Solopos Hari Ini: Ganjar Naikkan UMP 3,27%
Koran Solopos Hari Ini edisi Sabtu (31/10/2020)

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari Ini edisi Sabtu (31/10/2020) mengulas tentang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menaikkan UMP sebesar 3,27%.

Keputusan Ganjar ini berbeda dengan instruksi Menaker, Ida Fauziyah, yang telah mengeluarkan surat edaran kepada gubernur se-Indonesia agar tidak menaikan UMP pada 2021.

Ganjar mengatakan UMP Jateng tahun 2021 mencapai Rp1.798.979,12. Artinya, terdapat kenaikan dibanding UMP tahun 2020 yang hanya sebesar Rp1.742.015.
Penetapan UMP Jateng tahun 2021 tersebut disampaikan Ganjar di rumah dinasnya, Jumat (30/10). Ganjar mengatakan tidak menggunakan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja melainkan tetap berpegang teguh pada PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Objek Wisata Bukit Sidoguro Klaten Buka Lagi Mulai Minggu, Mau Piknik Jangan Lupa 3M!

"Kami sudah menggelar rapat dengan berbagai pihak dan sudah mendengarkan masukan. Sudah kami tetapkan UMP Jateng tahun 2021 sebesar Rp1.798.979,12," kata Ganjar.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Isyarat Baru dari Merapi

Sudah lebih dari dua tahun atau sejak 21 Mei 2018 Gunung Merapi berstatus Waspada, landai, dan tak menunjukkan aktivitas lebih besar. Namun dalam beberapa bulan terakhir, kondisi di puncak Merapi mulai memberi isyarat erupsi berikutnya tak lama lagi.

Salah satu aktivitas yang menandakan letusan Merapi berikutnya kian dekat adalah deformasi tubuh gunung yang menyita perhatian publik sejak pertengahan Juni 2020 lalu.

Deformasi ini menjadikan tubuh gunung bertambah besar atau menggembung.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Besok, Angkutan Feeder Gratis

Menyusul Batik Solo Trans (BST) yang bebas biaya sejak Juli lalu, kini giliran angkutan pengumpan alias feeder yang gratis per 1 November mendatang. Gratisnya tarif angkutan tersebut berkat penerapan sistem beli layanan atau buy the service. Terdapat enam rute layanan yang dirombak dari 8 rute operasional sebelumnya.

Ke-6 rute tersebut adalah, Koridor 7 RSUD Ngipang-Pasar Klewer PP, Koridor 8 Tipes (Lotte Mart)-Taman Jayawijaya (Mojosongo) PP, Koridor 9 Sub Terminal Semanggi-Mojosongo PP, Koridor 10 Pasar Klewer-Terminal Palur PP, Koridor 11 Pasar Klewer-Terminal Tirtonadi, Koridor 12 Pasar Klewer-Gentan (Sukoharjo).

Masih Merasa Dampak Sakit, Penderita Long Covid Butuh Dukungan

Kabid Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Solo, Taufiq Muhammad mengatakan peluncuran rute baru sekaligus sosialisasi penerapan buy the service bakal dilakukan akhir pekan ini. Selain perombakan rute, pihaknya juga mengubah jam operasional menjadi lebih panjang menyesuaikan BST. “Jam operasional yang sinkron akan membuat layanan transportasi publik di Solo lebih terintegrasi, baik dari segi pembayaran maupun rute dan jam operasionalnya,” kata dia, kepada wartawan, Jumat.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Bagyo Wahyono Akui Menunggak Tagihan PDAM

Calon wali Kota Solo dari jalur perseorangan, Bagyo Wahyono mengakui dirinya menunggak pembayaran restribusi air bersih ke PDAM Solo. Walau tidak tahu persis berapa nilainya, dia menduga besaran tunggakan tak sampai Rp25 juta.

Pernyataan itu Bagyo sampaikan saat dihubungi solopos.com melalui telepon seluler (ponsel), Kamis (29/10/2020) sore. “Itu sebetulnya enggak segitu. [Berapa nominal pasti tunggakan] Saya ndak tahu, besok mau diurus dulu. Saya bayar,” tutur dia.

Namun kemungkinan Bagyo belum bisa melunasi sekaligus tunggakan pemakaian air keluarganya. Dia berencana membayar secara bertahap tunggakan yang ada hingga lunas. “Tetap saya lunasi. Tapi bayar berapa dulu berapa dulu begitu,” urai dia.

Ihwal menunggaknya biaya pemakaian air PDAM menurut Bagyo karena dirinya mengalami kesulitan masalah ekonomi. Order jahitan di tempatnya sepi sehingga pemasukan kurang. Uang yang ada pun diputar untuk memenuhi sejumlah kebutuhan.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom