Solopos Hari Ini: Freeport Kembali ke Pelukan Ibu Pertiwi
Solopos hari ini (E-Paper Solopos)

Solopos.com, SOLO – PT Freeport Indonesia (PTFI) akhirnya kembali ke pelukan Ibu Pertiwi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan sudah lunasnya pembelian saham PTFI di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (21/12). PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) membayar US$3,85 miliar atau sekitar Rp56 triliun untuk mencaplok saham itu.

Dengan menguasai 51,2% saham PTFI, Indonesia melalui BUMN, PT Inalum, menjadi pengendali terhadap perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut. Presiden Joko Widodo menambahkan dengan penguasaan 51,2% saham PTFI, negara bakal mendapat keuntungan lebih besar dari aktivitas pertambangan di tanah Papua tersebut.

Kabar soal kembalinya Freeport ke pelukan Indonesia menjadi headline pada surat kabar harian umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (22/12/2018). Berita tersebut dapat dibaca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Selain itu, ada pula kabar tentang kasus dugaan suap pengaturan skor pertandingan sepak bola musim 2013-2017 di halaman berita utama harian umum Solopos edisi hari ini. Menurut kabar tersebut, Polri tengah menyelidiki kasus dugaan suap sepak bola yang telah bergulir selama 38 tahun terakhir.

Suap Sepak Bola

Setelah 38 tahun berlalu, UU Suap kembali menggema. Menariknya, pemicunya sama yaitu dugaan suapmenyuap dalam pengaturan skor sepak bola di Indonesia. Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian dalam acara Mata Najwa terang-terangan akan menggunakan UU Suap berkaitan dengan dugaan pengaturan skor dalam sepak bola. Tito telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk membongkar jejaring pengaturan skor sepak bola nasional.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sementara di halaman khusus Soloraya ada kabar tentang pelaksanaan car free day (CFD) pada Minggu (30/12/2018) yang dibatasi. Ada pula kabar tentang wacana harga tiket masuk objek wisata Umbul Manten, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, yang naik.

CFD 30 Desember 2018 Dibatasi

Bertepatan dengan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi pada Minggu (30/12) mendatang car free day (CFD) hanya digelar dari Simpang Tiga Purwosari hingga simpang empat Nonongan, tidak sampai ke Gladak. Hal itu dilakukan sebagai upaya pengaturan lalu lintas saat Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Kompleks Masjid Ar Riyadh, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Jl. Kapten Mulyadi dari selatan persimpangan Baturono hingga persimpangan Beteng Trade Center-Loji Wetan juga akan ditutup selama tiga hari mengingat jemaah yang menghadiri acara tersebut biasanya datang dalam jumlah besar dan bahkan ada yang dari luar negeri.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Harga Tiket Umbul Manten Naik

Wacana kenaikan harga tiket masuk objek wisata Umbul Manten, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah membuat masyarakat kaget. Menurut kabar yang beredar, harga tiket masuk yang awalnya hanya Rp6.000 bakal naik menjadi Rp100.000 per orang. Namun, petugas pengelola tiket Umbul Manten, Heri Prasetyo, mengaku belum mengetahui detail rencana kenaikan tarif tersebut.

Sementara Direktur Badan Usaha Milik Desa Sinergi Sidowayah, Imron, mengaku kenaikan tiket tersebut belum sampai pada keputusan final. Namun, dia memastikan harga tiket masuk Umbul Manten pada 2019 bakal naik.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom