Solopos Hari Ini: Janji Struktur Upah Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 tak jauh dari kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang hanya 0,78%.

 Harian Solopos edisi Kamis (2/12/2021).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (2/12/2021).

Solopos.com, SOLO – Walau sudah menetapkan UMK 2022 tak jauh dari UMP Jateng yang hanya 0,78%, Gubernur Ganjar Pranowo meminta perusahaan memberi upah buruh di atas UMK.

Harian Solopos edisi Kamis (2/12/2021) menyajikan headline terkait kenaikan UMK 2022 yang tak jauh dari UMP.

Janji Struktur Upah Ganjar

SOLO-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 tak jauh dari kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang hanya 0,78%.

Namun, Ganjar menekankan agar perusahaan memberikan upah di atas UMK. Penetapan UMK tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 561/39 tentang Upah Minimum pada 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Penetapan UMK Jawa Tengah 2022 itu mendasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 36/2021 tentang Pengupahan yang sejak awal ditolak serikat buruh.

Dalam keterangan yang dirilis melalui laman resmi jatengprov.go.id, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menekankan penetapan UMK berdasarkan formula baku. Pemprov ingin menunjukkan nilai angka UMK itu berasal dari PP No. 36/2021 tak bisa diutak-atik.

Baca Juga: Sebut Penetapan UMK 2022 Jateng Inkonstitusional, Buruh Siapkan Gugatan

“UMK berdasarkan perhitungan formula dan PP 36/2021 pasal 26 dan angka dari BPS [Badan Pusat Statistik], sesuai surat Menteri Ketenagakerjaan kepada para gubernur se-Indonesia No. B-M/383/H1.01.00/XI/2021 tanggal 9 November 2021, tentang Penyampaian Data Perekonomian dan Ketenagakerjaan dalam Penetapan Upah Minimum Tahun 2022,” bunyi keterangan resmi Pemprov Jawa Tengah, Selasa (30/11/2021).

Meski menetapkan kenaikan upah yang lebih rendah daripada rata-rata kenaikan nasional 1,09%, Ganjar beralasan upah minimum adalah batas terendah upah bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Sedangkan upah bagi pekerja lebih dari satu tahun, katanya, harus melalui penghitungan Struktur dan Skala Upah (Susu) dengan memperhatikan minimal inflasi sebesar 1,28% dan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 0,97%.

Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan berita terkait kemunculan varian baru virus corona, Omicron.

Kian Dekat Perbatasan Indonesia

JAKARTA — Varian baru virus SARS-CoV-2, Omicron, belum terpantau masuk ke Indonesia meski sudah masuk ke Papua Nugini. Di tengah terbatasnya kemampuan genomic seguencing, Indonesia segera menghadapi mobilitas pada periode Natal dan tahun baru.

“Varian Omicron belum masuk ke Indonesia,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk penanganan Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi ketika dihubungi Bisnis Indonesia, Rabu (1/12/2021).

Kemenkes menyatakan per Selasa (30/11/2021), terdapat 23 negara yang melaporkan kasus dani varian Omicron atau B.1.1.529. Negara-negara tersebut di antaranya Austria, Austrahia, Belgia, Botswana, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Hong Kong, Israel, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swiss, dan Inggris.

Baca Juga: Jumlah Harian Cetak Rekor, Korsel Laporkan Lima Kasus Varian Omicron

Nadia mengatakan konfirmasi kasus varian Omicron tengah mengalami peningkatan dari 161 menjadi 249 kasus secara global. Adapun, varian Omicron di Afrika Selatan banyak terdeteksi pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang belum divaksinasi.

Namun, apabila merujuk ke Tanah Air hingga saat ini, kasus Covid-19 pada ODHA cukup rendah. Penyebabnya, kata Nadia, mayoritas ODHA di Tanah Air telah mendapatkan vaksinasi Covid 19 pada Juni 2021.

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan berita terkait perpanjangan jam operasional sejumlah mal dan pusat perbelanjaan di Kota Solo pada momen Natal dan Tahun Baru.

Nataru, Jam Buka Mal Diperpanjang

SOLO-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal memperpanjang jam buka mal dan pusat perbelanjaan pada momen Natal dan Tahun Baru atau tepatnya saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Jika biasanya jam operasional dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB, saat momen itu diperpanjang yang dimulai pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan perpanjangan jam operasional dilakukan agar pengunjung tak berkerumun di jam-jam tertentu. “Ya, harapannya biar tidak berkerumun. Waktu buka lebih panjang Kalau diperpendek malah khawatirnya bikin kerumunan,” kata dia kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Jam Buka Mal Solo Justru Ditambah saat Momen Nataru, Ini Alasan Pemkot

Kendati begitu, Ahyani memastikan tak ada event khusus selama libur Nataru. Pihaknya sudah meminta pengelola mal membatalkan agenda khusus perayaan di dua hari kbur nasional itu. la kemudian meminta warga tak bepergian ke luar kota, namun sejumlah destinasi wisata kota tetap dibuka dengan pembatasan jumlah pengunjung.

Aparatur sipil negara (ASN), khususnya, yang diharapkan tak mengambil cuti selama momen tersebut. “Ya, kami tidak menutup tempat wisata, pertimbangannya kan memang ada pembatasan, tapi tetap ada ruang untuk berkegiatan. Intinya tetap di dalam Solo, tidak ke mana-mana. Mungkin untuk asal Soloraya tetap diperbolehkan karena kita kan aglomerasi atau regional,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Angka Putus Kuliah Masih Tinggi, Alasan Bantuan UKT Perlu Dilanjutkan

Penyaluran bantuan uang kuliah tunggal [UKT] perlu terus digulirkan mengingat angka putus kuliah yang tergolong tinggi.

Polisi Sebut Korban Meninggal Kecelakaan Maut di Balikpapan 4 Orang

Polisi merevisi data korban meninggal akibat kecelakaan maut di Jl. Soekarno-Hatta Kilometer 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Kota Balikpapan, Kaltim, Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA.

Kecelakaan Maut Balikpapan, Begini Pengakuan Sopir Truk Tronton

Sopir truk tronton yang terlibat kecelakaan maut di Jl. Soekarno-Hatta Kilometer 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Kota Balikpapan, Kaltim menuturkan kejadian sebelum kecelakakan.

Innalillahi! Truk Tronton Tabrak 20 Mobil dan Motor, 5 Orang Meninggal

Kecelakaan maut terjadi di lampu merah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA sehingga menyebabkan 5 orang meninggal, 1 orang kritis, dan 13 orang luka berat.

Heroik! Warga Tonga Selamat dari Tsunami Seusai Berenang 27 Jam di Laut

Seorang pria warga Tonga bernama Lisala Folau, 57, mengaku berenang sekitar 27 jam setelah tersapu ke lautan selama tsunami dahsyat pada Sabtu (15/1/2022).

Bantah Tuduhan KPK, Begini Respons Hakim PN Surabaya Pascaterjaring OTT

Hakim PN Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat, menolak tuduhan KPK pascaterjaring OTT terkait kasus suap yang menjeratnya saat ini.

Begini Kronologi OTT KPK Kasus Suap Hakim dan Panitera PN Surabaya

KPK membeberkan kronologi OTT kasus suap melibatkan hakim dan panitera pengganti di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada Rabu (19/1/2022).

10 Berita Terpopuler: Pesona Kemukus Sragen dan Kunker Puan ke Soloraya

Ulasan rombongan 12 bus pariwisata dari Magelang mengunjungi Gunung Kemukus di Sragen, Rabu (19/1/2022) dan kunker Puan Maharani ke Soloraya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (21/1/2022).

Solopos Hari Ini: Tantangan Meramaikan Pasar Legi

Ketua DPR Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan bangunan baru Pasar Legi Solo.

Kabar Duka, Siswa Terjatuh ke Laut Saat PKL di Kapal

Siswa SMK itu diduga terjatuh saat melakukan aktivitas di kapal, dan pada saat bersamaan cuaca sedang hujan.

Ini Kode Praktik Suap yang Dipakai Hakim dan Panitera PN Surabaya

Komunikasi di antaranya dilakukan melalui sambungan telepon dengan menggunakan istilah “upeti” untuk menyamarkan maksud dari pemberian uang.

Terburu-Buru Mewujudkan Ibu Kota Baru Negara

Pembahasan hingga pengesahan RUU IKN menjadi undang-undang hanya butuh waktu 42 hari. Lokasi calon ibu kota baru bukan daerah tak bertuan. Di sana banyak konsesi pertambangan dan kehutanan.

+ PLUS Studi Kasus Pelakor Serta Alasan Pria Memilih Berselingkuh

Sejumlah wanita yang mendapat label pelakor blak-blakan menyangkut hubungan terlarang dengan suami orang menjadi objek penelitian.

Sowan ke Lirboyo, Ridwan Kamil Bantu Dana untuk Ponpes

Dalam kunjungannya, Ridwan Kamil sempat memberikan bantuan untuk Pesantren Lirboyo berupa uang tunai.

Sejarah Hari Ini: 20 Januari 1968 Pertempuran Khe Sanh di Vietnam

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 20 Januari.

OTT Hakim Diklaim Tak Ganggu Persidangan di PN Surabaya

Proses persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya tidak terganggu dengan adanya operasi tangkap tangan oleh KPK kepada hakim berinisial IH.