Solopos Hari Ini (2/11/2019)

Solopos.com, SOLO -- Sebagai kader PDIP, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, pada bursa Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020 mengaku harus taat kepada perintah partai.

Termasuk jika DPP PDIP memasangkan Achmad Purnomo dengan dirinya sebagai pasangan calon wali kota-wakil wali kota. Pernyataan Gibran itu disampaikan kepada wartawan di sela-sela pengiriman air bersih di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (1/11/2019).

Berita tentang Gibran yang siap berduet dengan Purnomo ini menjadi sorotan utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (2/11/2019). Berita tersebut dapat disimak selengkapnya di E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga terdapat ulasan tentang instalasi air milik PDAM Solo yang tercemar limbah alkohol.

Tercemar Limbah Alkohol, Instalasi Air Setop Operasi

SOLO -- Perumda Air Minum Toya Wening (PDAM) Solo menyetop operasional dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jurug dan Jebres, Jumat (1/11) pagi menyusul IPA Semanggi yang berhenti pada Kamis (31/10). Penghentian operasional tiga IPA tersebut dikarenakan polutan berat limbah alkohol dari anak Kali Samin yang bermuara ke Kali Samin dan mengalir ke Bengawan Solo.

Akibat pencemaran limbah, air sungai terpanjang di Pulau Jawa itu berwarna hitam dan terlihat beberapa ikan mati di tepi sungai.

Kemudian, juga ada bahasan mengenai progres pembangunan eudutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang konon bisa menampung 8.000 orang.

Tampung 8.000 Orang, Siap Sambut Muktamar Muhammadiyah

Megaproyek UMS itu sudah memperlihatkan bentuk fisik. Bangunan itu berbentuk oval mirip stadion dengan atap tertutup. Sekilas, bentuknya mirip Allianz Arena di Munich, Jerman. Ada juga yang menyebut mirip Allianz Field, stadion di Saint Paul, Minnesota.

Hampir semua sisi bangunan berbentuk oval sudah ditegakkan. Bahkan sebagian dinding sudah mulai dipasang. Dindingnya dilapisi
alumunium komposit. Tiga buah crane dioperasikan untuk mengerjakan rangka atap dan bagian lain di sisi atas.

Rencananya, eudutorium UMS tersebut akan digunakan untuk acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah berlangsung 1-5 Juli 2020.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, terdapat ulasan mengenai pembongkaran bangunan Pasar Pengging dan juga keseriusan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Wiwaha Aji Santoso, yang akan maju di Pilkada Sukoharjo 2020 mendatang.

Bangunan Dibongkar, Situs Yoni Dijaga

BOYOLALI -- Pembongkaran Pasar Pengging, Kabupaten Boyolali, untuk pembangunan proyek simpang Pengging tak akan mengganggu keberadaan situs yoni dan lingga. Hal tersebut menjawab kerisauan dari berbagai pihak, khususnya pemerhati budaya.

Kekhawatiran sejumlah pemerhati budaya di Pengging cukup beralasan. Lingga dan yoni yang berada di tengah proyek rawan terkena bongkahan material yang tengah dirobohkan.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Wiwaha Ambil Formulir Cabup Gerindra

SUKOHARJO -- Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo, Wiwaha Aji Santoso, serius menatap Pilkada Sukoharjo 2020. Wiwaha mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon bupati Partai Gerindra.

Wiwaha mengutus Ketua Sukarelawan Wiwaha, Yudianto Ari Wibowo, untuk mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon bupati (cabup) di Kantor DPC Partai Gerindra Sukoharjo, Jumat (1/11).

Kendati mendaftar sebagai cabup, Wiwaha tak mempermasalahkan apabila Gerindra memberi rekomendasi sebagai cawabup.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten