SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Kamis, 18 Februari 2016

Solopos hari ini memberitakan penataan kota Solo hingga pelantikan Bupati/Wali Kota.

Solopos.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera bersikap atas pro-kontra revisi UU No. 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). DPR akan menggelar rapat paripurna membahas revisi UU KPK, Kamis (18/2) ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ulasan ini menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (18/2/2016). Selain berita ini, ada pula laporan dari penataan Kota Solo hingga pelantikan Bupati/Wali Kota.

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis, 18 Februari 2016;

Ekspedisi Mudik 2024

PENATAAN KOTA: Solo Butuh Rekayasa Permukiman

Kota Solo membutuhkan rekayasa permukiman untuk mengatasi tingginya kepadatan penduduk. Kualitas lingkungan dan daya dukung kota yang melemah menjadi momok serius Kota Solo.

Kepadatan penduduk di Kota Solo mencapai 11.584 jiwa/kilometer persegi atau hampir dua kali lipat angka kepadatan penduduk ideal yaitu 6.000 jiwa/km2. Kepadatan penduduk di Solo berada di peringkat ke-8 di Indonesia, mengalahkan kepadatan penduduk Jakarta Utara. Kepadatan penduduk di Solo melonjak dalam 10 tahun terakhir.

Pada 2004, kepadatan penduduk di Solo hanya 975 jiwa/km2. Kepadatan penduduk yang terlalu tinggi memicu munculnya permukiman kumuh. Sebagian warga memanfaatkan lahan illegal seperti bantaran rel dan sungai untuk tempat tinggal.

Kasubid Prasarana Kota Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Solo, Gunawan Adi Pratio, mengatakan munculnya hunian kumuh tak lepas dari pertumbuhan penduduk yang tak berimbang dengan lahan kota. ”Perlu rekayasa permukiman agar daya dukung lingkungan dapat terjaga,” ujarnya kepada Espos di ruang kerjanya, Kamis (11/2).

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

PELANTIKAN BUPATI/WALI KOTA: Kemiskinan Jadi PR Terbesar Kepala Daerah

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan pekerjaan rumah (PR) besar dan berat bagi 17 kepala daerah yang baru dilantik yakni mengentaskan kemiskinan.

”Angka kemiskinan di Jateng masih tinggi. Ada 15 daerah masih merah [angka kemiskinan masih tinggi],” kata Gubernur tanpa menyebutkan nama 15 daerah itu dalam sambutan seusai melantik 17 kepala daerah hasil Pilkada 2015 di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang, Rabu (17/2).

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Kapolda Jateng Irjen Pol. Nur Ali.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

REVISI UU KPK: Presiden Segera Bersikap

Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera bersikap atas pro-kontra revisi UU No. 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). DPR akan menggelar rapat paripurna membahas revisi UU KPK, Kamis (18/2) ini.

Jika disetujui dalam rapat paripurna, revisi UU KPK menjadi RUU KPK inisiatif DPR. Juru Bicara Presiden, Johan Budi, mengatakan evaluasi sikap pemerintah atas revisi UU KPK dilakukan karena respons masyarakat yang mengkhawatirkan pelemahan KPK ”Presiden akan melakukan evaluasi sikap pemerintah terkait revisi UU KPK. Untuk merevisi UU kan bersama DPR dan pemerintah,” ujar Johan Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/2).

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

FORMULA ONE 2016: Rio Wujudkan Mimpi Indonesia

Harapan masyarakat Indonesia melihat pembalap Tanah Air berlaga di Formula One jadi kenyataan. Berikut ulasan reporter Solopos, Tri Indriawati, di Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya