring beradu dengan suara aktivitas pedagang Pasar Klewer Solo dan kendaraan yang bising melintasi Jl. Dr. Radjiman, Senin (15/9) siang. Sumber suara yang menjadi hiburan bagi penghuni salah satu sudut pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah itu berasal radio yang diputar di kios Fabian Shop.

Dari dalam los E34 yang berada di tepi jalan utama tersebut, Dini Anggraini, 32, tampak menikmati bait lirik dari band asal Bali itu.

Bagi pemilik kios pakaian yang akrab disapa Dini ini, menanti pelanggan sembari menyetel radio bisa mengusir kantuk yang menyergap di kala lengang datang.

“CD, kaset, dan koleksi lagu di USB juga ada di situ. Tapi rasanya malas, kalau harus mengganti-ganti sendiri,” kata perempuan berjilbab ini sembari menunjuk radio yang ditata berjejal bersama tumpukan dagangannya.

Pencinta lagu Indonesia lokal ini mengatakan sudah 20 tahun dirinya menyimak siaran radio. Selain bisa mendapatkan hiburan gratis, dia juga senang mendengarkan radio lantaran lebih praktis dalam berburu informasi berita.



“Kalau mencari sendiri dari handphone repot. Tinggal menunggu penyiar, banyak informasi terbaru di radio. Lagu yang diputar juga bisa menjadi hiburan buat pelanggan yang mampir ke sini,” ujarnya.

Meskipun sudah menjadi pendengar setia radio sejak duduk di bangku SMP, Dini mengaku hanya menyetel radio saat beraktivitas di pasar. Setibanya di rumah, ibu empat anak ini memilih menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton televisi. “Kalau sudah sampai rumah, enggak sempat lagi,” katanya.

Di tengah makin beragamnya hiburan dan sumber berburu informasi saat ini, radio memang bukan lagi menjadi yang utama. Tak banyak lagi yang menjadikan radio sebagai “teman” beraktivitas. Hanya beberapa orang yang masih setia dengan kotak suara ajaib ini.

LIGA CHAMPIONS: Juara Bertahan Butuh Pelampiasan

Tepat 115 hari sejak mengangkat la decima alias gelar ke-10 Liga Champions di Lisbon, Real Madrid akan memulai kampanye mempertahankan mahkota di liga paling elite Benua Biru ketika menjamu Basel di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (17/9) pukul 01.45WIB.

Madrid akan berusaha menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan titel dalam sejarah penyelenggaraan Liga Champions yang dimulai pada 1992. Seharusnya, bentrok melawan Basel merupakan start yang mudah bagi tim raksasa Spanyol tersebut mengingat kekuatan amunisi dan koleksi trofi Madrid jauh di atas wakil Swiss tersebut.

(Baca Juga: Ini Dia Prediksi Laga Borrusia Dortmund VS Arsenal, Simeone Takkan Banyak Rombak Skuad Atletico saat Lawan Olympiakos, REAL MADRID VS FC BASEL : Preview, Prediksi, Head to Head, Perkiraan Pemain)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya