SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Jumat, 25 Juli 2014

Solopos.com, SOLO – Masyarakat menyambut pemerintahan baru, kabinet professional Jokowi-JK. Pasangan yang sama-sama bukan ketua umum partai ini memberikan ruang pada masyarakat untuk mengusulkan nama menteri. Jokowi bahkan menggelar polling menteri.

Kabar ini jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Jumat (25/7/2014). Kabar laiun datang dari perbaikan jembatan comal hingga musibah penerbangan yang melibatkan maskapai asal Aljazair. Simak rangkuman beritanya berikut;

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PEMERINTAHAN BARU: Jokowi Bikin Polling Menteri

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menggelar polling menteri untuk meminta masukan publik mengenai pejabat negara yang cocok masuk dalam cabinet pemerintahan 2014-2019.

Polling bisa ditemukan pada website http://www.jokowicenter. com/polling-menteri/ yang disusun oleh tim khusus yang bertugas menampung aspirasi masyarakat. Jokowi merahasiakan identitas tim di balik penyusunan polling menteri tersebut agar tidak ada intervensi. ”Enggak bisa saya sebutkan, nanti ada yang mendekati tim. Jangan detail-detail entar ada yang intervensi tim. Itu untuk minta masukan,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/7).

Laman dengan judul Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR) ditulis kemenangan Jokowi-JK didukung oleh ribuan komunitas sukarelawan. Dalam laman JokowiCenter tertulis JokowiCenter dan Radio Jokowi memutuskan untuk ikut mengawal proses penjaringan nama-nama calon menteri yang dianggap layak oleh rakyat.

(Baca Juga: Inilah Calon Menteri Jokowi Versi Kabinet Alternatif Usulan Rakyat, Ini Prediksi Kabinet Jokowi-JK Versi Indo Barometer, Ada Nama Hendropriyono, Partai Koalisi Sepakati Kabinet Ramping, Seperti Apa?)

JALUR MUDIK: Jembatan Comal Dibuka Searah

Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang ambles, Kamis (24/7), pukul 03.00 WIB, mulai dibuka satu arah dan baru bisa dilewati kendaraan kecil.

Untuk saat ini, Jembatan Comal hanya bisa digunakan untuk arus mudik dari Jakarta menuju Semarang. Untuk arus mudik dari timur menuju barat (Semarang ke Jakarta), masih harus melalui jalur alternatif. Mobil pribadi beriring-iringan dari arah barat (Jakarta) menuju timur (Semarang).

(Baca Juga: Jembatan Comal Ambles, Kendaraan Menumpuk di Jalur Mudik DIY, Kondisi Tanah Stabil, Perbaikan Jembatan Lancar, Efek Jembatan Comal Ambles, Ratusan Ribu Kendaraan Masuk Solo, Jalur Mudik DIY Masih Lancar, Pusat Perbelanjaan Ramai Pengunjung, Polisi Amankan Jalur Mudik)

MUSIBAH PENERBANGAN: Pesawat Bawa 110 Penumpang Hilang

Musibah dunia penerbangan kembali terjadi. Pesawat Air Algerie dengan nomor penerbangan AH5017 dinyatakan hilang kontak, hampir satu jam setelah lepas landas dari Burkina Faso, Afrika Barat, Kamis (24/7) waktu setempat. Pesawat bertujuan Algiers, Aljazair tersebut mengangkut sekitar 110 penumpang dari berbagai kewarganegaraan.

Sumber maskapai mengatakan seperti dilansir AFP, Kamis, dan dikutip detik.com menyebutkan pesawat yang hilang kontak tersebut berjenis McDonnell Douglas MD-83. Kontak dengan pesawat itu hilang saat pesawat masih berada di wilayah udara Mali saat mendekati perbatasan dengan Aljazair.

(Baca Juga: Air Algerie Hilang Setelah Ubah Jalur Penerbangan, Air Algerie Berpenumpang 119 Orang Putus Kontak)

TIM CAPRES: Gerilya Sukarelawan di Balik Kemenangan Jokowi

Di belakang keberhasilan Jokowi-JK memenangkan Pilpres 2014, ada peran besar para sukarelawan. Bagaimana kisah suka duka mereka, ikuti laporan wartawan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Sholahuddin Al Ayyubi.

Tugu Proklamasi disesaki pendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), Rabu (23/7) sore. Ada tumpeng setinggi tujuh meter yang siap dipotong oleh Jokowi. Acara itu adalah tasyakuran atas kemenangan Jokowi-JK. Yang membikin acara itu bukan pasangan itu namun sukarelawan yang selama ini mendukung Jokowi-JK.

Di samping partai politik, sukarelawan tak bisa dipandang sebelah mata dalam memenangkan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014. Tidak seperti gerakan partai politik, tim sukarelawan bergerilya untuk mengampanyekan pasangan Jokowi-JK pada tataran grassroot (akar rumput).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya